579. DULU MUSUH YANG MENGANCAM NAMUN KINI MENJADI KAWAN YANG TAK DAPAT DILUPAKAN

Penulis : Goesthi Kusuma Atmaja ADH.
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Everything is sustained by water. Kalimat ini adalah kalimat yang sangat cocok mengingat seluruh kahidupan di bumi ini ditopang oleh air. Berbicara mengenai air tentunya negara yang ada dalam pikiran pasti Belanda. Belanda atau Nederland (bahasa Belanda) yang artinya negeri-negeri berdaratan rendah, bagaimana tidak dikatakan rendah nyaris kurang lebih 20% wilayahnya dan 21% populasinya berada dibawah permukaan laut. Keadaan geografis inilah yang menyebabkan negara kincir ini menjadi bermusuhan dengan air.

image001
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e6/Netherlands_Map_%28Without_Islands%29.svg/400px-Netherlands_Map_%28Without_Islands%29.svg.png)

Dengan keadaan goegrafis Belanda yang merupakan negara berpermukaan rendah dan sangat memprihatinkan ini pada tahun 1953 belanda dilanda banjir yang sangat dahsyat hingga dalam kejadian ini menyebabkan 1836 korban jiwa dan kerusakan harta benda.

image002
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/82/Watersnoodramp_1953.jpg/240px-Watersnoodramp_1953.jpg)

Namun dengan kejadian ini bangsa Belanda tidak hanya berpangku tangan, mereka terus memutar otak berpikir agar wilayah mereka tidak direnggut oleh air. Sehingga mereka berpikir keras bagaimana caranya Belanda dapat menyelamatkan wilayah dan bangsanya. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ini terjadi dan menimpa Belanda lagi maka sebuah inovasi besar terlahir ( megaproject DELTAWORKS ) dari sinilah Belanda dikenal sebagai negeri penakluk air karena keberhasilannya dapat membuat sebuah pertahanan banjir mengingat keadaan wilayahnya yang relatif rendah.

image003
(https://winnyradc.files.wordpress.com/2013/05/delta-warken.jpg)

Delta Works adalah proyek raksasa untuk menehan gelombang laut. Proyek ini membutuhkan waktu berpuluh puluh tahun dalam pembangunannya. Tujuan dibangunnya proyek ini dimaksudkan untuk melindungi wilayah barat daya Belanda. American Society of Civil Engineers pun telah menyatakan Delta Works ini menjadi salah satu keajaiban dunia modern.

image004
(http://static.progressivemediagroup.com/uploads/imagelibrary/Delta_Works_Netherlands_Water.jpg)

Inovasi Belanda dalam pengendalian banjir tidak terhenti sampai disini, Belanda terus mengembangkan inovasi – inovasi baru untuk dapat melindungi negaranya dari serangan banjir. Kini di kota Dordrecht, Dordrecht adalah sebuah gemeente Belanda yang terletak di provinsi Zuid Holland. Dikota ini terdapat banyak tanggul – tanggul besar yang terbuat dari batu dan beton. Tetapi saat tanggul itu menampung air, tanggul – tanggul itu justru menimbulkan masalah – masalah tersendiri.

Jadi dengan kejadian ini Mindert de Vries bersama dengan rekan rekannya di Dutch research institute Deltares telah menemukan inovasi baru untuk melindungi kota dari ancaman banjir yang tentunya inovasi ini lebih ramah lingkungan. Inovasi ini hanya salah satu dari banyak inovasi – inovasi lain yang ada di Belanda. Inovasi ini adalah program yang disebut sebagai tanggul lunak. Inovasi baru ini dimaksudkan untuk memberikan lebih banyak ruang untuk sungai.

Bentangan 23 kilometer tanggul beton yang mengelilingi desa Werkendam, dibagian hulu dari Dordrecht, akan dilanggar di beberapa tempat. Hal ini dapat memungkinkan terjadinya banjir pada daratan rendah ini, sehingga menurunkan kadar sungai di Dordrecht.

Kemudian Werkendam akan dilindungi oleh tanggul baru namun tanggul ini berbeda dengan tanggul yang pada umumnya terbuat dari beton, tanggul baru yang dimaksud yaitu hamparan tanggul yang terbuat dari tanah liat dan rumput dan diapit oleh pohon – pohon willow. Hal ini sangat cocok dengan sifat pohon willow yang hidup didaerah lembab. Selain itu pohon-pohon akan menurunkan intensitas gelombang, sehingga memungkinkan tanggul menjadi lembut dan rendah.

image005
(http://pri-113a.kxcdn.com/sites/default/files/styles/story_main/public/story/images/de%20Vries.jpg?itok=Cqu8M7sw)

Mindert de Vries mengatakan bahwa Fitur desain baru lain tanggul adalah kemiringan bertahap sehingga sebagian besar tidak dapat terlihat oleh orang orang yang tinggal dibalik tanggul tersebut dan tanggul tersebut juga tahan pecah. Jadi jika air mengalami kenaikan yang cukup tinggi maka air tersebut akan meluap dari atas tanggul, bukan air tersebut tetap tenang.

Tanggul yang terbuat dari tanah liat dan rumput lebih murah untuk membangunnya dibandingkan dengan beton, lagi pula tanggul yang terbuat dari tanah liat dan rumput tidak memiliki jejak karbon. Jadi sudah tentu desain tanggul ini adalah sebuah inovasi tanggul yang ramah lingkungan.

Dari sini dapat kita belajar bahwa musuh itu tidak selamanya memberikan dampak negatif pada kita, kita harus belajar dari Belanda yang mampu mengubah musuh yang bahkan dulu dapat mengancam Negerinya, namun kini Belanda dapat mengubahnya menjadi kawan yang dapat menginovasi mereka. Karena kawan inovatornya inilah saat ini Netherlands dapat dikatakan dan dikenal sebagai Negeri penakluk air hingga ke seluruh penjuru Dunia.

Selain itu inovasi baru terus Belanda kembangkan dari tahun ke tahun. Inovasi yang terus dikembangkan oleh Belanda tidak hanya terpaku pada menejemen air saja namun dalam banyak bidang. negara ini bisa disebut sebagai negara inovasi lihat saja prestasinya negeri yang memiliki warna nasional oranye sehingga dapat dikatakan negeri van oranje atau yang lebih lumrah dikenal sebagai negeri kincir angin ini menempati urutan ke 5 negara yang memiliki inovasi unggul berdasarkan Global Innovation Index 2014.

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda

http://ms.wikipedia.org/wiki/Banjir_Laut_Utara_1953

http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_Works

http://www.pri.org/stories/2014-09-23/waters-rising-dutch-find-eco-friendly-ways-keep-them-bay

http://www.greenplanetmonitor.net/news/water/dutch-dikes/

http://www.iamexpat.nl/read-and-discuss/expat-page/news/netherlands-ranked-5th-2014-global-innovation-index