580. INOVATOR BELANDA PEWUJUD MIMPI – MIMPI PENDAHULUNYA

Penulis : Maya Suci Ramadhani
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Selama ini kita mengetahui bahwa Amerika Serikat adalah negara paling adikuasa di dunia. Walaupun ada beberapa pengamat yang mengatakan bahwa ada negara – negara yang berpotensi menjadi negara adikuasa baru seperti Brazil, China, Rusia atau Uni Eropa. Tapi sayangnya negara – negara tersebut belum bisa menandingi kehebatan Amerika Serikat di berbagai bidang. Mulai dari bidang ekonomi, teknologi, militer ataupun di bidang politik. Contohnya saja di bidang militer. Di cabang angkatan laut saja militer Amerika memiliki 11 kapal induk aktif Angkatan Laut, dan Unit Ekspedisi Marinir di laut Pasifik dan Atlantik. Bahkan Amerika Serikat masuk ke dalam daftar 10 kapal selam tercanggih yang pernah ada di dunia, diantaranya adalah Seawolf Class dan Virginia Class. Dan karena itulah mengapa Amerika Serikat harus berterima kasih kepada ilmuwan Belanda.

image002
Gambar 1. Kapal selam Amerika Serikat : Seawolf Class
Sumber : http://www.maritimeworld.web.id/2014/07/daftar-kapal-selam-tercanggih-di-dunia.html

Mungkin para pembaca sedang kebingungan dengan pernyataan saya diatas tadi. Apa hubungannya antara kehebatan kapal selam Amerika Serikat dengan ilmuwan Belanda? Ya memang ada hubungan erat di antara keduanya. Mungkin belum banyak orang yang tahu, tapi faktanya ilmuwan Belanda lah yang berhasil membuat kapal selam pertama di dunia. Dia bernama Cornelius Jacobszoon van Drebbel (1572 – 1633). Dia adalah ilmuwan Belanda pembuat navigasi kapal selam pertama pada tahun 1620. Drebbel adalah seorang inovator yang berkontribusi terhadap perkembangan pengukuran dan sistem kontrol, optik dan kimia.

Drebbel sendiri lahir di Alkmaar, Belanda pada tahun 1572. Lalu pada tahun 1590, Drebbel melanjutkan studi di akademi seni di Kota Haarlem, yang terletak di Utara Belanda. Di akademi itu, ia dididik oleh para pakar seni ukir, seperti Hendrick Goltzius dan Cornelis Corneliszoon. Drebbel langsung menjadi murid kesayangan para gurunya itu. Pada tahun 1600, Drebbel mendapat proyek untuk membangun sebuah air mancur di Kota Middleburg. Di sanalah Drebbel bertemu dengan Hans Lippershey dan Zacharias Jansen, dua konstruktor teleskop untuk kapal. Dari mereka lah akhirnya Drebbel bisa belajar tentang seni bangun dan lensa optik. Pada tahun 1604, Drebbel bersama keluarganya pindah ke London atas undangan penguasa kerajaan Inggris, Raja James V. Namun pada tahun 1610, Drebbel pindah ke Praha atas permintaan Raja Rudolf II yang memang sangat berminat terhadap seni. Namun setelah kematian Rudolf pada tahun 1612, Drebbel kembali ke London.

Sebenarnya orang yang pertama kali merancang sketsa kapal selam adalah Leonardo da Vinci (1452-1519). Kemudian pada tahun 1578, seorang pakar Matematika yang pernah menjadi anggota Angkatan Laut Kerajaan Inggris William Bourne( 1535-1582 ) merancang rencana pembuatan kapal tersebut. Namun Cornelius van Drebbel lah yang berhasil membangun dan merealisasikannya pada tahun 1620. Oleh karena itu, ilmuwan Belanda inilah yang kemudian diakui sebagai penemu kapal selam.

