635. Peran dan Kesadaran Sektor-sektor Swasta Belanda dalam Pengolahan dan Pelestarian Air

Penulis : Fiori Rizki Djuwita
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan salah satu elemen penting yang menopang kehidupan makhluk hidup di dunia. Tidak hanya makluk hidup bahkan lingkungan pun membutuhkan kehadiran air untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Pemahaman dasar mengenai betapa penting kehadiran air untuk kehidupan dapat dipastikan sangat dipahami oleh Belanda. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai inovasi yang dilakukan Belanda untuk mengolah limbah air guna memproduksi air bersih.

Keunggulan Belanda bekenaan dengan masalah air tidak perlu diragukan lagi. Berbagai inovasi telah dilakukan Belanda untuk menanggulangi masalah air mulai dari proyek Deltawerken, pembangunan tanggul-tanggul untuk mencegah banjir, pembangunan sanitasi, distribusi air bersih, hingga reklamasi provinsi Flevoland menjadi daratan yang dapat dihuni dan pengolahan limbah air. Teknologi pengolahan limbah air yang berkelanjutan sudah dimulai dari tahun 1970-an di Belanda yang berhasil membuat sekitar 99,9 % rumah tangga di Belanda dapat langsung menikmati air bersih yang tidak mengandung klorin.

Kehadiran industri-industri besar dan bertambahnya populasi penduduk dunia dapat menyebabkan ketersediaan air bersih untuk kehidupan sehari-hari terancam. Industri pengolahan kulit adalah salah satu contoh dari industri yang paling banyak menghasilkan limbah pada air pembuangannya. Hal ini membuat salah satu industri pengolahan kulit Hulshof Royal Dutch Tanneries bekerja sama dengan Waterstromen B.V. mengembangkan teknologi pengolahan limbah air berkelanjutan yang dipercaya dapat memberikan solusi untuk menangani limbah air bagi berbagai industri dan apabila dipasarkan dapat memberikan keuntungan untuk perekonomian Belanda.

Sistem yang dikembangkan oleh Hulshof Royal Dutch Tanneries dan Waterstromen B.V. merupakan sistem modern yang terdiri dari tiga tahapan yang menggunakan bakteri Annamox untuk menghilangkan nitrogen dan mengurangi sulfur yang terkandung didalam limbah air. Sistem ini dapat menghemat sekitar ¾ jumlah energi dan oksigen yang biasa digunakan dalam pengolahan limbah. Selain itu, air limbah yang mengandung protein akan dikonversi menjadi karbon dioksida dan gas metana yang kemudian diolah menjadi listrik oleh pembangkit tenaga listrik. Listrik yang dihasilkan mencapai 2.5 juta kWh per tahun.

Sebuah pabrik keju di Belanda yang bernama DOC Kaas berupaya mengurangi penggunaan air untuk produksi guna melestarikan air bersih. Semua proses yang menyangkut produksi keju di pabrik ini menggunakan air daur ulang yang diperoleh dari hasil penguapan air dadih. Air hasil penyulingan tersebut di daur ulang menggunakan proses osmosis terbalik. Sehingga, air tersebut kemudian dapat digunakan kembali sebagai air pendingin dalam proses pembuatan keju.

Inovasi sistem pengolahan air yang dikembangkan oleh Belanda tidak hanya dinikmati oleh warga Belanda saja namun juga dinikmati oleh berbagai negara. Contohnya, perusahaan pengolahan limbah air di New York. Perusahaan ini menggunakan teknologi yang dipatenkan oleh perusahaan Grontmij dari Belanda. Sistem yang digunakan bernama SHARON. Sistem ini mampu memurnikan 1,9 galon air berkadar nitrogen tinggi dari pembuangan limbah pabrik per hari. Selain Amerika Serikat, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang energi di Belgia bernama Electrabel juga menggunakan teknologi dari Hatenboer, spesialis pengolahan air di Belanda, dalam daur ulang air hujan. Teknologi ini mampu membuat Electrabel menghemat 40.000 kubik air bersih per tahun.
Dari penjabaran di atas terlihat bahwa upaya yang dilakukan oleh Belanda untuk mengolah limbah air tidak semata-mata berasal dari pemerintah atau pun organisasi-organisasi terkait namun juga berasal dari sektor-sektor swasta. Bahkan, banyak sektor swasta yang berinvestasi besar-besaran untuk menyokong inovasi yang berhubungan dengan air. Hal ini menunjukkan bahwa sektor-sektor swasta di Belanda memahami dan menyadari betapa pentingnya air sebagai salah satu elemen yang menopang kehidupan manusia. Berbagai sistem yang dikembangkan oleh sektor-sektor swasta di Belanda mampu menghemat penggunaan air bersih dan mampu mengurangi dampak buruk yang dapat dibawa oleh limbah air hasil produksi industri bagi lingkungan.