556. “Perang” Belanda melawan air sudah usai

Penulis : VITRI JUNIATI
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image001

Belanda?
Tulip, kincir angin, keju, stroopwafel, bitterballen, herring, clogs, sepeda, kanal, bendungan, polder, tanggul…

Banyak hal yang identik dengan Belanda. Namun, jika mengaitkan Belanda dengan salah satu elemen kehidupan, tentu air adalah yang paling tepat.
Nederland. Ditakdirkan Tuhan untuk hidup di wilayah yang lebih rendah dari permukaan air laut, selama berabad-abad bangsa Belanda berupaya untuk hidup di atas tanah kering. Proyek yang paling fenomenal tentu Deltaworks atau Deltawerken yang “terlahir” akibat banjir besar tahun 1953. Deltaworks adalah serangkaian proyek bendungan di barat daya Belanda yang bertujuan melindungi wilayah delta 3 sungai besar ; Rheine, Meuse dan Shceldt. Sederhananya, konsep kerja dari proyek deltaworks adalah “menghadang” air.

image002
Foto : Leni den Engelse (Flickr) / Oosterschelde Dam – salah satu proyek Deltaworks

Inovasi Belanda dengan Deltaworks kala itu mencengangkan dunia. Proyek maha besar yang bahkan dinyatakan sebagai satu dari 7 keajaiban dunia modern oleh American Society of Civil Engineers. Namun, kini Belanda sedang melaksanakan proyek yang sepertinya justru kebalikan dari cara kerja Deltaworks; tidak menghadang air namun memberikan ruang untuk air, tidak membangun tanggul semakin tinggi justru memberikan lahan yang lebih luas untuk dibanjiri air, bukan membangun polder justru “menghancurkan” polder.
Masuk akal?

Dapatkah anda membayangkan apa kata nenek moyang bangsa Belanda jika mengetahui kini tanah yang dulu susah payah mereka keringkan justru kembali dibanjiri air ?
Kebalikan dari apa yang selama berabad-abad telah dilakukan bangsa Belanda.

Adalah Ruimte voor de Rivier atau Room for the river, inovasi bangsa Belanda untuk menghadapi masalah klasik mereka dengan air. Room for the river sendiri sebenarnya bukan proyek hasil pemikiran satu-dua tahun. Room for the river ini merupakan proyek besar bagian dari Program Delta; upaya pemerintah Belanda untuk menghadapi ancaman banjir serta mengamankan ketersediaan air tawar untuk generasi mendatang. Jika Deltaworks melindungi Belanda dari air laut, room for the river memberikan ruang bagi sungai untuk bisa menampung dan mengalirkan air ke laut lebih banyak untuk mengurangi resiko banjir.

Keberanian untuk meninggalkan pola pikir lama: against the water, namun justru working with the nature disinilah letak inovasi itu. Belanda tak lagi mau “berperang” melawan air. Kalau orang sering bilang hidup go with the flow, bangsa Belanda benar-benar menjalaninya. Literally, “going with the flow” mengikuti bagaimana air mengalir, “sesederhana” itulah proyek room for the river ini.

“The Dutch go with the flow of water, but steer it with finesse and respect”

Belanda dilalui sungai-sungai besar; Rheine, Meuse, Scheldt, dan merupakan delta sungai-sungai Eropa. Sungai-sungai di Eropa mengalir ke laut melalui Belanda. Sementara, di Belanda sungai terhimpit oleh tanggul-tanggul yang dibangun untuk melindungi pemukiman penduduk. Dengan perubahan iklim yang terjadi saat ini, curah hujan tinggi, permukaan air akan terus meningkat, Belanda menghadapi ancaman bencana banjir besar sementara tanggul tidak bisa terus ditinggikan. Solusinya adalah menurunkan ketinggian permukaan air sungai. Caranya? Mari kita lihat salah satu contoh proyek dari Room for the river yang sampai saat ini masih terus dikerjakan :

“Menghancurkan” polder = Pelebaran sungai di Overdiepse

Ruang untuk air lebih luas, resiko banjir berkurang.

Polder Overdiepse berada di tenggara provinsi Brabant, sekitar satu jam berkendara dari Amsterdam. Tanggul di sisi utara polder Overdiepse direndahkan ketinggiannya, tanggul baru dibangun jauh ke daratan, sehingga sungai lebih lebar. Overdiepse akan mampu mengakomodasi air yang berlimpah dari kanal Bergsche Mass.

image003
De-polderisasi Overdiepse Polder

Apakah tujuannya hanya “sekedar” memperluas sungai ? Tentu tidak. Room for the river melibatkan tidak hanya pemerintah pusat, namun juga regional, pelaku bisnis, hingga masyarakat.