Pada tahun 1619 Angkatan Laut Kerajaan Inggris akhirnya tertarik untuk merekrut Drebbel. Dari sana lah Drebbel mulai terobsesi untuk mewujudkan pembuatan kapal selam yang sebelumnya telah dirancang oleh Da Vinci dan Bourne. Awalnya, dia hanya melihat sketsa-sketsa yang dibuat oleh dua pendahulunya itu. Lalu perlahan Drebbel mulai mempelajari dan mencoba merealisasikan sketsa tersebut. Drebbel mencoba menerapkan hukum Archimedes dengan memakai dayung sebagai penggerak. Dalam hal desain, Drebbel membentuknya seperti susunan dua perahu yang saling menelungkup yang dibungkus oleh kulit binatang. Lubang-lubang untuk tempat dayung dibuat lebih rekat untuk menghindari masuknya air. Akhirnya pada tahun 1620, terwujudlah pembuatan kapal selam pertama di dunia.

image004
Gambar 2. Cornelius Jacobszoon van Drebbel penemu kapal selam

http://hanyatauaja.blogspot.com/2015/04/cornelius-van-drebbel-penemu-kapal-selam.html

Kapal selam ini menjadi kapal selam tertua di dunia. Perjalanan perdana kapal selam Drebbel dilakukan di Sungai Thames, London dengan melibatkan 12 orang pendayung. Kapal selam itu berhasil menyelam sedalam 360-450 cm di bawah permukaan sungai selama 2 – 3 jam. Inovasi untuk kapal selamnya terus dilakukan Drebbel hingga akhirnya ia berhasil menciptakan kapal selam dengan 6 dayung yang bisa menampung 16 penumpang. Kapal itu dapat menyelam selama 3 jam dengan kecepatan sekitar 18 km / jam dan dapat bergerak di dalam air sejauh 4-5 m. Jalur pertama yang ditempuh adalah dari Westminster ke Greenwich pulang pergi.

Temuan Drebbel ini kemudian dikembangkan dari tahun ke tahun untuk tujuan militer dan kini menjadi salah satu peralatan paling vital bagi angkatan laut di berbagai negara di dunia. Itulah mengapa angkatan laut Amerika Serikat bahkan semua negara di dunia harus berterima kasih kepada Belanda karena telah melahirkan seorang inovator berbakat seperti Drebbel yang bukan saja diakui kepintarannya, tapi juga berhasil mewujudkan mimpi – mimpi para pendahulunya. Drebbel telah memperoleh pengakuan di akhir abad 20 atas temuannya. Bahkan, untuk mengenang dan menghormati jasa besar Drebbel, di tahun 2010, pemerintah Belanda mengeluarkan seri perangko bergambar Drebbel dan kapal selam buatannya.

image006
Gambar 3. Kapal Selam Penemuan Cornelius van Drebbel

http://hanyatauaja.blogspot.com/2015/04/cornelius-van-drebbel-penemu-kapal-selam.html

Namun peran Belanda dalam inovasi kapal selam tidak berakhir sampai disitu saja. Tiga abad kemudian tepatnya pada tahun 1938, angkatan laut Belanda melakukan percobaan dengan memasang sistem pipa modern atau biasa disebut alat snorkel pada kapal selam milik mereka yang memungkinkan mereka mampu menyelam lebih lama pada kedalaman tertentu. Pemakaian alat snorkel ini dirancang oleh orang Belanda bernama Jan Jacob Wichers. Dan tidak hanya itu saja, bahkan kini angkatan laut Belanda mempunyai kapal selam non nuklir termutakhir di dunia.
Hal ini membuktikan Belanda memang pantas dijuluki sebagai pelopor inovasi dunia. Dan hal ini tidak luput dari campur tangan Pemerintah Belanda itu sendiri, yang selalu memberikan dukungan penuh baik berupa materi maupun moral. Mungkin karena itulah banyak negara – negara diluar sana termasuk Indonesia yang menjadikan Belanda sebagai kiblat inovasi dunia. Saya yakin bahwa Indonesia juga bisa menjadi seperti Belanda yang tidak pernah puas berinovasi, asalkan Pemerintah kita sendiri mau mendukung seratus persen para inovator Indonesia yang berbakat ini.

Referensi tulisan :

http://en.wikipedia.org/wiki/Submarine_snorkel

http://blogpenemu.blogspot.com/2014/02/Cornelius-Drebbel-Penemu-Kapal-Selam-Pertama.html

http://hanyatauaja.blogspot.com/2015/04/cornelius-van-drebbel-penemu-kapal-selam

http://www.maritimeworld.web.id/2014/07/daftar-kapal-selam-tercanggih-di-dunia.html

http://omnduut.com/2013/05/08/belanda-pelopor-terciptanya-kapal-selam-di-dunia/