563. Ekspresi Emosi dan Opini Seniman Belanda

Penulis : Dewi Puspasari
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Masih ingat dengan karya klasik Max Havelaar yang mengisahkan masa-masa berlakunya sistem tanam paksa? Ya, penulisnya adalah Multatuli yang menggunakan karya sastra untuk menunjukkan ekspresi ketidaksetujuannya terhadap sistem tanam paksa tersebut. Hasilnya, kaum humanis di Belanda tersentak. Dan Multatuli alias Eduard Douwas Dekker berhasil memicu diterapkannya politik etis. Sama seperti Multatuli, ada beberapa seniman Belanda yang karya-karyanya mendunia dan di antaranya memberikan pengaruh besar pada perkembangan seni dan budaya masyarakat. Karya seni ini juga terus berinovasi secara dinamis.

Salah satu wujud elemen air adalah emosi dan ekspresi yang dituangkan lewat karya seni. Di Belanda sejak masa renaissance, seni berkembang begitu pesat sehingga mulai abad ke-16, karya seniman Belanda mewarnai sejarah seni dunia. Meskipun seniman yang lahir sebelum abad ke-20 rata-rata bukan kalangan yang kaya raya dan harus bergelut dengan kebutuhan rumah tangganya, mereka mampu mendedikasikan hidupnya menuangkan emosi dan ekspresi dalam wujud seni rupa maupun karya tulis. Karya dari seniman Belanda yang mendunia ini di antaranya berasal dari seni lukis dan literatur, baik prosa maupun dalam wujud puisi. Masa-masa keemasan dunia seni pada abad ke16-17 ini juga disebut sebagai Dutch Golden Age.

Pelukis asal Belanda yang namanya tercantum dalam sejarah seni rupa dunia di antaranya adalah Jan Vermeer, Rembrandt van Rijn dan Vincent Van Gogh. Tiga nama ini adalah pelukis yang memberikan pengaruh besar di dunia seni rupa, bahkan juga mempengaruhi seni lainnya.

Jan Vermeer hidup pada abad ke-17. Ia terkenal dengan lukisan naturalisnya yang nampak hidup. Karya lukisnya yang terkenal di antaranya The Girl with a Pearl Earring dan The Milkmaid.

Rembrandt Harmenszoon van Rijn (1606-1669) salah satu pelukis yang sangat berpengaruh di dunia. Ia mampu menuangkan emosi obyek yang dilukisnya dengan cermat seolah-olah ia memiliki empati yang besar pada obyek yang dilukisnya. Meskipun jalan hidupnya tidak mudah setelah kematian istrinya, lukisannya memberikan pengaruh besar pada masa barok. Hasil karyanya mendapat pengakuan dunia. Karya-karyanya yang terkenal adalah The Jewish Bride, Self Portrait at the Age of 63, Portrait of Jan Six, Young Woman Sleeping, dan The Night Watch. Beberapa karyanya hingga sekarang tersimpan di Rijksmuseum di Amsterdam.

Dua abad setelah masa Rembrandt, Belanda kembali melahirkan sosok pelukis luar biasa yang bernama Vincent Van Gogh. Lukisan-lukisan dengan warna cerah yang hidup yang dikenal dengan aliran post-impressionist merupakan ciri khasnya. Obyek lukisan Van Gogh umumnya adalah panorama alam dan potret diri. Lukisan Van Gogh yang hidup pada tahun 1853-1890 ini banyak diminati kolektor seni dan termasuk dalam deretan lukisan yang mahal. Ia termasuk pelukis yang sangat produktif. Selama hidupnya, ia telah menghasilkan lebih dari seribu lukisan yang terdiri lukisan cat air dan cat minyak. Karya yang terkenal seperti Still Life: Vase with Twelve Sunflowers dan Starry Night Over The Rhone.