Room for the river adalah proyek besar dan jangka panjang. Ratusan rumah dan bisnis harus pindah dari wilayah sungai. Lalu, bagaimana pemerintah Belanda mampu membuat mereka mau pergi dari lokasi yang menjadi proyek room for the river ini ?

Di Indonesia, Jakarta misalnya, proyek pembersihan bantaran kali atau pembangunan waduk berujung penggusuran paksa. Namun, penduduk di kawasan Overdiepse ini justru muncul dengan solusi bagi mereka sendiri. Disinilah letak keistimewaan dari proyek Overdiepse ini dari 30 proyek room for the river.

Tahun 2000 pemerintah Belanda meminta penduduk di kawasan polder Overdiepse untuk menjual properti mereka pada pemerintah guna proyek ini. Mereka harus meninggalkan rumah dan memulai bisnis mereka dari awal di tempat lain. Bukan di kawasan sungai. Nol Hooijmaijers, koordinator peternak yang tinggal di kawasan tersebut mengatakan butuh waktu 2 tahun untuk bernegosiasi dengan pemerintah provinsi guna mencapai kesepakatan. Akhirnya muncul ide mengeni terp; bukit buatan yang dibangun di sepanjang tanggul, tempat baru peternak untuk rumah dan bisnisnya tetap berjalan.
“The lesson is that these things are not easy but they work out if there is cooperation and participation”- Nol Hooijmaijer

image004
Rumah baru di kawasan Overdiepse

Room for the river bukan hanya tentang memberikan ruang lebih banyak pada air. Namun, juga mengembalikan sungai pada bentuk alamiahnya. Dampak yang diharapkan tidak hanya membuat daerah aliran sungai lebih aman, namun juga lebih menarik. Penambahan fasilitas-fasilitas rekreasi juga akan berdampak pada peningkatan sektor ekonomi tentunya. Dan hal ini tentu menjadi kompensasi bagi masyarakat Belanda yang merelakan tanah kering mereka kembali dibanjiri air.

image005

Dengan anggaran dana mencapai 2,3 milyar euro, Room for the river mengakhiri perang Belanda berabad-abad melawan air. Kini, Belanda memilih untuk hidup berdampingan dengan air. Sebagaimana anak-anak Belanda yang dilatih berenang sejak usia dini, Room for the river juga tidak sekedar proyek infrastruktur. Jika anda mengakses website room for the river anda akan menemukan bahan ajar yang disediakan dari tingkat sekolah dasar hingga menengah. Publikasi yang baik membangun kesadaran bangsa Belanda akan pentingnya mengembalikan sungai ke bentuk alaminya melalui proyek Room for the river ini.

image006

image007
Sieb the sheep, tokoh dalam video bahan ajar room for the river bagi anak sekolah dasar
Ilustrasi mengenai proyek Room for the river

Pertanyaannya kemudian, seberani bangsa Belanda kah kita? Berpikir inovatif. Benar-benar inovatif hingga berani meninggalkan pola pikir lama untuk menghadapi masalah klasik. Jika ini medan perang, Belanda sudah mengibarkan bendera putih melawan air. Bukan untuk menyerah, tapi berdamai.

REFERENSI :

http://www.deltawerken.com/The-Delta-Works/1524.html

http://www.deltaproof.nl/Publicaties/deltafactIframe/Room_for_the_river.aspx?rId=48

http://www.government.nl/issues/delta-programme

http://nextcity.org/daily/entry/best-country-water-management-the-netherlands

http://www.nytimes.com/2013/02/17/arts/design/flood-control-in-the-netherlands-now-allows-sea-water-in.html?smid=tw-share&_r=2

http://www.reuters.com/article/2009/09/04/us-oceans-rising-netherlands-idUSTRE58300N20090904

http://www.ruimtevoorderivier.nl/english/room-for-the-river-programme/

http://www.ruimtevoorderivier.nl/projecten/noord-brabant/rivierverruiming-overdiepse-polder/

http://waterandthedutch.com/delta/

http://worldlandscapearchitect.com/mound-plan-overdiepse-polder-the-netherlands-bosch-slabbers-landscape-urban-design/

FOTO :

http://i.dailymail.co.uk/i/pix/tm/dest_guide/Holland/Holland02_428x269_to_468x312.jpg

http://image.slidesharecdn.com/rotterdam-dutchgovernment-watermanagement-091105121639-phpapp02/95/dutch-government-water-management-31-728.jpg?cb=1257445117

https://www.flickr.com/photos/32906030@N05/9321379658

http://www.3develop.nl/en_water.html