590. Lucid Dream : The Experience in Holland

Penulis : Rahmat Dwi Wahyudi
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Adam terdiam berdiri tegak di hamparan rerumputan yang luas. Tampak jelas Windmolen yaitu kincir angin raksasa berdiri kokoh. Adam terpana melihat suasana yang baru ia alami. Kemudian, ia mengunjungi taman bunga tulip di kota Anna Pauwlona yang sangat terkenal. Adam mengitari taman bunga tulip, sesekali ia memotret pemandangan yang menakjubkan itu. Ketika Adam memotret bunga, tak sengaja sosok perempuan yang cantik jelita ikut terpotret. Sosok yang cantik dengan paras yang indah, rambut yang panjang tergurai, hidung yang mancung, bibir yang tipis, dan mata yang berwarna hitam kecoklatan dengan bulu mata yang panjang. Adam terdiam terpesona melihat kecantikannya. Adam mendekat dan semakin dekat dengan sosok perempuan itu.

image001

http://100gambarbunga.blogspot.com/2014/05/sejarah-dan-asal-usul-bunga-tulip.html

“ Hello “ Adam menyapanya
“ Hello “
“ Aku Adam, nama kamu siapa? “
“ Aku Anna, senang berkenalan denganmu Adam “ Anna tersenyum
“ Lagi ngeliat bunga? Mau ke tempat lain nggak? “
“ Boleh… kita naik sepeda aja “
“ Siap tuan putri hehehe “
Mereka akhirnya sampai diatas bendungan yang juga berfungsi sebagai jalan. Sepanjang jalur di atas bendungan dilengkapi dengan kursi-kursi santai. Adam dan Anna duduk menikmati indahnya laut.
“ Indahnya… “ Gumam Adam
“ Udah tau sejarah Belanda belum dam? Inovasi Belanda untuk mengatur perairan ” Tanya Anna
“ Wah cuma tau dikit nih, ceritain dong Anna “
“ Salah satu inovasi belanda yaitu terhadap air nih dam, bisa kamu lihat kan betapa hebatnya Belanda. Negara Belanda secara geografis berpermukaan rendah. Hampir separuh dari permukaan daratan Belanda kurang dari 1 m di atas permukaan laut. Penyebabnya ialah ekstraksi gambut yang meluas dan tak terkontrol selama ratusan tahun dan merendahkan permukaan beberapa meter.
“ Aku tau nih permukaan yang terendah berada di sebuah kota bernama Nieuwekerk aan dan Ijssel berada di 6.76 m dibawah permukaan laut. Sedangkan titik tertingginya hanyalah setinggi 322.7 m di atas permukaan laut, di daerah yang bernama Valseburg di daerah selatan Belanda kan Anna? “ Sambung Adam
“ Betul sekali dam, jadi untuk mengatasi banjir dan air pasang, Belanda menciptakan drainase polder system yang melibatkan beberapa tanggul, terusan, dan stasiun pompa. Polder merupakan sistem tata air tertutup dengan elemen meliputi tanggul, pompa, saluran air, kolam retensi, pengaturan lansekap lahan, dan instalasi air kotor terpisah. Sistem polder adalah suatu daerah yang dikelilingi tanggul atau tanah tinggi. “
“ Ooooh jadi sistem polder dibangun agar air banjir atau genangan dapat dicegah dan pengaturan air di dalamnya dapat dikuasai tanpa pengaruh keadaan di luarnya ya?
“ Bener dam, kamu pinter ya ternyata hahaha. Kemudian penerapan sistem polder selama ini dinilai sebagai salah satu jurus yang dapat memecahkan masalah banjir perkotaan. Sistem polder disempurnakan dengan penggunaan kincir angin untuk memompa air keluar dari daerah yang berada dibawah permukaan air laut. “
“ Jadi Windmolen berfungsi untuk memompa dan mendorong air ke lautan, agar terbentuk daratan baru yang lebih luas “ gumam Adam
“ Kondisi hidrologi dan tata air dalam sistem ini dapat dikontrol sepenuhnya oleh manusia. Sistem ini berupa sistem yang dilengkapi bangunan pengendali muka air, misalnya pintu klep otomatis. Umumnya sistem pembuangannya menggunakan pompa. Kelengkapan sarana fisik pada sistem polder antara lain : saluran air atau kanal atau tampungan memanjang dan waduk, tanggul, serta pompa. Saluran air atau tampungan memanjang dan waduk dibangun sebagai sarana untuk mengatur penyaluran air ketika elevasi air di titik pembuangan lebih tinggi dari elevasi saluran di dalam kawasan. Yang kedua ialah tanggul yang dibuat di sekeliling kawasan yang berguna untuk mencegah masuknya air kedalam kawasan, baik yang berasal dari luapan sungai, limpasan permukaan atau akibat naiknya muka air laut. Sebaliknya dengan adanya tanggul, air yang ada di dalam kawasan tidak dapat keluar. Tanggul dibuat dengan ukuran yang lebar, besar, dan tinggi serta dapat difungsikan sebagai jalan. Yang ketiga ialah pompa air yang berfungsi sebagai pengering air pada badan air, dan bekerja secara otomatis apabila volume atau elevasi air melebihi nilai perencanaan.”
“ Aku gambarin cara keja sistem polder ya, seperti ini dam“ Anna menjelaskan detailnya

