649. Menyelami Kehidupan Bawah Air di Kota Belanda

Penulis : Rini Ayuningtias
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Kabar gembira untuk kita semua! Buat kamu yang ingin merasakan kehidupan di bawah air, sebentar lagi Kota Belanda bakal membangun Underwater ‘City’ lhooo.
Masa sih? seperti‘too good to be true’ ya? Eits, jangan keburu skeptis dulu! Ini beneran kok, bukan jokes. Tahu nggak di Belanda saat ini sedang krisis lahan parkir sepeda lhooo, tepatnya di kota Amsterdam. Saking membludaknya jumlah pengendara sepeda di sana, awal bulan April ini, pemerintah Belanda baru saja mengumumkan sebuah rencana mengejutkan, yakni akan membangun Underwater

Bike Park!
Pasti kamu nggak nyangka ya kalau kebutuhan lahan parkir sepeda ini betul-betul jadi ‘masalah’ serius di sana? Yap, berdasarkan statistik…, ternyata 57% dari warga Amsterdam ini sehari-harinya mengendarai sepeda! Tidak hanya warga lokal, para commuter dan turis mancanegara pun turut berlalu lalang di Amsterdam dengan sepedanya masing-masing.

image001
Sumber: http://whenonearth.net

Akibat supply dan demand yang tidak seimbang inilah, Michel Post, perwakilan dari Fietsersbond atau Dutch Cyclist’ Union angkat bicara. “The city cannot cope. We need a change,” tutur Michel Post. Menurutnya, perlu dilakukan perubahan demi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pengedara sepeda di Ibu Kota Belanda ini.

Berdasarakan blueprint yang telah dirancang, Underwater Bike Park ini akan dibangun di bawah IJ, yaitu sebuah teluk di Kota Amsterdam yang sudah sejak lama telah diubah menjadi danau buatan. Lahan parkir tersebut nantinya bakal digali di bawah danau yang lokasinya dibangun berdekatan dengan Amsterdam Centraal Station dan Metro System yang akan terhubung melalui suatu sistem terowongan bawah tanah. Garasi ini diharapkan dapat menampung sekitar 7000 unit sepeda, dan apabila lancar tanpa hambatan konstruksi besar-besaran tersebut diperkirakan selesai pada tahun 2030. Wah, visioner sekali ya Bangsa Belanda…!, paling tidak negeri ini punya waktu sekitar lima belas tahun untuk mempersiapkan inovasinya tersebut.

Melihat rencana pembangunan di atas, nggak heran ya jika Bangsa Belanda disebut pioneer dalam hal pengelolaan air? Kebetulan! Saya jadi teringat dengan sebuah artikel yang mengatakan bahwa Moshe Zwarts, salah seorang arsitek dari Amsterdam, pernah mengusulkan konsep yang mirip yakni Underwater City untuk Kota Amsterdam ini. Moshe mengatakan bahwa akan selalu ada yang namanya kekurangan lahan, -bahkan lahan apapun-, di setiap kota. Tapi menurut dia, tidak perlu khawatir berlebihan karena tangan manusia dapat mengatasinya selagi dapat membangun Underwater City dengan teknik konstruksi baru. Konstruksi yang dimaksud tentunya tidak akan menimbulkan kebisingan sehingga tidak akan menggangu keadaan di “atas” kota. Moshe menyebut membangun “kota” di bawah kanal dapat diwujudkan dengan mudah, cukup dengan mengeringkan atau menyedot air sebelum dilakukan pembangunan.

image003
Konsep ‘Underwater City’ dari Moshe Zwarts (Sumber: Treehugger)

Ide dari Moshe Zwarts ini, menurut beberapa engineer Belanda, seperti dikutip dari artikel Treehugger juga memperoleh banyak dukungan. Konsep Underwater City ini sebenarnya bukan hal yang futuristik, melainkan sangat diperlukan untuk zaman serba padat seperti sekarang ini!

Terlihat jelas bukan bahwa Belanda sangat mahir dalam memenuhi ‘demand’ bangsanya melalui terobosan ide infrastukturnya yang unik nan canggih. Saya rasa itulah kunci keberhasilan Bangsa Belanda yang patut kita selami lebih dalam, apalagi kalau bukan “Innovation or Die?”.

***

Referensi:

http://www.citylab.com/commute/2015/02/amsterdam-has-officially-run-out-of-spaces-to-park-its-bicycles/385867/

http://www.mnn.com/green-tech/transportation/blogs/amsterdam-mulls-underwater-bike-garage-as-available-parking-for#ixzz3W9540AuU

http://news.nationalpost.com/news/dutch-love-of-bicycles-means-a-shortage-of-places-to-park-them-so-plans-include-underwater-garage-and-two-islands

http://road.cc/content/news/143946-amsterdam-plans-underwater-bike-parks

http://rt.com/news/235431-amsterdam-bicycle-parking-underwater/

http://www.treehugger.com/sustainable-product-design/under-water-city-proposed-for-amsterdam.html