611. Tulisan Singkat – Ratna Rosalia D.

Penulis : Ratna Rosalia D.
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Belanda memang terkenal dengan kincir anginnya tetapi juga pemandangannya yang indah. Pemandangan yang indah tentu saja tetap hadir dalam balutan keunikan negeri belanda yang menyatu dengan birunya lautan dan hijaunya tumbuhan. Hal ini memperlihatkan bagaimana Belanda mengcover lautan menjadi daratan yang dinamis. Penataan wilayah atau tata ruang di Belanda mencakup seni arsitektur, infrastruktur yang kokoh, dan lingkungan yang bersih serta nyaman menjadikan negeri Belanda menjadi tujuan untuk destinasi atau sharing knowledge. Banyak mahasiswa dari berbagai Negara di belahan dunia menjadikan negeri Belanda sebagai tempat studi karena teknologi dan visi yang diimplementasikan Belanda dapat dirasakan baik secara fisik maupun non fisik. Misalnya saja secara fisik yakni tanah di belanda dan secara non fisik yakni udara.

Sering sekali kita mendengar proyek delta force dari negeri belanda dan banyak pula yang sudah menjelaskan tentang proyek tersebut sehingga kali ini saya akan membahas mengenai udara di Belanda. Jujur saja saya belum pernah merasakan hiruk pikuk negeri luar dan bagaimana rasanya tinggal disana. Hanya saja, saya membayangkan dan melihat gambar-gambar disana melalui internet. Saya lihat banyak hal yang bisa digali dari negeri Belanda termasuk bagaimana kondisi udara di belanda dan bagaimana tanah yang direklamasi mempengaruhi kondisi udara di Belanda. Mungkin lebih tepatnya kondisi udara ditunjang dengan adanya kincir angin dan lebih tingginya permukaan air laut menjadikan udara di Belanda terasa lebih sejuk ketika musim panas berlangsung dan lebh dingin ketika musim dingin tiba.