554. Catatan Sang Pencari Hikmah : Ekstrak dari Negeri Amphibi

Penulis : Yunia Wulandari
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Dear sahabat,
Ini tentang kisah sang pencari hikmah memahami ekstrak dari sebuah negeri yang disebut Negeri Amphibi. Disebut sebagai negeri amphibi karena negeri ini mampu unggul di darat maupun di air, sedangkan Ekstrak yang diperoleh oleh sang pencari hikmah merupakan sari manfaat dari ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan inspirasi dalam berinovasi. Negeri Amphibi terbukti unggul memiliki banyak ekstrak tersebut karena telah melahirkan inovasi-inovasi di berbagai sektor yang dapat kita pelajari dan kita kembangkan.
Ketertarikan sang pencari hikmah terhadap Negeri Amphibi berawal dari fenomena generasi muda bangsa kita yang cenderung konsumtif daripada produktif. Sejak saat itulah sang pencari hikmah berusaha memahami setiap ekstrak pengetahuan dari negeri amphibi dengan harapan dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri dan disebarkannya. Negeri Amphibi yang dimaksud adalah Belanda yang kondisi sepertiga wilayahnya berada di bawah permukaan air laut. Negeri yang terkenal leading inovation with smart, dengan inovasi tiada henti dan kreativitas tanpa batas. Berikut formula yang telah coba dipahami sang pencari hikmah.

Formula Pertama :
Sang pencari hikmah tertuju pada inovasi negeri amphibi dalam upaya memanfaatkan potensi laut disekitarnya. Laut oleh Belanda tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai lahan pembangkit listrik tenaga angin oleh turbin-turbin modern, sumber energi ombak dan pasang surut, tapi negeri amphibi ini juga berhasil negeri ini mampu memanen energi dari pencampuran antara air laut dan air tawar menjadikannya sebagai sumber energy terbarukan dari alga menjadi biofuel yang dengannya berhasil mensuplai bahan bakar bagi armada pesawat terbang KLM dan jenis teknologi baru yang disebut “blue energy” dengan menggunakan teknologi Reverse-Electrodialysis (RED).

image002
Gambar 1. Turbin
www.hollandtrade.com/media/hollandtrade-publications/heres-holland

Formula kedua :
Pada ekstrak kedua ini sang pencari hikmah tertuju pada inovasi negeri amphibi dalam upaya menjadikan hal yang tidak biasa di air menjadi luar biasa di Air. Berbagai inovasi yang bersifat amphibi lahir di negeri ini diantaranya rumah amphibi dan bus amphibi
Sang pencari hikmah mengetahui fakta yang menyatakan “ Ilmuan Belanda sudah memperkirakan di tahun 2100 air laut akan naik sekitar 110 cm. Oleh sebab itu mereka telah mengantisipasinya dengan menciptakan rumah mengapung atau dikenal dengan nama floating house van nederland . Bangunan yang juga dikenal dengan rumah amphibi ini dibangun dengan fondasi kubus beton yang didalamnya berisi busa plastik dengan jangkar yang terbuat dari kabel baja. Dinding dan lantainya terbuat dari kayu yang tidak mudah melapuk meski terkena air terus menerus. Saluran listrik, air, dan limbah dipasang dengan pipa fleksibel sehingga tak mudah rusak. Arsitekturnya menggunakan gaya archimedes yakni suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya kedalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut sehingga rumah terapung tak akan tenggelam justru mengikuti pertambahan tingginya air da bagian dalam rumah tak akan tergenang air “ (http://teknopreneur.com)

image004
Gambar 2. Rumah Amphibi

http://teknopreneur.com/cleantech/rumah-mengapung-atasi-pemanasan-global

Negeri ini mampu merancang dan menghasilkan bus amphibi dan sukses menarik minat wisatawan berwisata dengan bus amphibi tersebut

image006
Gambar 3. Bus Amphibi di Amsterdam

http://www.holland.com/us/tourism/article/the-floating-dutchman.htm

Formula ketiga :
Keterbatasan lahan merubah negeri Amphibi ini menjadi kuat bertahan dalam kepungan air, dapat menaklukan air dan merubahnya menjadi kekuatan. Negeri dengan luas 41,526 km2 ini mampu menjadikan wilayah pinggir laut yang dahulunya laut sekarang menjadi lahan pertanian yang subur dan sukses menghasilkan produk pertanian yang unggul. Hingga kini sektor pertanian menjadi salah satu sektor utama dan pendorong kemajuan ekonomi Belanda

image008
Gambar 4. Peringkat Belanda di Dunia Dalam Sektor Pertanian

http://www.hollandtrade.com/media/hollandtrade-infographics/agrifood/

How cool The Dutch are !

