603. DARI BENCANA MENJADI BERKAH

Penulis : Chenchen
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting. Seluruh mahluk hidup di dunia ini membutuhkan air karna air membawa dampak positif yang sangat banyak bagi keberlangsungan hidup. Namun tidak jarang air juga membawa dampak negatif. Layaknya pepatah tentang api “kecil menjadi teman, besar menjadi lawan”, begitu juga halnya dengan air. Bencana atau dampak negatif yang disebabkan oleh air adalah ketika air berada dalam jumlah yang sangat besar. Contohnya banjir dan air laut yang pasang. Peristiwa-peristiwa seperti ini layaknya musuh bagi manusia karena banyaknya dampak negatif dan kerugian yang dihasilkan. Seperti halnya negara Belanda. Negara ini hampir 60% bagiannya merupakan daratan yang permukaannya lebih rendah daripada permukaan laut. Hal ini menjadi momok tersediri bagi negara Belanda karena dengan keadaan permukaan yang lebih rendah tersebut kerap membuat Belanda sering mengalami banjir besar, banyaknya permukaan daratan yang tergenang air ketika air laut pasang, dan masalah-masalah lainnya. Namun Belanda tidak tinggal diam atas masalah-masalah tersebut. Ibarat musuh, bukankah harus dilawan dan jangan diam begitu saja?

Seperti pernah terdapat kata yang disampaikan oleh salah satu filsuf Perancis Rene Descrates, “God created the world, but the Dutch created Holland”, dimana filsuf terserbut mencoba mengambarkan bagaimana orang Belanda mengeringkan daratan yang digenangi air agar dapat menjadi pemukiman yang layak untuk ditinggali. Begitu banyak inovasi yang dilakukan oleh Belanda untuk mengatasi masalah air ini, seperti membuat Polder dan Delta work.

Polder sendiri merupakan suatu sistem tata air yang tertutup yang memiliki beberapa elemen seperti tanggul, pompa, saluran air, kolam retensi, pengaturan lansekap lahan, dan instalasi air kotor terpisah. Sistem polder seperti ini sudah lama dikembangkan oleh Belanda sejak abad ke-11 yang kemudian pada abad ke-13 disempurnakan dengan kincir angin untuk memompa air keluar dari daerah yang berada di bawah permukaan air laut. Sistem polder dan kincir angin ini kerap menjadi hal yang identik dengan negara Belanda karena semakin banyaknya pembangunan sistem hidrolik ini. Polder merupakan dataran rendah yang membentuk suatu daerah yang dikelilingi oleh tanggul. Tanggul ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menampung air buangan seperti air kotor dan air hujan yang kemudian dipompa ke badan air yang posisinya lebih tinggi, lalu air tersebut dipompakan ke sungai atau kanal yang bermuara ke laut. Sistem polder ini sangat efektif dalam memecahkan masalah banjir di Belanda dengan koordinasi yang baik dan tanggungjawab yang tinggi antara masyarakat dan pemerintah Belanda.

image002
Polder dan Kincir Angin Belanda
(https://cybermujahidah.wordpress.com/2010/04/26/belandanegara-bawah-permukaan-air-laut/)

image003
Sistem Polder
(http://anggunsugiarti.blogspot.com/2012/02/belajar-dari-sistem-polder-negera.html)

Terdapat beberapa kriteria design dalam pembangunan sistem polder yang merupakan sistem tertutup, seperti tanggul kering pada sistem polder yang harus menguasai tata air, dan terdapat pompa suplai air yang masuk ke tata air dan pompa air keluar dari tata air, saluran air, kanal, atau tampungan air yang memanjang sebagai tempat untuk penyaluran air ketika kondisi air di penampungan lebih tinggi. Tanggul yang mengelilingi tata air berfungsi untuk menahan air masuk ke kawasan.

Sistem polder ini namun memiliki beberapa kelemahan karena sistem ini sangat bergantung pada kinerja pompa. Kinerja dari pompa itu sendiri harus dipantau secara terus-menerus, dirawat, dan dipelihara dengan biaya yang cukup mahal. Hal lain adalah perlunya sosialisasi tentang konsep pengendalian pengembangan sistem polder yang berkelanjutan untuk mengantisipasi perubahan akibat pembangunan, karena setiap air buangan yang mengalir pada polder harus didrainase dengan bantuan pompa, dan perubahan pembangunan sangat mempengaruhi dan berampak pada lingkungan.

Banjir yang sangat besar yang pernah melanda negara Belanda bahkan telah menelan ribuan korban telah membuat Belanda terus mencari solusi yang terbaik demi menyelesaikan masalah besar tersebut. Inovasi lain yang telah diciptakan oleh Belanda guna mengatasi banjir besar adalah Delta work. Delta work dibangun dengan komposisi yang sangat rumit dengan banyaknya pengunci dan pintu air, banyaknya saluran, jembatan, bendungan, tanggul, gerbang dan penghambat gelombang yang bekerja secara bersamaan. Delta work dibangun dengan memakan waktu yang sangat lama yaitu lebih kurang 45 tahun dan memakan biaya yang sangat mahal untuk perawatan tiap tahunnya. Namun biaya yang sangat mahal yang dibutuhkan untuk perawatan Delta work sebanding dengan dampak positif yang telah diberikan.

image005
Delta Work di Belanda
(http://www.7wonders.org/europe/netherlands/rotterdam/delta-works/)

Delta work yang tingginya mencapai 13 meter di atas permukaan laut ini dapat menahan banjir dan bahkan badai, meningkatnya mobilitas dari pembangunan Delta work lalu lintas yang menghubungkan banyak pulau dan semenanjung, Delta work bahkan menjadikan Belanda memiliki sistem pengelolaan air yang terbaik di dunia. Delta work di Belanda ini juga bisa berupa kanal-kanal yang indah sebagai jalur transportasi air yang beguna dan sebagai tempat rekreasi bagi turis dan bagi masyarakat Belanda.

Belanda tidak ingin terus menerus terpuruk atas apa yang negaranya alami. Begitu banyak inovasi dan kesungguhan yang telah dilakukan Belanda dan menjadi berkah bagi negara Belanda itu sendiri, yang berangkat dari kepahitan negara tersebut atas bencana besar yang pernah mereka alami 60 tahun yang lalu. Sampai sekarang inovasi-inovasi tersebut terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan negara dan tetap menyesuaikan dengan keadaan lingkungan yang terus berubah.

Referensi:
- http://www.7wonders.org/europe/netherlands/rotterdam/delta-works/
- http://anggunsugiarti.blogspot.com/2012/02/belajar-dari-sistem-polder-negera.html
- http://enosrudy-enru.blogspot.com/2012/05/delta-werken-inovasi-belanda-melawan.html