562. Belanda,rajanya penakluk air

Penulis : Putri Dwi Astuti
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Belanda termasuk negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan, letaknya yang berada di dataran rendah membuat belanda dapat dengan cepat tenggelam kapan saja. Selain itu belanda juga ‘diapit’ oleh sungai-sungai besar Eropa, seperti Rijn, Maas, Ijssel, dan Schelt. Berbagai macam upaya dilakukan negara tersebut agar tidak tenggelam. Dimulai dari membuat pulau-pulau yang sebagian besar daratannya di bawah permukaan laut. Mereka juga membuat kincir angin yang dibuat sejak tahun 1600 untuk memompa air yang berguna untuk mengairi sawah , menggiling biji-bijian serta membantu di bidang pertanian dan industri. Tetapi lambat laun kincir angin dibuat menjadi tenaga untuk mengasilkan listrik yang bermanfaat untuk warga sekitar.

image002
Pitstone-windmill.600px.jpg

Negara yang berbatasan langsung dengan belgia dan jerman ini pun memikirkan inovasi baru lagi agar air tidak menengelamkan mereka. Sekitar 2000 tahun yang lalu,mereka memulai dari daratan dibawah permukaan laut dengan membangun terpen,yaitu bendungan pertama yang dibangun untuk menghadang air laut utara. Namun pada tahun 1287, terjadi kebocoran Terpen yang menyebabkan banjir besar. Maka,dilakukanlah pembangunan pantai baru yang disebut Zuiderzee yang dilanjutkan dengan pembangunan bendungan.

Pada tahun 1927 hingga 1933 dilakukan pembangunan tanggul diatas permukaan laut yang dinamakan Afsluitdijk dengan panjang 30.5 km (19 mil), lebar sekitar 90 meter dan tinggi mencapai 7,25 meter. Bendungan ini yang mengubah Zuiderzee menjadi Ijsselmeer, sebuah danau air tawar. Setelah membuat ijsselmer di buatlah bandungan lain. Daratan baru yang menghasilkan sebuah provinsi baru bernama Flevoland yang dulunya adalah lautan. Teknik yang digunakan untuk menguras dan mengeringkan laut dalam bendungan Aufsluitdijk adalah dengan melakukan pembangunan bendungan pada dua titik yang harus dipertemukan di tengah laut.

image004
www.lorentz.leidenuniv.nl

Setelah itu belanda membuat kontruksi modern yang jauh lebih besar dari kesuksesan bendungan Aufsluitdijk yang dinamakan Deltawerken,yaitu dengan membangun bendungan berseri secara berturut-turut. Berfungsi untuk membentengi daratan dari ancaman Laut Utara. Deltawerken ini terdiri dari sepuluh bendungan besar dan tiga penahan gelombang yang dibangun secara bertahap selama 39 tahun. Selain untuk membentengi daratan dari ancaman laut utara,proyek Deltawerken ini juga dipicu oleh bencana yang menewaskan 1800 penduduk ditahun 1953. Bendungan pertama selesai dibangun pada tahun 1958 disungai The Hollandse Ijssel,sebelah timur Rotterdam. Lalu bendungan terakhir selesai dibangun tahun 1997 yang dinamakan The Maeslantkering
Deltawerken merupakan sebuah pencapaian tertinggi dalam konstruksi besar di lautan karena dibangun dengan menghadapi arus laut, gelombang dan karakter tanah yang bervariasi. Selain itu, Deltawerken juga dapat mengatur air dan sistem buka tutup komputerisasi otomatis sehingga dapat mengurangi banjir hingga 400 tahun.

image006

http://www.istratov.be/blog/zeeland-delta-works

Negara yang terkenal dengan kejunya ini juga membuat banyak sekali kanal. Salah satu kanal yang terkenal adalah kanal Herengracht, Keizegracht dan Prisengracht yang membentuk setengah lingkaran. Kanal tersebut dibangun pada abad ke-17 dengan membentuk sabuk konsentris disekitar kota yang dikenal sebagai Grachtengordel.

kanal tersebut membuat elemen fungsional dan keindahan yang digabungkan dalam pola induknya dengan membentuk geometris yang ketat,yaitu pembangunan kota menggunakan garis-garis lurus yang konsisten. Tujuannya agar menciptakan pembagian geografis untuk berbagai kebutuhan diperkotaan.
Pada periode 1656-1662 kanal Herengracht, Keizegracht dan Prisengracht diperpanjang hingga melewati sungai Amstel, yang membuat kota tersebut menjadi cantik dan indah seperti saat ini.
Lengkungan Emas di kanal Herengracht sampai saat ini masih dianggap sebagai simbol kemakmuran pada masa keemasan.

image008

http://3.bp.blogspot.com/-1UQqIqOyoJg/Ua2L3JVuA-I/AAAAAAAAAag/17zrJwRYFJM/s1600/Kanal-Amsterdam-Belanda.jpg

Dengan bencana air yang terjadi terjadi di belanda,maka masyarakat Belanda membuat apa yang kini disebut dengan public-private partnership. Dimulai sejak abad ke 11, kerjasama semacam itu mulai terbentuk. Dewan lokal yang yang disebut water board di setiap desa melakukan pengawasan terhadap pengelolaan air di wilayah mereka melalui suatu forum yang mengumpulkan masyarakat disekitar wilayah untuk membahas pengelolaan air secara demokratis. Water Board bukan merupakan eksperimen pertama dalam demokrasi karena Athena telah memulai jauh sebelumnya, tetapi yang membedakan dengan demokrasi ala Athena adalah adanya jaminan kebebasan berpendapat dimana penduduk disana mempunyai posisi yang setara dan tidak ada perbudakan seperti terjadi di Athena. Itu karena topografis Belanda terletak dibawah permukaan air laut, dan ‘dikepung’ oleh sungai-sungai besar Eropa, seperti Rijn, Maas, Ijssel, dan Schelt.

Refrensi:

http://market-insight.blogspot.com/2010/04/dibalik-bendungan-belanda.html

http://www.entoen.nu/grachtengordel/id

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda

https://nusanthara.wordpress.com/2013/04/27/merubah-ancaman-menjadi-kehidupan/

http://t0urdunia.blogspot.com/2013/06/daftar-10-tempat-wisata-di-belanda-yang.html