650. Blue Energy Dari Negeri Van Oranje Harapan Baru untuk Bumi

Penulis : Randy Ardiansyah Putra
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image001
Sumber : www.traveltop.net2560

Wippersmolen – Maassluis, South Holland, The Netherlands

Negeri Van Oranje (Belanda) salah satu negeri kecil-kecil cabe rawit yang telah menelurkan berbagai inovasi ke seluruh penjuru dunia. Orang Belanda termasuk kelompok manusia yang sangat rajin, pintar, ulet, dan terbuka. Mereka memulai bekerja keras membangun negerinya secara bertahap. Sejak pertama kali warganya tinggal di wilayah tersebut, mereka sadar sedang mendiami daerah yang tidak normal. Bayangkan saja, hampir seluruh wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Rata-rata sekitar 1 meter di bawah laut. Bahkan, salah satu wilayahnya lebih rendah 7 meter di banding laut. Akan tetapi otak mereka bekerja keras untuk menemukan cara terbaik mengatasi masalah tersebut.

Inovasi Tiada Henti

image003
Sumber : www.blue-energy.com/BlueEnergy

Inovasi saat ini yang sedang Negeri Belanda lakukan adalah mengubah air laut menjadi Blue Energy. Para peneliti Belanda tengah berusaha menambahkan sebuah cara baru mendapatkan sumber energi dari penggunaan “Blue Energy”. Energi biru yang memanfaatkan perbedaan konsentrasi air laut dan air tawar untuk menghasilkan listrik.

image005
Sumber : http://www.utwente.nl/en/newsevents/!/2014/11/349878/first-blue-energy-power-plant-opened-ut-made-large-contribution

Raja Belanda Willem Alexander, telah menempatkan pembangkit listrik yang menggunakan ‘Energi Biru’ pertama di dunia, pada hari Rabu, 26 November 2014 lalu. Dalam tes penempatan Energi Biru di Afsluitdijk itu, telah menggabungkan antara air sungai dan air laut yang menghasilkan energi yang berkelanjutan. Hal ini karena mereka telah merancang membran dengan cerdik dengan menggunakan filter khusus, dan dapat menghasilkan listrik langsung dari perbedaan konsentrasi garam dalam permukaan air di setiap sisi bendungan.

image007
Sumber : http://www.21stcentech.com/blue-energy-power-station-opens-netherlands

Di masa depan akan mungkin untuk menghasilkan sepuluh persen dari konsumsi energi Belanda melalui teknologi ini. Dengan sungai yang besar seperti Rhine dan Meuse, Belanda memiliki potensi besar di daerah ini. Perusahaan REDstack BV sekarang mengambil ‘Blue Energy’ untuk pasar di Belanda. University of Twente membuat kontribusi penting untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut yang melibatkan kerjasama yang intensif dengan lembaga penelitian Wetsus, Fujifilm dan organisasi lainnya.

image009
Sumber : http://www.utwente.nl/en/newsevents/!/2014/11/349878/first-blue-energy-power-plant-opened-ut-made-large-contribution

Harapannya adalah bahwa Blue Energy akan berhasil dalam menghasilkan energi untuk 8 sen per kilowatt per jam (tanpa subsidi). Surya dan energi angin saat ini jauh lebih mahal, energi dari minyak bumi masih lebih murah saat ini. Selain itu, Blue Energy dapat dihasilkan terus, bertentangan dengan energi surya dan angin, yang keduanya tergantung pada ketersediaan dan cuaca. Total jumlah listrik yang dapat dihasilkan pada Afsluitdijk sama dengan 1200 billion baterai AA selama setahun, atau, dengan kata lain, cukup untuk kebutuhan energi dari 500.000 rumah tangga. Hal ini berpotensi mungkin untuk menghasilkan seluruh konsumsi listrik di seluruh dunia dengan Blue Energy.
Pelajaran berharga yang dapat dipetik dari Negeri Van Oranje adalah kemampuannya dalam menghadapi dan memecahkan tantangan melalui inovasi dan kreativitas bangsanya. Tidak diragukan lagi mengapa Belanda mencapai kemajuan pesat dalam berbagai bidang. Resep rahasianya adalah mandiri, inovatif, dan kreatif. Tidak hanya untuk negerinya sendiri tetapi untuk Bumi.

Referensi :

http://www.betterworldsolutions.eu/portfolio/blue-energy-from-holland/

http://www.greenoptimistic.com/new-dutch-power-plant-produce-energy-sea-water-20141127/#.VT4kvaaMc2A

http://techlife.co.id/?p=11912/Belanda-ingin-panen-energi-dari-air-laut

http://www.tenderindonesia.com/tender_home/innerNews2.php?id=26976&cat=CT0009

http://www.utwente.nl/en/newsevents/!/2014/11/349878/first-blue-energy-power-plant-opened-ut-made-large-contribution

http://www.21stcentech.com/blue-energy-power-station-opens-netherlands/