608. Amikasa – Mendesain Rumah Mudah dan Menyenangkan

Penulis : Gracia Adiati
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Kita mengenal Belanda sebagai negara yang unggul dalam inovasi. Belanda pandai membuat bendungan untuk mengatasi masalah air karena kondisi geografisnya memang di bawah air laut, membangkitkan tenaga listrik dengan kincir angin, membuat mobil terbang, dan masih banyak inovasi teknologi lainnya. Ada pula inovasi dari negeri oranye tentang desain interior.

Mendesain interior rumah sendiri beserta isinya tentu adalah suatu pekerjaan yang keren. Seperti apa ya rasanya? Emang kita semua bisa? Bukannya itu pekerjaan desainer interior? Tidak kok, kita semua bisa dan caranya juga mudah, terutama di zaman serba digital sekarang ini.

image002
Gambar 1 – halaman depan Amikasa

Pasti anda sudah menebak-nebak cara membuat desain ini. Apakah kita harus menggambar sendiri kemudian dipindahkan dalam bentuk digital? Tidak serumit itu kok prosesnya. Dalam membuat rancangan ini, kita hanya perlu sebuah aplikasi. Yup, aplikasi bernama Amikasa.

Nama Amikasa diambil dari Bahasa Spanyol, ‘mi casa’ yang artinya ‘rumahku’. Amikasa adalah sebuah program aplikasi untuk mendesain, mendekorasi, dan menata ruangan mulai dari perabotan, lantai, hingga warna dinding dengan penampilan 3 dimensi. Amikasa dapat digunakan oleh pembangun rumah, kantor, maupun bangunan lainnya. Produk inovasi ini adalah karya dari INDG, sebuah perusahaan marketing dan periklanan multinasional asal Belanda.

Amikasa dirilis pertama pada tahun 2009 dalam bentuk flash. Kemudian Amikasa terus mengalami perkembangan hingga dirilis dalam iPad dan iPhone pada tahun 2014. Pada minggu pertama peluncurannya di iTunes, sudah ada seribu aktivitas download Amikasa. Untuk anda yang menggunakan MacBook, Amikasa akan segera diluncurkan dalam Mac Osx. Dan pastinya aplikasi ini gratis. Menarik bukan? Seperti ini kira-kira penampilan dari Amikasa.

image005
Gambar 2 – proses desain menggunakan Amikasa

image008
Gambar 3 – contoh desain ruangan

Sebenarnya Amikasa bukanlah satu-satunya program desain 3D, ada beberapa program aplikasi yang serupa, termasuk aplikasi buatan Indonesia. Yang membedakan adalah Amikasa merupakan aplikasi pertama yang mengombinasikan interface yang mudah digunakan. Saking mudahnya mungkin saat kita menggunakan ini rasanya tidak seperti bekerja, tetapi seperti memainkan games. Amikasa memiliki visual 3D dengan kualitas paling baik, dan katalog produk dengan brand sungguhan. Ya, di Amikasa kita dapat memilih perabot, lantai, maupun cat yang akan kita tempatkan dalam rancang desain melalui katalog produk bermerek internasional. Asyik ya sepertinya menggunakan Amikasa ini. Agar tidak terlalu penasaran download dulu aplikasinya di amikasa.com atau bisa juga didapatkan melalui iTunes.

Jika aplikasi sudah di tangan, saatnya merancang rumah impian kita. Pertama kita membuat struktur terlebih dahulu dengan memilih menu structure. Misalnya kita akan mendesain ruang tamu, langkah pertama adalah menggambar ruang tamu itu. Tenang saja Amikasa tentunya memiliki fitur pengukuran dan pilihan bentuk ruangan yang akan membantu kita agar ruangan tersebut menjadi senyata mungkin. Kemudian kita tentukan letak pintu, jendela, dan bagaimana lantainya. Perabotan dan hiasan tambahan juga semuanya tersedia, tinggal kita pilih sesuai selera. Apabila tidak ada bayangan tentang cara membuatnya, video ini dapat membantu anda https://www.youtube.com/watch?v=Y5Kr8mPlHMg

Saat pekerjaan kita sudah selesai, rancangan kita ini dapat disimpan untuk kemudian disempurnakan kembali bila perlu. Rancangan desain ini bisa dikirim melalui email dan dibagikan ke facebook serta twitter. Hebatnya lagi kita juga bisa mengajukan brand kita sendiri untuk dimasukkan ke dalam katalog produk Amikasa, yaitu dengan menghubungi info@amikasa.com. Satu lagi keunggulan Amikasa. Beberapa saat setelah perilisannya, aplikasi ini mendapatkan Accenture Innovation Award. Wah keren!

Secara keseluruhan memang inovasi dari negeri kincir angin ini patut dicoba. Anda yang menggunakan iPhone, iPad, Macbook, maupun Windows dapat mencoba Amikasa. So, untuk anda yang ingin mendesain interior rumah maupun kantor sendiri tapi tidak tahu bagaimana cara melakukannya dengan mudah dan menyenangkan, sekarang sudah ada solusinya.

Referensi:

http://amikasa.com/

http://amikasa.com/about.html

https://itunes.apple.com/nl/app/amikasa/id918067772?mt=8&ign-mpt=uo%3D4

http://www.indg.com/case/amikasa/

http://www.indg.com/post_tag/ar/

http://www.sridianti.com/perbedaan-antara-software-dan-aplikasi.html

http://www.thenextwomen.com/2009/10/28/vote-for-the-most-innovative-dutch-media-startup

https://www.youtube.com/watch?v=Y5Kr8mPlHMg

Gambar1:

http://pex.indg.com/wp-content/uploads/2014/10/Amikasa-for-website.jpg

Gambar2:

http://wwwhatsnew.com/wp-content/uploads/2012/10/captura-156-600×391.jpg

Gambar3:

http://a1.mzstatic.com/us/r30/Purple3/v4/e9/e5/b6/e9e5b68c-9388-b542-645d-0d7a8bcd363e/screen640x640.jpeg