Karya seninya mempengaruhi perkembangan seni lukis modern seperti aliran ekspresionisme dan mempengaruhi pelukis Amerika terkenal, Jackson Pollock . Hingga saat ini sudah lebih dari satu juta pengunjung yang mengagumi karyanya di Museum Van Gogh yang berada di Amsterdam.

Selain karya berupa lukisan, bidang literatur juga memiliki tokoh yang mendunia seperti Multatuli, Anne Frank, Pieter Corneliszoon Hooft, dan Erasmus. Jika menonton The Fault in Our Stars, dikisahkan karakter utama, Hazel Grace dan Augustus mengunjungi Museum Anne Frank. Karya terkenal Anne Frank mengisahkan penderitaan dan situasi dirinya ketika dalam camp Nazi karena darah Yahudi mengalir dalam dirinya. Ia tidak hanya menulis tentang penderitaan dalam diarinya, namun juga menghadapinya dengan humor dan tetap berpikir positif hingga akhir hayatnya. Sedangkan Desiderius Erasmus hidup pada 1466-1536. Selain dikenal sebagai penulis, ia juga salah satu tokoh filsuf yang memberikan pengaruh di bidang filsafat dunia. Tak heran jika namanya kemudian diabadikan seperti pusat kebudayaan Belanda, Erasmus Huis. Sementara Pieter Corneliszoon Hooft (1581–1647) lebih dikenal dengan karya puisinya dan sumbang sihnya terhadap penulisan sejarah Belanda (the Nederduytsche Historiën).

Masih banyak karya seni dari para seniman Belanda dan hingga saat ini Belanda terus berinovasi dan mendorong lahirnya seniman muda. Saat ini muncul aliran modern atau kontemporer, terutama yang jelas terlihat pada seni gerak dan seni rupa. Koleksi seni rupa kontemporer ini terangkum dalam Museum Stedelijk di Amsterdam dan berbagai galeri seni modern lainnya yang bertaraf internasional seperti Radar Architecture and Art, Aschenbach & Hofland, dan KochxBos. Karya seni rupa ini tidak terbatas pada seni dua dimensi namun juga seni tiga dimensi, seperti aneka karya seni dari bahan plastik atau dari berbagai material yang tidak umum.

Inovasi pada bidang seni ini lebih memudahkan seniman untuk mengungkapkan emosi dan kritik mereka dengan lebih ekspresif. Terkadang mereka juga menggabungkan antara seni rupa dan seni gerak seperti tari atau teatrikal untuk memberikan kesan dramatis, atau mencoba menghapus batasan antara penikmat seni dan obyek seni dengan memberikan wadah sehingga pengunjung bisa berinteraksi dan menjadi bagian dari karya seni itu sendiri.

Perkembangan dan inovasi di dunia seni di Belanda ini bisa ditiru oleh pemerintah Indonesia untuk lebih mendukung dan mendorong lahirnya para seniman Indonesia yang dikenal mancanegara setelah Affandi, Raden Saleh, Basuki Abdulah, Pramoedya Ananta Toer, dan sebagainya. Kemajuan dunia seni ini selain memberikan pengaruh pada budaya masyarakat, juga akan mendongkrak pendapatan dan kemajuan ekonomi kreatif nasional.

Referensi:

http://www.entoen.nu/vincentvangogh/id

http://www.vangoghgallery.com/

http://www.biographyonline.net/people/famous/dutch.html

http://www.nationalgallery.org.uk/artists/rembrandt

http://hyperallergic.com/201194/a-generosity-of-rembrandts-the-late-works-at-the-rijksmuseum/

http://www.stedelijk.nl/en

http://www.theguardian.com/travel/2011/jun/22/top-10-independent-galleries-amsterdam

Gambar diambil dari:

http://www.vangoghgallery.com/

http://www.nationalgallery.org.uk/artists/rembrandt

http://www.stedelijk.nl/en

http://www.theguardian.com/travel/2011/jun/22/top-10-independent-galleries-amsterdam