596. MEMBANGUN ISTANA PASIR ALA BELANDA

Penulis : RHEISNAYU CYNTARA
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Ada yang hobi bermain pasir pantai? Membangun istana dengan pilar-pilarnya yang tinggi menggunakan sekop?

Nah, tahukah kamu? Ketika kebanyakan orang masih asik menggunakan pasir pantai untuk membangun istana mainan, bangsa Belanda sudah berjibaku membangun istana masa depan dengan pasir semenanjung pantai Ter Heijde dan Kijkduin di Holland Selatan.

Ya, istana masa depan bagi flora, fauna, dan juga manusia yang membutuhkan daratan yang aman dari gerusan air laut.

image002

Hal itu dilakukan Belanda melalui proyek “Zand Motor” yang dimulai sejak Maret 2011. Caranya adalah dengan berbagi tugas dengan alam; kapal penyedot pasir membangun timbunan pasir berbentuk kait secara besar-besaran di pesisir pantai.

Dan wush wush wush!

Alam, melalui angin, ombak, dan arus air, akan “meniup” gundukan pasir tersebut ke arah utara dan selatan garis pantai yang berada di sebelah barat Belanda ini. Dengan proses peniupan yang alami, pesisir pantai yang terbentuk tidak benar-benar rata. Tetapi berupa deretan bukit-bukit pasir dengan cekungan-cekungan di antaranya, yang tentu saja, sudah diperhitungkan dengan rinci manfaatnya.

Hal tentang “tiup meniup” pasir yang tampaknya sederhana ini, memang dilakukan dengan hitung-hitungan yang detail dan rumit.

Selama ini, Rijkswaterstaat, cabang eksekutif Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan Belanda, mengisi ulang kekurangan semenanjung dengan mengeruk pasir dari lepas pantai dan menaruhnya di
sepanjang pesisir setiap 5 tahun sekali. Dengan proyek “Zand Motor” ini maka hal itu tak perlu lagi dilakukan, karena timbunan pasir sebanyak 21,5 juta kubik (tahap pertama) tentu akan bertahan jauh lebih lama.

Karena durasinya yang lama, maka hewan serta tumbuhan mendapat rumah baru dan mempunyai cukup waktu untuk berkembang di atasnya. Setelah kurang lebih 2 tahun, cekungan-cekungan yang terbentuk melalui proses peniupan alami tersebut terisi dengan air hujan yang notabene adalah air tawar. Kolam-kolam itu pun menarik berbagai spesies burung untuk datang. Bahkan anjing laut, dan lumba-lumba mulai terlihat di sekitar area tersebut. Selain itu, pengunjung telah dapat melihat vegetasi perintis seperti roket laut, saltwort berduri, dan varietas Atriplex (Linnartz, 2013).

image004

image006

Istana masa depan ini mulai tampak hidup!

Tapi, tak berhenti di situ saja. Area “Zand Motor” sudah mulai dapat dikunjungi untuk berekreasi. Diantaranya berenang, berlari, berburu fosil, menunggang kuda, memancing, kite surfing, bahkan snow kitting saat musim dingin.

image008

Hal-hal positif itu masih akan terus berkembang karena proyek “Zand Motor” adalah proyek percontohan pertama yang sifatnya berkelanjutan. Dimulai sejak tahun 2011, proyek yang termasuk bagian dari program “Building with Nature” ini, ditargetkan akan berjalan hingga 20 tahun ke depan. Langkah yang panjang dalam membangun “istana masa depan”.

image010

Namun hal itu sebanding dengan apa yang akan didapat oleh bangsa Belanda saat proyek percontohan ini berhasil, yaitu lingkungan yang terjaga dan aman dari bencana serta menjadi alternatif tujuan rekreasi yang damai dan tenang, pelarian yang sempurna dari kehidupan sibuk di perkotaan.

Bahkan ke depannya, perwujudan dari kerja keras, keuletan, dan inovasi bangsa Belanda ini akan dapat diadopsi dan dinikmati oleh bangsa-bangsa lainnya. Hal ini sekaligus akan membuktikan bahwa pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan alam adalah hal yang tidak mustahil.

Ya, semua itu mungkin dilakukan.

Mungkin 20 tahun lagi, kepak sayap kawanan burung ditingkahi suara orang tua yang mengajak anaknya untuk membereskan sekop dan ember mainan akan menjadi lagu akrab yang terdengar di sepanjang semenanjung pantai Ter Heijde dan Kijkduin menjelang senja tiba. Dan Belanda akan terbebas dari kekhawatiran akan keamanan sistem tanggulnya karena telah terlindung oleh pesisir pantai yang tangguh.

Dengan inovasi, istana masa depan dari pasir bukanlah mimpi!

Referensi:
• brochure-zandmotor-delflandse-kust-eng-lr-1
• factsheet-zandmotor-deltaduin-en-juni-2012
• ECOSHAPE_BwN_WEB
• Sand Motor Fact Sheet_tcm224-346199
• sand-motor-looking-back-at-2-and-a-half-years-of-bwn-def
• http://www.dezandmotor.nl/
• http://www.rijkswaterstaat.nl/
• Semua foto bersumber dari brosur-brosur ZandMotor