578. Sang Pijakan Eropa

Penulis : Dimas Kurnia Hidayat
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Julukan Sang Pijakan Eropa layak ditempatkan pada salah satu negara di Eropa . Apa maksudnya Sang Pijakan ? Ini memiliki analogi elemen vital kehidupan yang berfungsi sebagai pijakan yaitu tanah .

Pertama kali mendengar kata elemen vital , kita mengacu pada Tanah , Udara , Air dan Udara , dimana penggunaan salah satu dari keempat elemen , tanah , ini mengilhami adanya sebuah film fiksi superhero yang ditayangkan pertama pada tahun 1961 serta menyedot banyak penonton karena jalan cerita serta memiliki sekuel sekuel dan teknologi yang disuguhkan memuaskan penonton . Jika dicermati , empat elemen ini mempunyai fungsi tertentu yang membantu kehidupan . Tanpa empat elemen ini , sepertinya mustahil kehidupan akan berjalan semestinya .

Film yang dimaksud adalah Fantastic Four , dimana ada salah satu pemeran yang bernama Mr. Rock . Mr Rock sendiri bisa dianalogi pada sebuah negara yang berada di negara eropa yang menanfaatkan elemen tersebut maka bisa disebut ” Mr. Rock from Europe ” yaitu Negara Belanda atau The Netherlands . Belanda terletak di sebelah barat laut Eropa . Belanda memiliki luas sekitar 41,543 km2 . Belanda sendiri memiliki istilah asing yaitu Netherlands , yang berarti negara rendah . Arti ini nyatanya benar karena seperempat dari luas negara belanda berada di bawah permukaan laut
Julukan Mr. Rock from Europe pun sangat pantas disandang oleh Belanda karena penggunaan elemen tanah tersebut . Elemen tersebut nampaknya elemen tanah menjadi dominan . Alasan tanah menjadi dominan karena jelas dari arti nama Netherlands adalah negara rendah , dimana tanah dari belanda lebih rendah dari permukaan air laut . Sehingga orang belanda sendiri sudah harus memikirkan kedepannya , bagaimana menghadapi situasi ini untuk anak cucu mereka kelak . Tanpa disadari , jika mereka diam saja maka negara Belanda yang sekarang kita lihat tidak akan seperti ini .

Akhirnya , mereka pun mulai berfikir secara keras dan mengedepankan sumber daya alam yang dapat mereka gunakan . Mereka pun memanfaatkan elemen tanah tersebut untuk membangun Belanda . Sehingga mereka berinovasi untuk menggunakan tanah agar bisa mencapai seminimal mungkin menyamai permukaan air laut . Ada pepatah lama menyebutkan ” Tuhan menciptakan dunia, tapi orang Belanda membuat Belanda ” . Pepatah ini nampaknya sudah menjadi kenyataan karena faktanya kota kota di Belanda , diantaranya Amsterdam , terletak di atas air laut , sehingga Negara Belanda bisa disebut ” Sang Pijakan Eropa ” .

image001
sumber gambar : http://www.slideshare.net/groenesteden/water-management-in-the-netherlands-30508193 slide ke 16

Pasangan dari tanah adalah air , dimana kita bisa dikatakan pasangan karena letak tanah dan air adalah berdekatan sebagaimana layaknya sepasang kekasih yang selalu berdekatan . Elemen dominan tanah yang digunakan Belanda membuat mereka pun berinovasi ke elemen air . Namun tetap saja inovasi belanda yang menjadi penting adalah reklamasi dari tanah tersebut . Air banyak dimanfaatkan oleh belanda sehingga dijuluki oleh Negara Bendungan karena banyaknya bendungan yang digunakan untuk menghidupi kebutuhan warga Belanda sehari hari . Kedua Elemen ini pun bisa berfungsi untuk keindahan . Pengimplementasian dari kedua elemen yang berfungsi untuk keindahan adalah sebuah desa kecil di Belanda yang dijuluki ” Venesianya Belanda ” yaitu sebuah desa yang bernama Giethoorn.

image003
( sumber gambar : http://giethoorntourism.com )

Jika kita berkunjung ke Giethoorn , nampaknya kita ingin berlama lama disana karena keindahan dan kesejukannya . Tak dipungkiri hal ini akan dirasakan oleh pengunjung yang terhipnotis oleh pemandangan Giethorn .

Pemanfaatan kedua elemen ini menjadi batu pijakan bagi Belanda saat ini karena bisa mendatangkan banyak manfaat bagi belandanya sendiri. Ada sebuah kata kata bijak yaitu ” Ilmu itu didapat dengan lidah yang gemar bertanya dan akal yang mau berfikir ” . Orang orang Belanda pun menerapkan pepatah ini dengan bertanya ke ahli di bidang terkait dan berfikir keras bagaimana agar mewujudkan inovasi inovasi cerdas hingga bisa dilihat dan dirasakan oleh warganya sendiri . Sang Pijakan Eropa , Sang Inovator , Negri van Oranje ialah Belanda.

Sumber :
• http://en.wikipedia.org/wiki/Netherlands
• http://www.slideshare.net/groenesteden/water-management-in-the-netherlands-30508193
• http://www.kembangpete.com/2014/08/24/profil-lengkap-negara-belanda/