621. Belanda dalam 1000 Kata

Penulis : Florentina Silviana Devi
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image001

Belanda? Netherlandss? Holland? Hayo apa bedanya? That’s right guys. Belanda sebutan lain dari The Netherlands sedangkan Holland merupakan gabungan dua provinsi dari Netherlands yang bergabung menjadi satu menjadi Holland. Nah sekarang sudah tahu kan? harus diingat ya bahwa Holland bukanlah Negara melainkan bagian dari Negara Belanda. Negeri yang dinyanyikan oleh trio kwek-kwek ini dituntut untuk memiliki kesadaran diri untuk selalu inovatif. Inovasi-inovasi dilakukan dalam berbagai bidang elemen kehidupan. Tahukah anda apa yang menjadi salah satu elemen terpenting di Belanda? Yeaaah tepat sekali, AIR!!!. Kenapa air? ingin tahu lebih dalam? Yuk baca artikel ini sampai akhir.

image002

Air menjadi elemen yang penting bagi Negara Belanda. Sejarah perjuangan Belanda dalam menyulap dan memerangi air menjadi rahasia umum. Ditinjau dari letak geografis Negara Belanda, di mana hampir seluruh wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Bendungan dan tanggul-tanggul dibangun untuk menahan terjangan badai yang pernah memporak-porandakan negerinya dan kincir angin untuk menciptakan daratan yang kemudian menjadi media tulip untuk tumbuh dengan indah. Selain kincir angin ada proyek solar panel, gelombang/tidal energi sebagai alternatif sumber energi yang tiada habisnya. Mungkin terdengar sangat tidak adil jika kita hanya mendengar kesuksesan dan kejayaan Belanda saat ini, karena di balik kesuksesan Belanda ada sejarah panjang perjuangan Belanda dalam memerangi air. Untuk itu kalian bisa mendalami dan mengenal sejarah Belanda dan air dengan membuka website resmi Holland di :

image003

http://www.dutchwatersector.com/our-history/

Saat ini seluruh dunia membutuhkan solusi inovatif untuk membantu menanggulangi masalah-masalah air. Masalah tersebut meliputi keamanan, kualitas dan sanitasi air, yang berguna untuk menyuplai makanan, menciptakan renewable energy dan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Dimana kebutuhannya berbanding terbalik dengan sumber yang ada.
Air menjadi dasar sosioekonomi global. Untuk mendapatkan solusi inovatif yang “feasible,smart and sustainable”, Belanda membentuk badan infrastruktur khusus di sektor air. Mereka bekerjasama dengan pasar global dan lembaga pengetahuan menciptakan teknologi-teknologi sebagai solusi inovatif untuk permasalahan air. Mulai dari menangani limbah dan mendaur ulangnya menjadi air bersih, memanfaatkan air sebagai sumber energy,air untuk agrikultur dan mengembangkan proyek di sector air menjadi sarana rekreasi yang menarik para pengunjung dalam atau luar negeri yang bisa menambah visa pemasukan.

image004
35 proyek dari Ministry of infrastructure and the enviroment 2014

Dengan pengalaman banjir dan badai yang beberapa kali menyerangnya, Belanda semakin waspada. Oleh karena itu setiap tahunnya pemerintah Belanda mau membiayai proyek-proyek inovasi air. Jumlah biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit, pada tahun 2014 ada sekitar 35 teknologi yang diciptakan dan diterapkan oleh Ministry of infrastructure and the environment Belanda. Tanggul-tanggul dan bendungan menjadi sasaran untuk meningkatkan keamanan air. Tanggul-tanggul dan bendungan yang telah dibangun oleh program delta work di inovasi dengan tambahan aksesoris teknologi-teknologi canggih dan desain yang apik. Misalnya sensor-sensor yang ditambahkan pada tanggul berguna untuk memonitoring kondisi dari tanggul-tanggul saat ketinggian air meningkat, teknologi lainnya untuk memonitoring air dengan 3Di water Management. Selain itu, dam Afsluitdijk yang merupakan bendungan di laut utara, selain berguna membendung dan menahan terjangan gelombang, saat ini dimanfaatkan untuk sumber energy yaitu dilaksanakannya proyek tidal energy, turbin Kincir angin, Solar energy dan yang terbaru yaitu blue energy.

image005

image006

Bagi Belanda aman saja, tidak cukup. Belanda butuh air bersih untuk hidup. Permasalahannya suplai air bersih menjadi permasalahan di Belanda. Dengan adanya permasalahan ini Belanda terus menciptakan teknologi-teknologi inovatif untuk mendapatkan air bersih. Salah satu inovasinya yaitu air Screen yang digunakan untuk memisahkan freshwater dari garam-garam yang terkandung pada air laut. Air yang dihasilkan dari proses pemurnian ini digunakan untuk pertanian dan konsumsi. Tidak hanya dengan air screen, purifikasi air juga dapat dilakukan dengan desalinisasi dan vakum toilet untuk memurnikan urin, salinisasi tanah pertanian untuk menanam brinny potatoes dan lain-lain.

