555. Netherlands “The Innovation of Sun in Night”

Penulis : Karunia Romadhani
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Netherlands?
Yap, Netherlands merupakan sebutan bagi negara Belanda yang terkenal dengan kincir angin dan bunga tulip dengan luas wilayah 46 kali lebih kecil dari Indonesia yakni 41.526 km2.
Sebutkan tiga kata bagi Belanda!

Banyak masyarakat di Indonesia masih mengingat Belanda sebagai negara penjajah yang membuat kesengsaraan bagi bangsa Indonesia. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa Belanda juga banyak membawa perubahan bagi Indonesia. Bahkan tidak hanya bagi masyarakat Indonesia melainkan bagi masyarakat seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu tiga kata bagi Belanda yang dapat kita terapkan ialah Dreams, Innovative, dan Struggle.

Belanda terkenal dengan sebutan Netherlands yang berarti dataran rendah dengan 27% wilayah di bawah permukaan laut. Akan tetapi, Belanda berhasil membuktikan bahwa kelemahan yang dimilikinya bisa menjadi sahabat untuk kemajuan negaranya. Masyarakat Belanda terkenal sebagai pioneer yang senang beradu ide dan inovasi. Inovasi yang diciptakan Belanda tidak hanya sebatas pada pengelolaan air dan angin, tetapi juga elemen api. Api merupakan suatu reaksi kimia (oksidasi) cepat yang terbentuk dari tiga unsur utama yakni panas, udara, dan bahan bakar yang dapat menghasilkan panas dari cahaya. Inovasi tersebut mampu menyempurnakan penemuan bohlam lampu dan menciptakan inovasi dari energi cahaya yang hemat energi serta dapat dinikmati ribuan juta masyarakat.

Ide dan inovasi lahir dipengaruhi oleh sebuah mimpi (dreams). Setiap ilmuwan pasti mempunyai mimpi sebelum melakukan penelitian dan percobaan. Hal ini juga dilalui oleh Frederik Jacques Philips yang merupakan salah satu pendiri dari perusahaan Philip. Sewaktu kecil, Philips pernah bermimpi untuk memberikan matahari kepada ibunda sebagai ungkapan rasa kasih sayang, “Ik wil de zon voor je maken, mama”, yang artinya saya ingin memberimu matahari, mama… Waktu itu, ibunda hanya tersenyum kecil kepada sang anak. Dari mimpi itulah Philip berhasil mendirikan sebuah perusahaan lampu yang sekarang produknya berhasil menerangi seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kemudian kata kunci kedua dari Belanda ialah inovasi (innovation). Inovasi di bidang energi dan cahaya tidak dapat diragukan lagi. Kota bersejarah di Belanda yang merupakan tempat berdirinya perusahaan lampu terkenal “Philip” ialah Eindhoven. Eindhoven merupakan kota terbesar kelima di Belanda dengan masyarakat yang suka berinovasi dalam perumusan energi yang ramah lingkungan dan tahan lama. Eindhoven dikenal sebagai kota cahaya dengan sistem pencahayaan baru yang saat ini populer ialah pendeteksi aktivitas kendaraan dan pejalan kaki menggunakan sensor teknologi nirkabel. Sistem kerjanya ialah lampu yang dipasang di sekitar jalan Eindhoven telah dioperasikan oleh komputer dengan masing-masing dapat dikontrol secara individual. Pencahayaan Eindhoven termasuk ramah terhadap lingkungan, dengan demikian kota ini mampu mengurangi biaya energi dan emisi CO2 tanpa mengorbankan keselamatan pengguna jalan. Berikut dapat dilihat sesuai dengan

gambar 1 dan gambar 2.

image002

image001
Gambar 1. The City of Light “Eindhoven”

image003
Gambar 2. Jalan Cahaya di Kota Eindhoven

Tidak hanya di Kota Eindhoven, Belanda juga meluncurkan marka jalan yang dapat menyala saat gelap di jalan tol sepanjang 500 meter di Kota Amsterdam. Sistem kerja dari cat marka tersebut sangat hemat energi dengan kandungan bubuk yang dapat menyala setelah menyerap cahaya siang hari. Setelah itu, cat marka tersebut mengeluarkan sinar berwarna hijau di malam hari serta memberikan penerangan yang diperlukan seperti lampu-lampu jalan. Perusahaan teknik sipil Belanda Heijmans bekerja sama dengan Daan Roosegaarde seorang seniman interaktif dalam mewujudkan gagasan ide tersebut. Hal ini dapat menghemat energi dan biaya dikarenakan pemerintah dapat memadamkan lampu-lampu jalan. Teknologi ini dapat dikatakan sebagai alternatif yang berkelanjutan dimana ramah lingkungan dan tidak membutuhkan puluhan lampu konvensional sebagai penerang jalan.

image004
Gambar 3. Penerang Jalan Tol di Amsterdam

Inovasi dengan memanfaatkan elemen api tidak hanya dapat diterapkan di jalan saja, tetapi juga di gedung perkantoran baru yang terletak di Zuidas, Amsterdam. Gedung ini bernama “The Edge”. The Bream mengeluarkan sertifikat desain dengan predikat outstanding dan nilai yang hampir mendekati sempurna yakni 98,36 persen. Gedung ini mulai didesain sejak tahun 2010 dengan inovasi yang digunakan antara lain unit penyimpanan energi panas aquifer dengan menghasilkan semua energi yang dibutuhkan seperti sebagai pemanas atau pendingin ruangan, sistem pemulihan vantilasi panas, pengumpulan, dan penggunaan kembali air hujan, serta tenaga LED. Teknologi ini juga dapat dideteksi melalui ponsel untuk mengatur iklim dan cahaya ruang kerja masing-masing karyawan. Sehingga, teknologi ini tidak hanya menghemat energi melainkan juga berfungsi sebagai sarana untuk memberikan informasi dan data mengenai bagaimana memonitor gedung supaya lebih efisien dalam penggunaan energi.

image005
Gambar 4. Gedung Perkantoran The Edge

Berdasarkan tiga inovasi tersebut, dapat dikatakan bahwa Belanda merupakan negara yang sangat inovatif dan kreatif. Negara orange ini setiap tahunnya bermunculan ide baru yang sangat bermanfaat. Akan tetapi, ide-ide brilian tersebut tidak bermunculan secara instan melainkan butuh proses yang panjang dan perjuangan keras (struggle). Untuk mendorong generasi muda sebagai pemunculan ide yang kreatif, tidak jarang pemerintah Belanda mengadakan kompetisi dan penyisipan materi pembelajaran inovasi teknologi ramah lingkungan yang diselingi dengan pemantapan jiwa entrepreneur. Hal ini dikarenakan jiwa entrepreneur mendorong kita untuk selalu berusaha dan menciptakan inovasi yang dinamis sesuai dengan permintaan pasar. Dengan demikian, hal yang perlu diingat dan ditiru oleh kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia dari negeri orange ini ialah dreams (mimpi akan melahirkan sebuah ide dan inovasi baru), innovation (inovasi membantu menyelesaikan permasalahan yang ada), dan struggle (seluruh kesuksesan yang dicapai pasti telah melewati perjuangan yang melelahkan).

Referensi:

http://livingcircular.veolia.com/en/innovations/eindhoven-city-light

http://id.wikipedia.org/wiki/Amsterdam_Metro

http://properti.kompas.com/read/2014/12/16/182644821/The.Edge.Bangunan.Pertama.yang.Dikendalikan.Ponsel.Pintar

http://www.kaskus.co.id/thread/5353edd9c807e76f088b46e4/hemat-energi-belanda-ciptakan-jalan-yang-menyala/