614. Tantangan Belanda dalam Keamanan Air (Water Safety)

Penulis : Manuel Christomi
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan salah satu dari sekian banyaknya elemen kehidupan, dengan elemen penting lainnya seperti tanah, api, dan udara. Air dianggap sebagai salah satu sumber kehidupan, meski pada dasarnya hubungan antara satu elemen dengan elemen lainnya tidak dapat terpisahkan bahkan keberlangsungannya harus tetap dijaga. Dalam hal ini manusia memiliki peran yang besar untuk menjaga agar adanya keserasian di tiap elemen yang tentu akan bermanfaat besar bagi kehidupan manusia dan alam sekitar. Pada dasarnya air merupakan kebutuhan pokok manusia yang terlihat dalam kegunaan dan manfaat air di kehidupan sehari-hari.

image001
Sumber: : http://static01.nyt.com/images/2013/02/14/arts/14waterways_337/14waterways_337-articleLarge.jpg

Jika dilihat lebih jauh di era modern saat ini tentu air dapat dimanfaatkan dengan lebih lagi, mengingat pesatnya kemajuan teknologi di berbagai negara-negara dunia terlebih di negara maju. Belanda kini dikatakan sebagai salah satu negara yang masuk dalam golongan negara maju di dunia tentu sudah melihat bahwa pengelolalaan air penting untuk dilakukan yang mana dapat menjadi penunjang kehidupan bagi rakyat Belanda.

Dalam menunjang perekonomiannya, Pemerintah Belanda pun telah menetapkan 9 sektor prioritas yang salah satu sektornya yang berhubungan dengan air. Sektor air yang dianggap penting, terlebih Belanda yang sebagian wilayahnya berada dibawah permukaan laut dan ancaman pasangnya air laut, karena jika dilihat di masa lalu Belanda memiliki sejarah kelam yaitu peristiwa banjir besar yang terjadi di bagian utara Belanda tepatnya di Zuiderzee (sekarang disebut Ijsselmeer) pada tahun 1287 dan tahun 1421 hingga mengakibatkan total sekitar 60.000 penduduk tewas.

Tentu hal itu menjadi perhatian serius bagi pemerintah Belanda demi menjaga keberlangsungan ekonomi dan keamanan penduduknya dari ancaman yang ditimbulkan oleh air, pemerintah Belanda sendiri telah melakukan berbagai pembangunan dan inovasi-inovasi dalam hal water management (pengelolaan air). Adapun pemerintah Belanda melalui Kementerian Infrastrukur dan Lingkungan sudah menjalankan proyek-proyek pengelolaan air yang dibagi dalam 4 struktur besar yaitu:
• Proyek dalam hal keamanan air (water safety)
• Proyek pembangunan akses ketersediaan air bersih
• Proyek peningkatan kualitas air (water quality)
• Proyek penciptaan kota yang tahan terhadap iklim yang tidak menentu

Rangkaian proyek tersebut telah dilakukan pemerintah Belanda baik dalam jangka pendek, menengah, atau jangka panjang yang hasil dari pembangunan pengelolaan air sudah bisa dinikmati kegunaannya oleh penduduk Belanda. Contoh dalam hal keamanan air, Belanda telah melakukan sebuah inovasi yang dianggap berhasil yaitu membangun tanggul sepanjang 563 km yang mencakup hampir seluruh garis pantai dan melindungi wilayah Belanda dari ancaman banjir ataupun dari pasang air laut. Tanggul yang dibuat terbilang canggih dengan sistem monitor yang dilengkapi alarm peringatan dini, tanggul tersebut juga disebut-sebut sebagai salah satu sistem tanggul terbaik di dunia dan dapat bertahan hingga 10.000 tahun ke depan.

image002
Sumber:http://www.iamexpat.nl/app/webroot/upload/files/Read-and-Discuss/Expat-page/News/holland_dike.jpg

Dalam perkembangannya kini, pemanasan global yang terjadi mengakibatkan setiap tahun terjadi peningkatan persentase tinggi air laut yang mulai dikhawatirkan berbagai negara di dunia. Belanda sebagai salah satu negara yang dianggap mampu menciptakan keamanan wilayahnya dari ancaman banjir ataupun pasangnya air laut kini terus berbenah diri menghadapi tantangan di masa depan. Pemerintah bersama para peneliti, akademisi, dan perusahaan-perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri terus melakukan penelitian dan berusaha menciptakan terobosan teknologi baru yang tentu harus ramah lingkungan.

Usaha yang dilakukan tidak hanya membangun keamanan dalam negerinya saja tetapi juga melakukan pembangunan lain seperti keamanan air, akses ketersediaan air bersih yang merupakan hal pokok terutama di negara-negara berkembang. Tentu dengan adanya pembangunan di negara lain setidaknya dapat memberikan peluang bisnis bagi perusahaan teknologi air yang berasal dari Belanda, dan dapat menyerap banyak tenaga kerja yang hasilnya akan berdampak positif juga bagi perekonomian Belanda.