612. Dinginnya Air di Musim Dingin, Siapa Takut!

Penulis : Gilda Miranda
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air adalah sumber kehidupan di Bumi. Dalam setiap kegiatan manusia, peran air sangat dibutuhkan. Memasak, mandi, minum, mencuci, dan bermain di air adalah beberapa hubungan langsung antara manusia dan air. Tak dapat dielakkan oleh semua kalangan usia bahwa permainan air sangat digemari, mulai dari renang, memancing, bermain water slide, atau sekedar berlarian di kala hujan turun. Ini adalah bukti bahwa air sangat ramah bagi manusia. Namun adakalanya air justru terlihat tak ramah, tepatnya bagi tubuh manusia. Salah satunya saat musim dingin melanda sebagian Negara di belahan dunia. Siapa yang berani main dalam air di saat suhu menunjukkan dibawah normal bahkan minus? Duduk di dekat perapian sambil menyeruput teh hangat akan terasa jauh lebih baik. Tapi itu dulu. Bermain di kanal, danau, atau pun sungai di kala musim dingin tak lagi jadi hambatan. Frank de Bruijn telah menemukan solusi yang dapat membuat air musim dingin terasa ramah, HotTug!

image002
Desain HotTug
(Sumber : www.hottug.nl)

HotTug adalah mini boat memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi 380 x 230 x 110 cm, didesain dengan glass-fibre. Panas yang dihasilkan berasal dari kompor berbahan dasar stainless steel. HotTug dapat diisi air hingga kapasitas 1800 Liter dan kompor atau wood stove dapat memanaskan air hingga temperatur 38 derajat Celcius. Tentunya penumpang tidak perlu khawatir akan bahaya panas yang dihasilkan oleh wood stove selama berlayar menggunakan HotTug di sepanjang kanal. Frank de Bruijn mendesain wood stove dengan sangat aman dan bahkan dapat disentuh karena stainless steel akan didinginkan oleh air yang ada di sekitarnya. Mini boat ini dapat diisi oleh 7 hingga 8 orang.

image004
HotTug di kanal di Amsterdam
(Sumber : wheninamsterdam-omyamsterdamtours.blogspot.com)

Sang penemu, Frank de Bruijn, adalah pekerja di Pelabuhan di Rotterdam. Ia terbiasa melihat desain-desain kapal dan sangat menyukai aktivitas outdoor. Frank de Bruijn memiliki minat pada seni dan engineering. Ia berkeinginan untuk membuat sesuatu yang mampu memfasilitasi kecintaannya terhadap aktivitas di alam, tentunya disertai dengan kesan unik dan berseni. Dasar yang melandasi Frank de Bruijn mendesain mini boat yang dilengkapi pemanas ini berasal dari kehidupannya di kapal kargo dan disuatu hari ia sangat menginginkan kapal kargo ini dilengkapi dengan hot tub. Akan tetapi, area yang sempit menjadi penghalang. Hingga akhirnya Frank de Bruijn mendesain hot tub yang dapat mengapung dan dapat digunakan kapan dan dimanapun. Hingga kini, HotTug menjadi favorit di Belanda untuk menikmati keindahan kanal sambil berendam dan berchit-chat ria bersama orang-orang terdekat. Jadi, tak perlu takut lagi bermain di air di sungai, danau, ataupun kanal selama musim dingin kan?

Sumber :
1. http://wheninamsterdam-omyamsterdamtours.blogspot.com/2012/12/amsterdam-canal-cruise-with-difference.html
2. http://www.hottug.nl/techniek_en.htm
3. http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2212198/Full-steam-ahead-The-Hot-Tub-boat-let-lazily-cruise-river-comfort.html
4. http://www.wired.co.uk/news/archive/2012-10/04/hottug/viewgallery/291031