image007
image008
image009

Air yang menjadi sumber hidup mahluk hidup di bumi kini tercemar. Kepedulian manusia terhadap lingkungannya semakin buruk, akibatnya kualitas air juga menurun. Sampah, limbah industri, rumah sakit, menjadi faktor menurunnya kualitas air. Adanya permasalahan air seperti ini memancing Belanda berpikir akan solusi inovatif. Limbah medis rumah sakit, industri farmasi acap kali disebutkan sebagai factor pencemar air. Sebagai solusinya Belanda menciptakan Pharmafilter. Selain pharmafilter, ada teknologi Hydrochip yaitu chip yang mengandung DNA dari berbagai tipe mikroorganisme yang berguna untuk mengidentifikasi dan mengkuantifikasi mikroorganisme yang terkandung dalam air. Berikutnya adalah Nereda yang mengatasi permasalahan limbah biologi dan 1 STEP® filter sebagai teknik purifikasi air dari nutrient (fosfor,nitrogen) dan kontaminasi residu medis serta pestisida pertanian.

image010
image011
image012

Meskipun bendungan dan tanggul-tanggul sudah dibangun. Namun hukum alam tetap berlaku bahwasannya perubahan iklim yang ada di Belanda selalu terjadi. Belanda tak mau diam, mereka terus berusaha untuk menemukan solusi bermain dengan iklim membuat mereka semakin akrab dan mudah untuk bersahabat dengan iklim. Misalnya saja water Square yaitu suatu tempat penampung air dikala banjir melanda. Ketika banjir tak datang tempat ini bisa dimanfaatkan sebagai taman bermain. Water square mampu menampung 1700000 liter air.

image013

Selain itu desain pembangunan proyek-proyek diatas tidak serta merta dibangun begitu saja. Prinsip desainnya “building with nature” sehingga disamping tujuan utamanya berguna bagi alam, hasil proyek bisa digunakan untuk sarana rekreasi yang menarik bagi para pengunjung baik turis domestic atau asing.Memang dulu negeri kincir ini menganggap air bak musuh yang perlu ditumpaskan dan ditaklukan. Namun seiring berjalannya waktu dengan kerja keras, kreativitas dan selalu berpikir “out of the box”, saat ini Netherlands tidak ingin menjadikan air sebagai “musuh.” Netherlands ingin berdamai dan menjadikan air sebagai “sahabat, partner dan sumber ” kehidupannya. Katanya ni From “fighting against the water” into “living with the water.” Bukti konkret bahwa Belanda telah hidup damai dengan air adalah inovasi rumah apung “flooding house” atau rumah amfibi. Yaitu rumah yang didesain mengapung diair, dengan fondasi yang bisa menyesuaikan ketinggian air.
Dari 905 kata diatas kita tarik benang merah untuk artikel ini, selain aman dan mendapatkan fresh water yang berkualitas, Belanda bisa memperluas wilayah daratannya (polder), menanami polder tersebut sebagai lahan agrikultur hingga saat ini belanda merupakan Negara pengekspor nomor 2 di dunia setelah amerika serikat, dan hijau tanaman bisa membantu mengurangi polusi. Belanda juga bisa menghasilkan energi dari kincir angin,turbin,solar,blue energy dan mengurangi emisi CO2 serta polusi diudara. Dan tak kalah penting karena inovatifnya dalam mengembangkan alam, bangunan-bangunan seperti water square, London eye,windmill dan taman keukenhof menjadi daya tarik turis asing untuk datang ke Belanda. Demikian 1000 kata tentang Belanda.semoga bermanfaat.

Referensi
http://www.dutchwatersector.com/our-history/. Diakses pada tanggal 28 maret 2015
https://kompetiblog2013.wordpress.com/2013/05/15/443-avatar-dunia/. Diakses pada tanggal 28 maret 2015
http://www.spiegel.de/international/spiegel/amphibious-houses-dutch-answer-to-flooding-build-houses-that-swim-a-377050.html Diakses pada tanggal 28 maret 2015
http://www.dutchwatersector.com/news-events/news/8841-new-innovative-water-square-combines-leisure-and-storm-water-storage-in.html, Diakses pada tanggal 28 maret 2015
http://dirt.asla.org/2014/03/13/detours-obligatory-rotterdams-water-square/, diakses pada tanggal 1 April 2015 Diakses pada tanggal 28 maret 2015
http://www.government.nl/news/2014/03/26/innovative-water-management-projects-combined.html Diakses pada tanggal 30 maret 2015
http://www.government.nl/documents-and-publications/leaflets/2014/03/01/water-innovations-in-the-netherlands.html Diakses pada tanggal 30 maret 2015
http://www.dutchwatersector.com/uploads/2013/05/pib-oktoberengels.pdf Diakses pada tanggal 30 maret 2015
http://www.dutchwatersector.com/ Diakses pada tanggal 30 maret 2015