609. MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI SANG SURYA, MEMBUAT MANFAAT YANG TIDAK SEKEDAR MENERANGI, SOLAROAD.

Penulis : Gelar Riksa Abdillah
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Teknologi adalah suatu daya kreasi manusia untuk memberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan. Manusia adalah makhluk yang dianugerahi akal untuk tidak berhenti berinovasi, untuk memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang tidak ada habisnya sesuai dengan perkembangan zaman, manusia adalah makhluk yang selalu mencipta teknologi. Kemudian kita semua akan sepakat jika teknologi yang baik adalah teknologi yang dapat membuat mudah sesuatu yang rumit, dengan cara sederhana dan ramah lingkungan, bukan sebaliknya.

Belanda baru-baru ini telah melampaui ekspektasi manusia di dunia dalam menciptakan teknologi ramah lingkungan, khususnya dalam bidang energi. Kita semua tahu, pengolahan energi apapun akan menimbulkan residu yang dapat menjadi polusi bagi lingkungan, seperti gelombang elektro magnetik yang berpengaruh buruk pada atmosfer bumi kita sedikit demi sedikit.

Belanda terkenal dengan kemampuan memanipulasi alam untuk dapat menciptakan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakatnya, seperti menciptakan sistem polder dan bendungan delta untuk mengatasi banjir, atau menggunakan teknologi rumah kaca untuk mengembangkan pertanian dikarenakan tanahnya tidak sesubur tanah di Indonesia. Kini, belanda menggunakan matahari sebagai sumber tenaga untuk kebutuhan masyarakat. Kita mungkin sering melihat sendiri ada beberapa orang yang memasang panel surya di atas rumahnya untuk dapat mengubahnya menjadi sumber energi siap pakai untuk keperluan rumah tangganya.

Belanda telah menciptakan teknologi yang serupa dengan skala yang jauh berbeda, jika kita telah mengetahui energi matahari digunakan kebutuhan di sebuah rumah, Belanda menggunakannya untuk kebutuhan satu kota! Teknologi ini dikreasikan oleh perusahaan SolaRoad, inovasi ini baru diterapkan di sebuah kota bernama Krommenie dan sudah dibentangkan sepanjang 70 meter.

image002
Jalanan SolaRoad (http://pewartaekbis.com/wow-belanda-punya-jalan-penyerap-energi-matahari/10490/)

Teknologi SolaRoad ini dibuat dari campuran batuan keras dan solar cells (penyerap tenaga surya) yang dilapisi kaca anti pecah.
image003

http://www.cbc.ca/news/technology/dutch-test-solaroad-solar-panels-on-bike-path-1.2831630

SolaRoad benar-benar menjadi teknologi alternatif yang bisa diandalkan, energi yang dihasilkan per-meter perseginya mencapai 50-70 kilowatt jam per tahun. Menurut Sten deWit –mekanik dari perusahaan TNO—energi yang dihasilkan dari jalan sepanjang 70 meter bisa digunakan untuk beberapa rumah. Saat ini SolaRoad memang masih dalam tahap percobaan, selama tiga tahun ke depan produk ini akan diuji di Krommenie, apabila berhasil dan konsisten maka akan langsung diterapkan di seluruh kota di Belanda. Energi yang dihasilkan akan disalurkan utamanya ke alat-alat elektronik di jalanan seperti lampu jalan. Pengembangan yang dilakukan harus bertahap sebelum nanti diproduksi secara masal.

Teknologi yang memanfaatkan tenaga matahari bisa dibilang teknologi yang paling bisa diandalkan, dikarenakan matahari bersinar sepanjang tahun bahkan ketika musim dingin, meskipun tidak secerah ketika musim panas dan semi. Tetapi energinya bisa selalu dimanfaatkan. Kemampuan memanfaatkan alam dan akal inilah yang disebut teknologi yang menyederhanakan kerumitan, masalah menghemat energi dan ramah lingkungan pun bisa dengan mudah teratasi.

SolaRoad ini menjadi pionir dalam menciptakan inovasi yang sangat modern pada zaman ini. Penemuan seperti ini akan bertahan untuk waktu yang sangat lama dan dipakai oleh banyak orang, karena begitu efisien penggunaannya dan tidak memakan tempat khusus, bisa diterapkan di mana saja asal ada jalanan untuk dilalui manusia.

Meskipun terlihat mewah dan mahal, teknologi ini disebut sangat menguntungkan dan dapat dinikmati semua orang, karena Belanda memiliki banyak jalan-jalan untuk bersepeda, dilalui oleh manusia yang berjalan-jalan dan menaiki sepeda, bukan kendaraan berat. Potensi area yang bisa digunakan menjadi sangat luas bahkan tidak terbatas.

image004
(http://www.cbc.ca/news/technology/dutch-test-solaroad-solar-panels-on-bike-path-1.2831630)

Sekali teknologi adalah hasil dari kemampuan manusia dalam mengubah alam menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk kehidupan manusia, karena itulah alasan mengapa alam ini dititipkan kepada manusia. Segala hal, termasuk panas matahari, tidak luput menjadi sarana berpikir untuk meningkatkan kapasitas manusia itu sendiri, SolaRoad adalah sebuah karya yang menjadi bukti tingkat keluhuran akal manusia dalam berpikir, untuk menjadikan diri dan lingkungannya menjadi lebih baik, tidak hanya untuk Belanda tetapi untuk seluruh dunia nantinya.

Sumber inspirasi:

http://detik.club/belanda-punya-jalan-penyerap-tenaga-surya-pertama-di-dunia/

http://video.sindonews.com/play/13856/pertama-di-dunia-belanda-miliki-jalur-penyerap-tenaga-surya

http://pewartaekbis.com/wow-belanda-punya-jalan-penyerap-energi-matahari/10490/

http://energitoday.com/2014/11/16/belanda-berhasil-kembangkan-jalan-penyerap-tenaga-surya/

https://www.poems.co.id/asp/start/frontpage/News/NewsDetail.asp?NewsID=2014-11-15-2749298&Channel=Energi

http://www.cbc.ca/news/technology/dutch-test-solaroad-solar-panels-on-bike-path-1.2831630

http://www.solaroad.nl/en/de-techniek/

http://teknologi.inilah.com/read/detail/2156875/solaroad-jalur-sepeda-penghasil-tenaga-listrik

http://ns3.kompas.web.id/read/finance/read/2014/11/15/150107/2749298/1034/belanda-punya-jalan-penyerap-tenaga-surya-pertama-di-dunia