576. Budaya bersepeda di Belanda : Dari Krisis Energi, Hemat Energi Sampai Energi Alternatif

Penulis : Riyami
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

image002

Siapa yang tidak mengenal sepeda, kendaraan roda dua ini sangat berguna untuk mobilisasi, selain ramah lingkungan, sepeda juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Di tengah arus globalisasi yaitu semakin majunya teknologi, Negeri Van Oranje tetap bertahan dengan budaya sepedanya. Ketika berkunjung ke Belanda, selain kincir angin, bunga tulip, banyaknya sepeda yang menjadi alat transportasi utama membuat kita sangat terkesan.

Kesan tersebut tentu membuat kita penasaran,apa yang menjadi penyebab masyarakat Belanda bisa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama. Selain karena infrastruktur yang mendukung, tetapi juga dari kemauan dan pengalaman di Belanda.

“It is not what we have because of our genes. We built it – and other cities can, too” Gerrit Faber of the Fietsersbond

Budaya ini berawal dari krisis energi yang terjadi pada tahun 1970an, krisis energi ini terjadi saat pertumbuhan ekonomi meningkat dan meningkatnya juga permintaan terhadap kendaraan bermotor dimana ketika terjadi gejolak politik di Timur Tengah “the first oil shock”. Perekonomian Belanda ikut terguncang, untuk mengatasinya pemerintah Belanda mengeluarkan kebijakan Car Free Sunday (hari tanpa kendaraan bermotor) pada tanggal 4 November 1973. Car Free Sunday dirasa harus didukung oleh kebijakan yang lebih berkelanjutan bagi masyarakat Belanda. Apalagi di tahun tersebut di tengah tingginya permintaan terhadap kendaraan bermotor, kecelakaan akibat kendaraan bermotor juga semakin tinggi, mecapai 3000an orang, dan 500 di antaranya adalah anak-anak. Tentu saja, pemerintah dan masyarakat Belanda tidak mengizinkan hal tersebut terjadi terus-menerus, hal ini menjadi titik balik bagi negara ini untuk terlepas dari penggunaan kendaraan bermotor, dan mulai menggunakan sepeda dari car free sunday. Kebijakan pemerintah Belanda didukung oleh antusiasme masyarakat Belanda dalam menggunakan sepeda. Sehingga pemerintah Belanda melakukan investasi untuk infrastruktur sepeda dimulai dari pembangunan jalur khusus sepeda dari bicycle memorandum sampai bicycle master plan.

Menggunakan sepeda lambat laun menjadi budaya bagi masyarakat Belanda. Pemerintah menyadari bagaimana masyarakat Belanda jatuh hati terhadap budaya bersepeda ini. Sebagaimana budaya ini adalah sesuatu yang positif, pemerintah Belanda mempertahankan budaya tersebut, tentu saja dengan membuat nyaman para pengguna sepeda. Salah satu inovasi yang paling unik baru-baru ini adalah Solaroad!

image002

Solaroad sendiri merupakan jalur bersepeda dengan mengandalkan tenaga surya. Jadi saat siang hari jalur sepeda ini menyerap tenaga matahari, dan di malam hari atau saat sedang mendung, tenaga matahari yang terserap tersebut memberikan cahaya di sekitar jalur sepeda tersebut. Tenaga surya tersebut dimanfaatkan kembali untuk memberikan penerangan malam hari. Hal ini diterapkan di Krommwnie, salah satu jalur sepeda terpadat di Belanda, mencapai 2000an pengguna sepeda setiap harinya.

image007

Tidak hanya untuk jalur sepeda, kebutuhan listrik rumah tangga juga di supply dari jalur sepeda di pinggiran kota Amsterdam ini, sehingga bisa memenuhi kebutuhan energi dengan cara yang hemat energi. Selain itu jalur tenaga surya, juga dipergunakan untuk mempercantik kota, di kota kelahiran Van Gogh, Brabant yang terkenal dengan lukisannya “Starry Night”, Belanda mewujudkan lukisan tersebut dalam bentuk yang nyata, seperti bersepeda di atas bintang-bintang. Sehingga dapat ditarik satu kesimpulan bahwa energi alternatif bagi masyarakat Belanda dihasilkan oleh kendaraan hemat energi yang berawal dari krisis energi yang terjadi, hambatan menjadi kesempatan untuk menjadi lebih baik bagi negara dengan 99,1% pengguna sepeda tersebut. Angkat topi untuk pemerintah dan masyarakat Belanda!

Referensi :

http://www.theguardian.com/environment/2014/nov/05/worlds-first-solar-cycle-lane-opening-in-the-netherlands.

Ahlulbaitindonesia.org/berita/6243/cara-belanda-melepaskan-diri-dari-belenggu-bbm.

http://phys.org/news/2014-11-solaroad-world-solar-path-netherlands.html