598. “Belanda: Selalu Siap Siaga!”

Penulis : GURUH TRI UTOMO
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Kabar gembira untuk kita semua..!
Bagi kalian yang tinggal di daerah rawan banjir atau tinggal di daerah pesisir pantai yang selalu was-was kalau air pasang. Jangan khawatir, pemerintah memberikan perhatian khusus tentang upaya deteksi dini terhadap potensi banjir. Eits, bukan pemerintah Indonesia, melainkan pemerintah Belanda nih.
Berkat inovasi Belanda terhadap upaya pencegahan bencana di bidang air, muncullah salah satu laman cerdas pendeteksi dini banjir bernama http://www.risicokaart.nl/

image002
Laman resmi www.risicokaart.nl

Walaupun Belanda telah menciptakan berbagai sistem penanggulangan banjir, namun bukan Belanda namanya kalau berhenti berinovasi. Aplikasi deteksi dini banjir ini merupakan upaya peningkatan kualitas pelayanan tanggap darurat bagi warganya. Yup, mengingat sekitar 60% daerah Belanda berpotensi terkena banjir, hal tersebut menyebabkan perhatian khusus dari Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan menciptakan laman pendeteksi banjir ini.

image003
http://www.risicokaart.nl/images/uploads/dijkringen.gif (Dyke Rings: buitendijks gebied = river side of the dyke / rivier = river / dijk = dyke / dijkringgebied = dyke ring area / overstromingsgebied = flood area)

Konsep dari laman ini dikembangkan berdasar perhitungan komputer terhadap fenomena yang terdapat di suatu tempat menggunakan citra satelit. Dalam perhitungan tersebut, asumsi tentang lokasi dari ketinggian air sungai atau laut dapat diketahui. Dengan menggabungkan hasil perhitungan, kedalaman banjir maksimum dapat ditentukan untuk masing-masing lokasi. Perhitungan kemudian dibuat untuk yang daerah yang berpotensi tenggelam dengan digambarkan sedemikian rupa di laman. Dengan cara ini, dapat diketahui daerah yang akan terkena dampak banjir dan diketahui kedalaman air. Sehingga, warga dapat bersiap-siap jika daerahnya akan terkena banjir.

Tahukah kamu?

image005
http://www.risicokaart.nl/en/voorvertoning?rd=85079.16-430112.29-240625.72-536429.04&zoom=5 (Tampilan Wilayah yang Berpotensi Terkena Banjir)

Nah, melalui laman ini, kalian dapat mengakses kondisi terkini ketinggian air di tiap-tiap wilayah dengan cara memasukkan kode pos. Misalnya, warna merah di gambar menunjukan lokasi yang berpotensi terkena banjir. Selain itu, di laman tersebut juga tersedia informasi mengenai petunjuk yang harus dilakukan ketika sebelum, saat, dan pasca terkena banjir serta apa saja yang yang harus dilakukan terhadap ketinggian air. Mulai dari 0-10 cm, hingga ketinggian lebih dari 100 cm, hebat bukan?

Begitulah Belanda, tak pernah lelah berinovasi dan berkarya. Walaupun sudah banyak artikel yang menukilkan tangguhnya Belanda di bidang air, tetap saja Belanda selalu siap siaga. Suatu sikap yang patut kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari: selalu berpikir kritis terhadap lingkungan di sekitar serta tak pernah lelah untuk selalu berkarya.

Referensi:

http://www.nltimes.nl/2014/09/30/new-app-warns-flooding-nl/

http://www.risicokaart.nl/en/informatie_over_risicos/overstroming/

http://onswater.nl/