654. Air laut untuk konsumsi khusus dari Belanda

Penulis : Ukhtiy Afifah
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Hampir kita semua tahu bahwa jumlah air di dunia ini mencapai sepertiganya luas permukaan bumi. Menurut data yang dilansir World Bank, sekitar 97,5% air di bumi adalah air asin atau air dari laut, sisanya, yang hanya 2,5% adalah air tawar yang biasa kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jumlah yang sedikit tersebut, tidak semuanya dapat kita gunakan. Hal ini karena parameter kualitas air menjadi tidak terpenuhi ketika terjadi pencemaran pada air tersebut. Pencemaran jelas terjadi di belahan bumi manapun dan menjadi hal yang biasa.

Meningkatnya penduduk bumi, tentu meningkatkan kebutuhan akan air tawar yang bersih dan layak semakin lama semakin berkurang. Air lain yang sangat mungkin untuk digunakan adalah air laut. Namun, terkadang kita menjadi pesimis, karena air laut memiliki kadar garam yang sangat tinggi, yang dalam banyak hal tidak cocok untuk kehidupan manusia. Misalnya saja, terlalu banyaknya garam akan menyebabkan penyakit manusia menderita tekanan darah tinggi dan stroke. Belum lagi dengan berbagai jenis tanaman yang tidak cocok dengan air yang asin.

Untuk membuat air laut menjadi aman untuk dikonsumsi, maka dibutuhkan pengolahan terhadap air laut tersebut sehingga bisa menjadi air tawar. Salah satu ide brilian yang dilakukan Belanda adalah proses Memstill. Nama Memstill ini diambil dari “Membrane Distillation” yang berarti membran untuk destilasi.

image002
Sumber : http://www.wtholland.nl/English/images/Memstill.gif

Cara kerja Memstill ini adalah dengan memasukan air laut ke inlet lalu mengalirkannya melalui kondensor yang memiliki dinding non-permeabel. Air akan mengalir ke penukar panas, lalu ke evaporator membran. Dinding evaporator adalah membran hidrofobik dengan pori-pori yang berukuran mikro yang dapat berdifusi dengan uap air dan air yang garam terlarutnya tertahan. Hal yang membedakan Memstill dengan membran destilasi lain adalah teknologi pendorong untuk desalinasi adalah perbedaan tekanan uap air, bukan tekanan total yang dihasilkan uap air. Gradien tekanan uap dibuat dengan memanaskan air yang masuk dari inlet tadi.

image004
Sumber : http://www.wtholland.nl/English/images/Memstill.gif

Kelebihan teknologi Memstill ini, salah satunya adalah dari energi yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya. Energi yang dibutuhkan hanyalah panas dari sisa aktivitas industri yang besarnya kurang dari 90oC. Panas tersebut pun banyak didapatkan secara cuma-cuma di dunia Industri. Sehingga, tidak memerlukan biaya untuk mengoperasikannya. Daerah lain yang bukan industri dapat mengoperasikan Memstill ini dengan memanfaatkan panas matahari. Secara ekonomi, hal ini sangat menguntungkan karena Industri ataupun pihak lain yang menggunakan dapat mengurangi biaya energi yang diperlukan untuk mendapatkan air bersih. Kelebihan lainnya adalah dalam teknik pengolahan ini tidak memerlukan bahan kimia, sehingga dipastikan lebih baik untuk kesehatan tubuh. Desain dari konstruksi Memstill ini juga sederhana dan berdasarkan aturan fabrikasi.

Kini, produk yang dihasilkan dari T.N.O (Nederlandse Organisatie voor Toegepast Natuurwetenschappelijk Onderzoek) ini dikembangkan. Lembaga riset yang memiliki sistem non-profit ini mengembangkan Memstill sehingga dapat diaplikasikan pada rumah kaca holtikultura. Air hasil destilasi dari teknologi Memstill ini dianggap lebih bersih karena tidak mengandung zat xenobiotik yang terdapat pada pestisida dalam air irigasi yang terus digunakan berkali-kali tanpa adanya pemurnian. Dengan teknologi ini, 80% air dapat dimanfaatkan kembali dengan kondisi yang telah berkurang pestisida tentunya.

Dengan demikian, melalui teknologi Memstill ini, Belanda tidak hanya ikut dalam memberikan solusi nyata kekurangan air bersih untuk aktivitas manusia sehari-hari, tetapi juga memberikan solusi untuk pertanian yang lebih sehat.

Salt water heals everything –unknown-

Referensi :

http://www.wtholland.nl/English/membraan.htm

http://www.godsdirectcontact.or.id/news/news169/ga1.htm

http://www.keppelseghers.com/en/content.aspx?sid=3023

http://www.hellebrekerstechnieken.com/memstill

https://www.tno.nl/en/focus-area/urbanisation/buildings-infrastructures/tno-a-wealth-of-innovations-for-greenhouse-horticulture/memstill-water-cycle-closure-for-good-irrigation-water/

http://blogs.worldbank.org/opendata/7-things-you-may-not-know-about-water

http://e-journal.kopertis4.or.id/file/Hubungan%20Gaya%20Hidup.pdf