Sahabat, dari beberapa inovasi belanda tentang merubah yang tidak biasa di air menjadi luar biasa di Air, ada contoh yang dapat kita pelajari dan dapat dipraktekkan langsung dengan mudah dan menguntungkan di halaman rumah kita. Ekstrak inovasi belanda berupa ilmu pengetahuan yang dapat kita contoh di sektor pertanian adalah metode menanam tanaman dengan cara hidroponik yakni media tanam bukan tanah, melainkan air ataupun larutan mineral bernutrisi. Belanda salah satu negara dengan penerapan teknologi hidroponik paling maju. Belanda pun menjadi kiblat pengembangan teknologi hidroponik dunia. Dibanding tanaman dengan media tanah, biaya merawat tanaman hidroponik lebih murah dan mempu memperoleh pertumbuhan 50% lebih cepat. Hasil dari tanaman hidroponikpun lebih sehat karena bebas hama dan bebas unsur berat dari tanah.

image009
Gambar 5. Metode Menanam Tanaman dengan Cara Hidroponik

http://www.wietforum.nl/topic/105492-dutch-buckets/

Ekstrak yang diperoleh dari tiga formula di atas adalah sebagai berikut :

• Bersyukur bahwa segala sesuatu yang diciptakan Tuhan pasti memiliki nilai manfaat. Dari ekstrak di atas, Belanda telah mengajarkan kita berinovasi dalam memanfaatkan elemen air untuk kehidupan sehari-hari.
• Mulailah dari diri sendiri, dari hal yang kecil, dan lakukanlah sekarang juga.
• Belajar berinovasi dari alam, seperti halnya Belanda mengembangkan inovasi seperti membuat turbin-turbin, memanfaatkan energi ombak pasang-surut air laut, mengembangkan budidaya alga sebagai upaya menciptakan sumber energi terbarukan, dan menciptakan inovasi yang mampu menjadi solusi terhadap tantangan alam.
• Cobalah berinovasi dari hal yang mudah yang ada di sekitar kita.
• Berinovasilah yang bukan hanya untuk kepentingan pribadi namun juga dapat bermanfaat untuk orang banyak. Seperti halnya menanam tanaman secara hidroponik selain dapat mendatangkan keuntungan secara materi juga mampu mewujudkan lingkungan yang hijau, sejuk, dan sehat.
• Think Holland, Thing Big. “The Netherlands has much to offer business and talent”. Membicarakan Inovasi dari negeri Belanda Tidak akan ada habisnya, Belanda mampu menjawab tantangan global dengan beragam inovasi di segala sektor. Ingin Berinovasi mudah dan menguntungkan ? Belanda mampu menjawabnya. Kuncinya adalah mengoptimalkan keterbatasan menjadi kekuatan.

“every disadvantage has its advantage”

Demikianlah catatan sang pencari hikmah, melalui ekstrak dari negeri amphibi. Itulah Negeri Belanda yang telah banyak mengajarkan bahwa dengan keterbatasanlah mereka mampu menciptakan inovasi-inovasi sebagai solusi memecahkan setiap tantangan global. semoga dapat memotivasi dan menginspirasi kita untuk terus berinovasi dan berpikir produktif bukan konsumtif.

Dank je well Dutch !

Referensi :

http://hydrofarm.co.id/en/nft-systems/106-dutch-bucket-flat-hydroponic-system.html

http://agroplus-media.blogspot.com/2014/10/hidroponik-mudah-dan-murah-2.html

http://www.hollandtrade.com/sector-information/horticulture/

www.hollandhightech.nl
www.dutchwatersector.com
www.hollandtrade.com/media/hollandtrade-publications/heres-holland

http://teknopreneur.com/cleantech/rumah-mengapung-atasi-pemanasan-global

http://www.holland.com/us/tourism/article/the-floating-dutchman.htm

http://www.hollandtrade.com/media/hollandtrade-infographics/agrifood/

http://www.wietforum.nl/topic/105492-dutch-buckets/