601. Salanova, Si Cantik dari Belanda

Penulis : VERONICA S
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Yang lagi diet tapi tinggal di kost mana suaranyaaa? Masak sayur sendiri sudah jadi menu sehari-hari, bukan? Ribet? Pasti. Nah beryukurlah kalian saudara saudara. Karena si cantik Salanova kini sudah hadir di Indonesia.

image002

http://www.petitrungis.com/Docs/productimages/7b1c925a-ba82-40ba-aa73-d5325e6b2c18_Salanove-lebender-Salat.JPG

Kita semua tahu bahwa warga Eropa identik dengan salad. Sayuran segar seperti selada, tomat, wortel dan mentimun yang dihiasi mayonaise adalah sahabat karib mereka. Adalah Rijk Zwaan, perusahaan benih asal Belanda yang menangkap peluang itu. Melihat antusiasme warga Eropa akan bahan baku salad, maka mereka menciptakan suatu inovasi yakni selada inovatif siap saji. Tidak hanya bentuknya saja yang cantik menyerupai mahkota bunga, selada ini juga unggul dari segi ukuran dan kualitas. Helaian daun Salanova berukuran sebesar jempol sehingga kita tidak akan kesulitan untuk langsung mengkonsumsinya hanya dalam satu gigitan saja. Jos van der Knaap, manajer pengembangan produk Rijk Zwaan di Indonesia juga menerangkan, bahwa hanya dengan memotong bagian pangkal selada, maka seluruh helaian daun akan terlepas. Jadi Satu lagi keunggulan Salanova adalah citarasanya yang tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas warga Eropa mengkonsumsi selada sebagai makanan sehari-hari. Oleh karena itu Rijk Zwaan Company berusaha menciptakan selada yang tidak hanya renyah namun juga gurih. Selain berkualitas, Salanova juga memiliki waktu panen yang tidak terlalu lama, yakni hanya sekitar 40 hari saja. Karena apabila dibiarkan lebih lama lagi, tekstur daunnya akan melembek. Proses pembudidayaan yang tidak rumit inilah yang membuat Salanova menjadi pilihan para petani di seluruh dunia.

image004

http://upload.evocdn.co.uk/fruitnet/uploads/asset_image/2_25020_e.jpg

Rijk Zwaan Company sendiri adalah perusahaan asal Belanda yang didirikan oleh mendiang Rijk Zwaan pada 1932. Selama lebih dari 80 tahun, mereka memfokuskan diri kepada pengembangbiakan sayuran dan produksi benih dengan kualitas tinggi. Berawal dari kecintaannya akan dunia pertanian, Rijk Zwaan pertama kali membuka usaha pembiakan benih pada tahun 1932 di Bergschenhoek. Usaha ini kian meluas dan berkembang. Hingga empat dekade berikutnya, Rijk Zwaan Company menjadi salah satu perusahaan hortikultura yang diperhitungkan di kancah internasional dan berhasil membuka anak perusahaan di UK. Dan hingga saat ini, Rijk Zwaan Company telah mendistribusikan produk mereka ke lebih dari 20 negara di Benua Eropa dan Asia, termasuk Indonesia.

image005

http://business.salanova.com/wps/wcm/connect/Salanova-B/Rijk+Zwaan/Business+cases/Case/Hydroculture%2C+Japan

Di dalam setiap kekurangan, pastilah ada kelebihan. Belanda telah membuktikan bahwa pepatah ini adalah benar adanya. Kita tahu bahwa air adalah musuh utama Belanda karena separuh wilayah Belanda terletak di bawah permukaan air laut. Alih-alih menyerah dengan keadaan, Belanda malah menciptakan banyak pemikiran kreatif untuk memanfaatkannya. Mulai dari hal rumit seperti polder system hingga ke lingkup yang lebih sederhana seperti penggunaan air sebagai media budidaya tanaman. Nah, Salanova ini adalah tanaman hidroponik. Dengan sistem ini, proses pembudayaan Salanova menjadi lebih bersih dan tidak rentan akan serangan penyakit. Hal ini dikarenakan iklim di dalam greenhouse lebih kering dibandingkan dengan media tanah yang lembab. Jadi hama pun enggan menempel. Dengan memanfaatkan air sebagai media utamanya, sterilisasi tanah tidak lagi diperlukan. Itu artinya bahan kimia yang digunakan pun jumlahnya sangat kecil. Jadi bisa disimpulkan bahwa selain sehat, Salanova juga ramah lingkungan.

REFERENSI:
- http://www.rijkzwaan.com/wps/wcm/connect/rz+corporate/rijk+zwaan/products_and_services/products/brands/salanova
- http://www.jitunews.com/read/8634/salanova-selada-fancy-unggulan-dari-negeri-kincir-angin#axzz3YWDdCdxR
- http://www.trubus-online.co.id/salanova-selada-fancy-siap-saji/