582. Fire Figting Layer: Beton Inovatif Penahan Api

Penulis : Muhammad Ariefin
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

image001

Setiap negara maju di benua biru kerap menemukan inovasi baru untuk membuat berbagai hal menjadi efektif dan efisien. Tidak terkecuali Belanda, negeri di barat daya Eropa yang terkenal dengan bendungan dan tembok raksasa penahan air. Kini, Belanda mulai berinovasi membuat tembok yang dapat menahan api atau panas yang sangat tinggi. Inovasi ini berperan penting di bidang keamanan konstruksi bangunan dan pencegahan kebakaran. Inovasi tersebut adalah kombinasi beton dan pelat isolasi panas yang dapat menahan panas tinggi yang disebut dengan nama Fire Figting Layer®.

image002

Voorbij Betonsystemen, perusahaan yang bergerak di bidang produk infrastruktur dan bangunan bekerja sama dengan Bartel Consulting Engineers, perusahaan konsultan teknik telah mengembangkan gabungan beton dan pelat isolasi panas yang tahan terhadap suhu sangat tinggi. Produk tersebut kini sudah dipatenkan dengan nama Fire Figting Layer ® atau FFL®. FFL® cocok diaplikasikan pada tembok, lantai, dan atap untuk keperluan pengamanan dari bahaya kebakaran dan ledakan. Sebagai contoh, teknologi ini dapat diterapkan pada terowongan atau tempat parkir yang rentan terhadap kebakaran dan ledakan.

image003

FFL® terdiri atas elemen beton yang mengapit lapisan tahan api yang dapat diaplikasikan pada sebuah konstruksi bangunan. Pertama, lapisan beton untuk pelapis awal, selanjutnya pelat pelapis isolasi panas, dan terakhir dilapisi beton kembali. Sistem pelapisan isolasi panas adalah material yang tahan lama dan dapat bertahan hingga seratus tahun. Beton yang digunakan adalah standar beton untuk sebuah konstruksi bangunan.

image004

Selama tahap konstruksi, struktur elemen FFL® berfungsi sebagai bekisting. Bekisting merupakan sarana struktur beton untuk mencetak ukuran maupun bentuk konstruksi beton sesuai dengan yang direncanakan. Setelah proses bekisting dan pengerasan beton dengan pelat, fungsi pelat beralih menjadi elemen yang dapat menahan panas. Gabungan beton dan pelat tersebut menghasilkan dua fungsi, fungsi beton sebagai bahan konstruksi bangunan sekaligus beton yang tahan terhadap suhu hingga 1300 derajat Celcius. Hal tersebut dapat menghemat uang dan waktu dalam proses pembangunan.
FFL® telah banyak mendapat respons positif dan penghargaan atas inovasi yang dimilikinya. Dimulai pada tahun 2011, FFL® mendapatkan posisi kedua untuk Fire Safety Innovation dan mendapatkan nominasi untuk Ingenuity Competition, penghargaan untuk ide inovatif penemuan dalam sektor teknik. Pada tanggal 27 Juni 2012, FFL® resmi mendapatkan hak paten dari Kantor Paten Belanda dengan nomor 2005895. Pada tahun 2013, FFL® berhasil masuk nominasi untuk Dutch Construction Award dan Infratech Innovation.

image005

Ilustrasi pengaplikasian FFL® dalam konstruksi terowongan.
Kiri ke Kanan

1. Bagian beton pertama diletakkan paling dasar.
2. Bagian pelat pelapis isolasi panas diletakkan di atas beton.
3. Bagian tersebut diberi kerangka besi agar lebih kuat.
4. Kemudian dicor untuk lapisan paling atas.
5.Konstruksi terowongan siap untuk mencegah bahaya runtuhnya terowongan ketika terjadi kebakaran atau ledakan.
6. Lapisan atap dan dinding terowongan yang menggunakan FFL® terdiri dari 3 lapisan, lapisan beton, pelat pelapis tahan panas, dan lapisan beton luar.
7. Jika terjadi ledakan atau kebakaran di dalam terowongan, FFL® akan melindungi konstruksi dari bahaya runtuhnya bangunan.
8. Di bagian 1300 derajat Celsius tembok mengalami kerusakan parah pada lapisan pertama, lapisan kedua yaitu lapisan penahan panas dapat menahan hingga 1000 derajat Celsius, dan lapisan terluar dari FFL® hanya menerima sisa induksi panas sekitar 300 derajat Celcius. Lapisan-lapisan tersebut saling mendukung untuk menghambat panas yang tinggi sehingga mencegah keruntuhan konstrusksi terowongan.
9. Bagian terdalam yang terkena dampak kebakaran tentunya sudah tidak layak untuk sebuah konstruksi sehingga dapat diganti kembali dengan melapisi beton.
10. Sistem pemeliharaan pasca kebakaran FFL® dirancang untuk dapat diaplikasikan kembali dengan hanya mengganti bagian beton yang terkena dampak kerusakan.
11. Bagian yang rusak terkena dampak kebakaran atau ledakan dapat diganti dengan lapisan beton baru agar sistem FFL® dapat bekerja sebagai pencegahan rubuhnya konstruksi sebuah terowongan.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan FFL® adalah inovasi untuk pencegahan kebakaran dalam sebuah konstruksi bangunan khususnya infrastuktur. Penemuan ini merupakan inovasi yang bermanfaat untuk mencegah runtuhnya sebuah bangunan ketika mengalami kebakaran atau ledakan hingga suhu 1300 derajat Celcius.
Semoga inovasi ini dapat diaplikasikan secara massal pada masa mendatang.
Beter voorkomen dan genezen.

Referensi tulisan

http://www.materials.nl/innovations/fire-fighting-layer-en-us/

http://www.bartels-global.com/projects/fire-fighting-layer

http://www.bartels-global.com/news/nomination-innovation-prize-fire-safety

http://www.infrasite.nl/news/news_articles.php?ID_nieuwsberichten=16427

https://vimeo.com/22737680

http://www.voorbij-betonsystemen.nl/

Referensi foto

http://www.bartels-global.com/sites/default/files/file/Brandproef%202010-10-21-12_0.jpg

http://www.bartels-global.com/sites/default/files/project/FFL%20plaat1.jpg

http://www.bartels-global.com/sites/default/files/project/Brandproef%202010-10-21-2.jpg

http://www.bartels-global.com/sites/default/files/project/Brandproef%202010-10-21-7.jpg

Printscreen dari https://vimeo.com/22737680