546. Paving Block Anti Racun

Penulis : Reizha Karina Irawan
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Paving Block Anti Racun
image002

http://i.huffpost.com/gen/1232150/images/o-SMOGEATING-PAVEMENT-facebook.jpg

Polusi udara saat ini menjadi permasalahan umum bagi berbagai negara di seluruh dunia. Permasalahan pencemaran udara merupakan hal kompleks. Pasalnya, berbagai dampak buruk dihasilkan dari kualitas udara yang tidak baik oleh kandungan gas beracun. Mulai dari gangguan kesehatan, ekosistem, serta keadaan ozon bumi yang mulai rusak. Tahun 2013 lalu, di Belanda ada sejumlah ilmuwan yang berasal dari Eindhoven University of Technology membuat suatu inovasi yang dipercaya mampu mengurangi kadar gas beracun yang ada di udara khususnya Natrium Dioksida (NOx). Paving block ini dibuat dengan cara menyemprotkan titanium oksida pada materi paving.

Tahukah kamu, bahwa pada tahun 2010, emisi nitrogen dioksida yang ada di Belanda jumlahnya 3 kali lipat rata-rata negara Uni Eropa lainnya. Bahkan pada tahun 1992-2010, emisi karbon dioksida naik hingga 15%. Sayangnya saat ini, Belanda berada pada posisi urutan ke 109 dari 178 negara dalam hal kualitas udara. Namun demikian, Belanda terus membuat berbagai inovasi untuk memperbaiki lingkungan di sekitarnya. Pada tahun 2010 Yale’s University Environmental Performance Index menyebutkan bahwa Belanda sempat menjadi peringkat ke 20 dari 27 negara uni eropa tentang lingkungan hidup. Namun, berkat berbagai inovasinya dalam menangani berbagai masalah lingkungan, Belanda mampu berpindah ke posisi 11 dari 27 negara pada tahun 2013.

Menurut Netherland Air Pollutions Act 2014, polusi udara yang terjadi di Belanda paling banyak dihasilkan oleh daerah perkotaan dan jalanan (kendaraan) yaitu masing-masing sebanyak 28,9%. Sehingga penempatan paving block di sepanjang jalan dipercaya akan mengurangi volume gas beracun di udara dengan cara menyerap Gas Natrium Dioksida dan mengubahnya menjadi gas yang tidak berbahaya.

Hal tersebut terbukti setelah uji coba yang dilakukan dengan pemantauan udara selama 1 tahun di sekitar kota Hengelo, Belanda yang dipasang paving block bahwa tingkat Natrium Dioksida (NOx) berhasil berkurang hingga 45%. Penelitian ini kemudian dimuat dan dipublikasikan oleh Journal of Hazardous Materials.

Sumber :

http://epi.yale.edu/epi/country-profile/netherlands

http://www.economist.com/node/21546053

http://www.tempo.co/read/news/2013/07/13/097496080/Paving-Jalan-Ini-Bisa-Serap-Polusi

http://www.ligagame.com/forum/index.php?topic=69747.0;wap2

http://i.huffpost.com/gen/1232150/images/o-SMOGEATING-PAVEMENT-facebook.jpg

Netherland Air Pollutant Fact Sheet (2014).pdf
Environmental Performance Index (EPI) 2013.pdf