557. NEGERI ATAS ANGIN

Penulis : Lutfi Aulia S.N
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Belanda, negara yang kecil dengan inovasi yang luar biasa. Belanda dengan official name “Kingdom of the Netherlands” serta sistem pemerintahan Constitutional Monarchy ini terletak di Eropa barat. Belanda mempunyai pribahasa “God made the Earth, but the Dutch made Holland.”Belanda memiliki luas kurang lebih sama dengan provinsi jawa barat – Indonesia, dengan populasi penduduk Belanda sebanyak 16,877,351. Minimnya lahan yang ada membuat pemerintah Belanda memanfaatkan nya dengan cara yang sangat luar biasa. Mereka tidak berhenti melakukan berbagai inovasi.

Kincir angin juga menjadi salah satu icon Negara ini. sebuah kincir angin yang hanya memiliki satu buah baling-baling besar, berputar karena hembusan angin yang kuat sehingga kekuatan angin di Belanda bisa menggerakkan kincir angin, dari perputaran kincir angin ini turbin bisa berfungsi dan terciptalah energi listrik. Inilah konsep yang diusung Belanda untuk menghasilkan listrik. Perputaran baling baling dalam kincir yang di hembus angin, dimodifikasi lagi menjadi lebih efisien menjadi tanpa suara, serta gangguan bagi para burung yang melintas di sekitarnya.

Pemanfaatan udara menjadi energy listrik ini sudah menjadi produk lama yang masih terus di kembangkan sampai sekarang, inovasi terbaru yang di usung Belanda adalah pembuatan Dutch Wind Wheel setinggi 174 meter yang akan dibangun di kota Rotterdam. Dutch Wind Wheel ini semacam ferris wheel yang biasa nya kita temukan di tempat rekreasi, semisal di Indonesia, di Dunia Fantasi (Dufan) dengan nama bianglala. Sehingga orang yang naik ferris wheel bisa melihat keindahan kota dari udara. Dutch Wind Wheel di Belanda ini terdiri dari dua bangunan yang berbentuk lingkaran di tengah perairan Rotterdam. fondasi bangunan ditanam di bawah air menjadikan ini bangunan berbentuk lingkaran dengan lapisan kaca dan baja seakan-akan bangunan mengambang di atas permukaan air. Dutch Wind Wheel ini juga dapat berputar di atas rel roller coaster, sehingga pengunjung bias berada di titik teratas dan kota Rotterdam bias terlihat dari ketinggian. The Dutch Wind Wheel ini juga dilengkapi dengan 72 apartemen dan 160 kamar hotel lengkap dengan restoran dan rekreasi lainnya. Durtch Wind Wheel juga dilengkapi dengan pengolahan sisa pembuangan yang nantinya juga dapat menghasilkan energi biogas, diperkirakan proyek ini akan rampung sekitar tahun 2025. (Sumber: http://hwc2015.nvo.or.id/author/hwc/)

belanda yang mendapat sebutan Negeri Avatar mampu menguasai empat elemen kehidupan yang salah satunya yaitu udara. Dari kincir angin sederhana diubah menjadi kincir angin luar biasa bermanfaat bagi kehidupan penduduk Belanda. Terinspirasi dari pembangunan Dutch Wind Wheel akan sangat menarik jika tercipta “Negeri Atas Angin”. Angin sudah menjadi teman bagi Balanda yang dimanfaatkan diberbagai aspek kehidupan. Jika Dutch Wind Wheel mampu dibangun, pastinya konsep Negeri Atas Angin bisa terbentuk.

Negeri Atas Angin disini bukan berarti wilayah yang letaknya di atas angin, melainkan kehidupannya berada di daratan namun memanfaatkan angin dengan sebenar-benarnya. Negeri Atap Angin yaitu seperti halnya Dutch Wind Wheel namun konsep Negeri Atas Angin yaitu sebuah gedung yang mampu menciptakan kesan orang yang berada di atasnya seperti berada di atas angin. Denang ketinggian tertentu akan memberikan efek serasa berada di atas awan. Jika Dutch Wind Wheel terbentuk, maka dapat dipastikan proyek Negeri Atas Awan akan berhasil. Proyek ini selain menekankan pada keindahan, namun juga bersifat irit lahan, hemat energy dan terhindar dari pencemaran. Penghematan lahan yaitu adanya bangunan yang didirikan diatas daratan maka penggunaan lahan lebih sedikit dilakukan. Negeri Atas angin sebagai wujud Respect Erth for Future.