560. Kringloopwinkel Perusahaan Jasa Daur Ulang di Belanda Referensi Penuh Manfaat untuk Mengatasi Sampah di Indonesia

Penulis : Dikna Dewima
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Apa itu kringloopwinkel? Mengapa kringloopwinkel? Di Belanda, barang-barang bekas masyarakat mulai dari perabotan rumah tangga seperti sofa, lemari, buku,,mainan anak, peralatan elektronik hingga pakaian dapat diubah kembali menjadi barang yang bernilai dan layak pakai. Kringloopwinkel merupakan sebutan untuk perusahaan yang mengelola, menjual dan membeli barang-barang bekas dari masyarakat. Setiap kota di Belanda saat ini banyak berdiri perusahaan kringloopwinkel. Umumnya perusahaan tersebut dikelola oleh swasta secara terorganisir dan professional. Biasanya kringloopwinkel bertempat di sebuah toko atau gedung. Bagaimana sistem dari kringloopwinkel berjalan? Masyarakat yang ingin menjual barangnya dapat menghubungi langsung petugas atau mendatangi langsung kringloopwinkel terdekat. Berbeda dengan datang langsung ke toko, setelah dihubungi petugas akan datang langsung ke rumah untuk mengecek apakah barang tersebut masih layak pakai dan menentukan harga. Setelah itu mereka akan membawanya untuk diolah dan dijual kembali dalam waktu tertentu biasanya dalam jangka waktu dua hari. Hasil dari penjualan atau keuntungan dari barang tersebut kemudian dibagi sesuai dengan sistem yang berlaku. Ada pula perusahaan kringloopwinkel yang mengalokasikan dana hasil penjualan barang mereka untuk suatu tujuan sosial maupun kemanusiaan. Lalu bagaimana manfaat yang didapat dari usaha tersebut jika diterapkan di Indonesia?

Manfaat utama dari usaha ini sangat berpengaruh bagi lingkungan. Sampah di Indonesia masih menjadi masalah utama seperti tidak ada habisnya mengingat jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar yaitu sekitar lebih dari 252 jutajiwa. Sampah tersebut dihasilkan dari berbagai macam sektor mulai dari rumah tangga hingga sektor industri. Dalam sehari dapat dibayangkan berapa ton sampah yang dihasilkan masyarakat Indonesia. Masyarakat pun kurang menyadari bahwa sebenarnya sampah pakaian dan perabotan rumah tangga merupakan salah satu yang terbanyak dihasilkan di TPA ( Tempat Pembuangan Akhir). Sampah pakaian yang tertimbun oleh sampah lainnya menimbulkan lembab sehingga berjamur dan kemudian mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap. Limbah pakaian pun termasuk jenis yang sulit terurai oleh tanah untuk bahan tertentu. Jika tanah semakin kehilangan daerah resapan air, maka tidak heran jika banjir di Indonesia belum dapat teratasi. Lindi (air sampah) juga sangat buruk bagi tanah karena lindi mengakibatkan pencemaran tanah. Oleh karena itu jika Indonesia menerapkan sistem usaha seperti kringloopwinkel akan sangat bermanfaat untuk mengurangi sampah penyumbat tanah sebagai resapan air sehingga dapat mengurangi pencemaran tanah.

Manfaat lain dari usaha tersebut yaitu dari sisi ekonomi. Harga yang ditawarkan oleh toko-toko kringloopwinkel lebih murah tentunya dibandingkan dengan harga barang baru. Maka berbelanja di kringloopwinkel masih menjadi favorit terutama bagi kalangan mahasiswa di Belanda. Untuk kualitas, barang-barang dari kringloopwinkel tidak kalah baiknya. Terutama barang dari perabotan rumah tangga seperti lemari, meja, kursi, sofa, buku, kaca, piring maupun gelas kondisinya bisa dibilang masih sangat baik karena telah melalui proses pengecekan ,seleksi dan pengolahan untuk hasil yang lebih baik. Agar lebih menghemat waktu para pelanggan saat ini dapat menghubungi toko-toko terdekat secara online. Para karyawan dengan cepat akan membantu masyarakat sesuai dengan jadwal yang tertera di website mereka. Lebih jauh lagi masyarakat dapat meningkatkan nilai guna suatu barang dengan mendaur ulang. Dari situasi tersebut sangat memungkinkan sistem tersebut dijadikan contoh yang baik untuk Indonesia.

Dari segi keindahan, Selain unik, karena biasanya hanya ada satu atau dua buah barang yang sama, jika beruntung pembeli dapat menemukan barang-barang kuno yang sangat indah dikombinasikan dengan barang-barang modern. Barang- barang yang dijual diolah kembali menjadi indah, dan seperti baru kembali melalui proses pengecatan, pencucian, hingga proses perbaikan untuk barang yang harus diperbaiki. Sangat direkomendasikan jika sedang mencari atau ingin mengkoleksi barang-barang vintage atau kuno. Di samping itu furnitur modern pun banyak ditemukan ditempat tersebut. Selain furnitur, aksesoris juga termasuk barang yang dijual di kringloopwinkel seperti jam, gelang, kalung, hingga sepatu.

Berbagai manfaat yang ditawarkan dari usaha ini tentunya menjadi referensi dan contoh yang baik untuk diterapkan di Indonesia. Meskipun saat ini sebenarnya telah banyak pengusaha-pengusaha di Indonesia yang mulai melirik usaha penggunaan barang bekas untuk diolah kembali menjadi sesuatu yang lebih bernilai, namun kringloopwinkel mempunyai sistem yang berbeda. Dari segi sistem usaha, pengolahan barang, pemasaran, maupun bahan baku yang digunakan yaitu barang bekas dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia saat ini. Hal yang paling mendasar dari usaha ini yaitu sangat ramah lingkungan sehingga tidak perlu khawatir untuk membangun usaha yang dapat sekaligus membantu melestarikan lingkungan untuk masa depan. Apabila usaha yang bergerak dalam bidang jasa ini dikelola dan terorganisir dengan baik maka akan sangat menguntungkan pihak-pihak yang terlibat baik pemilik, karyawan, penjual, maupun pembeli.

Berikut beberapa foto kringloopwinkel di Belanda.
image002

image004

image006

image008

image010

image012

Sumber :
 http://www.kringloopwinkelgoedengebruikt.nl/index.php?option=com_igallery&view=category&igid=3&Itemid=114#!IMG_7477
 http://www.kringloopwinkel-ruinen.nl/nl/welkom
 http://www.proud2bme.nl/Proud2Live/Naar_de_kringloopwinkel
 http://www.vandaagopstap.nl/images/items/Mega-store-kringloopwinkel-Rataplan_27071.jpg
 www.detelefoongids.nl
 http://kijkopdewijk.com/wp-content/uploads/2013/11/Kringloopwinkel-Beverwijk.jpg
 http://www.kringloopwinkelgoedengebruikt.nl/index.php?option=com_igallery&view=category&igid=3&Itemid=114#!IMG_7477
 http://www.enviro.bppt.go.id/sipop/Pedoman/OpenBurning/OpenBurning.htm
 http://www.allekringloopwinkels.nl