image002

http://efektifika.com/elinew/pembuatan-dokumen-pedoman-pengelolaan-saluran-drainase-perkotaan-yang-berwawasan-lingkungan-ecodrain-surabaya-bandung-denpasar-2007/

image003

http://smp.townplan.gov.my/?p=8535

“ Wah… Oke sekarang aku ngerti Anna “ Adam terpesona dengan kepintaran dan kecantikan yang dimiliki Anna.
“ Kalo itu aku baru tau dam hehehe, ayo kita menyusuri kanal-kanal di Amsterdam “
“ Ayooo “ Adam sangat bersemangat
Adam dan Anna menulusuri kanal yang bersih dan terbebas dari sampah menggunakan kapal kecil Canal Cruise.
“ Anna… “ Sapa Adam
“ Iya? Kenapa Adam? “ Anna tersenyum dan matanya berbinar-binar
“ Senyumanmu mengalahkan keindahan taman bunga tulip yang begitu indah di Kota Anna Paulowna “
“ Hartelijk dank Adam. Semoga kita bisa bertemu lagi “
“ dam.. dam.. bangun nak “ suara wanita paruh baya terdengar oleh Adam

Wajah Anna mulai menghilang hingga tak tampak lagi. Adam membuka mata. Ternyata semuanya hanyalah sebuah mimpi. Bahagia dan kecewa bersatu meliputi Adam.
Mentari pagi masih tampak malu-malu bersembunyi di celah dahan pepohonan. Embun pagi masih terbang kesana kemari untuk menyebarkan kesegarannya. Sang ratu malam telah terlelap pertanda hari baru telah tiba. Adam sedang menikmati rutinitas setiap pagi akhir pekan, menikmati secangkir kopi hangat ditemani sebuah kanvas dan peralatan lukis lainnya.
Adam memang sering bermimpi hal yang menakjubkan dan melukiskan mimpinya sehingga menjadi nyata tampak jelas oleh mata. Sebuah lukisan tentang seorang perempuan yang tinggi, berambut panjang yang tergurai, mata yang berwarna hitam kecoklatan dengan bulu mata yang panjang, hidung yang mancung, serta bibir yang tipis sedang duduk di rerumputan, dan tampak jelas taman bunga tulip yang berada dibelakangnya telah tergambar di kanvas. Adam menatap heran dan senyum tipis pun ia ciptakan.
“ Hello, Anna “
Hari pun telah berganti, Adam menggayuhkan sepedanya melintasi pepohonan yang rindang, mengempaskan dedaunan yang telah gugur, dan tersenyum menyambut hari yang baru untuk pergi kesekolah.
Sesampainya di koridor sekolah Pak Guru Dandi memanggil Adam.
“ Dam, ada exchange student dari Belanda. Dia bakal belajar di kelas kamu, anterin ke kelas ya”
“ Siap pak.. “
Kemudian sosok perempuan keluar dari pintu ruang guru. Wajah itu, mata itu, hidung itu, senyuman itu seperti tak asing lagi bagi Adam.
“ Anna…? “ Adam menyapa tanpa tahu siapa perempuan itu
“ Yang mengalahkan keindahan taman bunga tulip di Kota Anna Pauwlona? “ Anna menjawab dengan senyumannya yang indah.

Referensi :

http://www.crownshoptalk.com/History%20of%20Fire%20Hose.pdf

http://travel.kompas.com/read/2011/07/03/05542256/Dari.Kincir.Angin.hingga.Kanal.Amsterdam

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda

http://www.academia.edu/9313069/belanda_negara_buatan_manusia