655. Rain(a)way: Rain, Rain, Go Away !!! (FINALIST)

Penulis : INDAH BEATRIS PURBA
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Pergantian iklim dan memasuki musim penghujan? Wah, siap-siap saja segala rutinitas keseharian terganggu. Malas pergi ke kantor atau sekolah, barang bawaan bertambah, jalanan becek, pokoknya rempong deh. Namun, apa jadinya ya jika curah hujan tinggi sepanjang hari? Pasti kita mengkhawatirkan yang namanya banjir. Nah, kalau sudah banjir, argumen saling menyalahkan pun diperbincangkan dimana-mana. Tak heran juga jika pemerintah dan pihak-pihak yang terkait sering dinobatkan sebagai pelaku utamanya.
Wah… kalau sibuk mencari kambing hitam terus, lantas nasib si banjir apa kabar ya?

Well, daripada pusing tanpa memikirkan solusinya ada baiknya kita berkenalan dengan Fien Dekker. Wanita muda lulusan Eindhoven University of Tecnology ini merancang rain(a)way sebagai solusi untuk mengatasi air hujan yang berlebih. Jika kita memikirkan hal yang dilakukan setelah terjadinya banjir, sebaliknya Fien Dekker justru memikirkan inovasi yang dilakukan sebelum terjadinya banjir. Karena innovation is the ability to convert ideas into invoices (L.Duncan).

image002

https://pbs.twimg.com/profile_images/572313693560377344/FptsPg1K_400x400.jpeg

Kenapa bisa begitu ya? Baiklah, berikut penjelasannya. Bermula dari perubahan iklim yang dialami oleh Negara Belanda yang menyebabkan terjadinya hujan lebat. Fien Dekker mengamati bahwa volume air hujan yang banyak tidak sebanding dengan saluran pembuangan air hujan yang telah tersedia. Selokan-selokan khususnya di kota-kota besar seringkali tidak bisa menampung kapastias air yang berlebihan. Akibatnya genangan air dimana-mana dan fatalnya bisa mengakibatkan banjir. Sekarang coba bayangkan jika jalan di perkotaan digenangi oleh air hujan? Pernah tidak kepikiran mau dibawa kemana nasib air yang tergenang di jalanan? Yap.. berkat kreatifitas serta keinovatifan seorang Fien Dekker muncul ide untuk membuat rain(a)way. Rain(a)way adalah sejenis ubin yang terbuat dari bahan keramik beton. Yang fungsi utamanya menampung air hujan, rain(a)way ibarat selokan landai yang dipasang di jalanan umum. Semua langkah yang dimulai dari cetakan, penelitian warna, dan lain-lain telah dirancang baik oleh Fien Dekker. Baginya, kualitas dan nilai estetika sangat penting bagi produk seperti rain(a)way. Rain(a)way khusus dirancang dengan sistem drainase saluran air terbuka. Drainese saluran air terbuka merupakan saluran yang mengalirkan air dengan suatu permukaan bebas. Terinspirasi oleh arsitektur Jepang, sistem ini berfungsi sebagai reservoir publik yang transparan. Sehingga pola dan siklus alami air hujan akan tetap terlihat.

image004

http://www.fiendekker.nl/#rainaway-versie-b

Ubin yang diletakkan di atas permukaan akan menampung air hujan dan selanjutnya melalui berbagai lapisan tanah liat lokal dan kerikil perlahan diserap ke dalam tanah: keindahan siklus alami ini divisualisasikan dalam ruang publik. Ubin juga dapat digunakan untuk memandu air, misalnya, retensi air yang lebih rendah. Selain itu juga rain(a)way didesign khusus untuk melindungi kaki dari genangan air hujan. Air akan mengalir ke ubin sehingga selalu menjaga kaki tetap kering. Dengan prinsip “Keep People’s Feet Dry” membuat pengguna jalan lebih nyaman dalam berjalan kaki. Kalau sudah begini pastinya tidak perlu repot-repot lagi membawa sandal jepit ataupun sepatu boots. Sebab segala jenis sepatu ataupun sandal yang rentan rusak akibat terendam air pastinya aman.

image006

http://www.designacademy.nl/Portals/0/_Icons/FienDekker_Rain%28a%29way_PublicSpace%202014_LisaKlappe_300x1000.JPG

Nah, setelah ada solusi yang ditawarkan oleh Fien Dekker melalui produk unggulannya yaitu rain(a)way, lantas apakah masih kepikiran untuk saling menyalahkan? Selain mencegah terjadinya banjir ternyata rain(a)way berfungsi memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan aktivitas di luar di kala musim penghujan. Ternyata kehebatan seseorang bukan dilihat dari sebagus atau semahal apa barang yang diciptakan. Tetapi seberapa besar manfaat dari suatu barang yang diciptakan. Inilah yang membuat orang Belanda tidak egois. Bandingkan saja bagi kita, sedia payung sebelum hujan adalah persiapan yang wajib saat musim penghujan. Namun bagi Fien Dekker, sedia rain(a)way sebelum banjir adalah persiapan yang lebih wajib di kala datangnya musim penghujan. Itulah inovasi orang Belanda!

Referensi:

http://www.designacademy.nl/EVENTS/Graduation14/Project.aspx?ProjectId=935

http://en.wikipedia.org/wiki/Flood_control_in_the_Netherlands

http://www.fiendekker.nl/

http://www.rotterdam.nl/rotterdamsewereldprimeurmetrainawaytegel

http://www.rotterdamclimateinitiative.nl/en/news/rotterdam-to-launch-the-worlds-first-water-filled-rain%28a%29way-tile?news_id=2163