663. Belanda, dari Jalanan Sampai Vacuum Cleaner (FINALIST)

Penulis : NOVIA RIZKI AMALIA
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Polusi? Hmmmm… Sepertinya kita tak perlu meragukan lagi bagaimana tersohornya kata yang satu ini. Bukan hanya di negara Indonesia, namun juga di seluruh dunia dan tak terkecuali, Belanda! Tapiiii sebelum kita masuk ke sesi pembahasan tentang apa lagi ide kreatifnya Belanda buat dunia, yuk kita awali dulu dengan pembukaan..

Jreng..jreng..

Okaay kita masuk ke perkenalan tentang polusi udara dulu. Diiringi dengan semakin berkembangnya zaman, polusi udara tentu bukanlah suatu hal yang dapat kita hindari lagi keberadaannya, terutama jika kita tinggal di kota-kota besar. Nah apa sih sebenarnya yang disebut dengan polusi itu? Dikatakan polusi udara jika udara tercemar oleh bahan kimia, zat/partikel/bahan biologis lain yang dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup jika menghirupnya. Dampaknya? Banyak! Bukan hanya berbahaya bagi sistem pernafasan kita, polusi udara juga mengganggu kesehatan kulit, meningkatkan tingkat stress emosional, dan bahkan berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan bahwa polusi udara dapat menurunkan fungsi kognitif seseorang dan meningkatkan terjadinya insidensi serangan stroke. Wow!

Data terbaru tahun 2015 menyatakan Belanda berada di urutan ketujuh dalam peringkat World Happiest Coutries yang didasari penilaian terhadap tingkat sosial-ekonomi-kesehatan warganya. Meskipun begitu, sebagai salah satu negara industri maju dan terbesar di dunia, Belanda tetaplah harus menghadapi musuh utama hasil industri majunya: polusi. Pada tahun 1996, negara ini bahkan masuk kedalam daftar salah satu negara dengan emisi karbon dioksida terbesar didunia! Nah, sejak itu orang-orang Belanda berusaha untuk mengurangi emisi karbon melalui gaya hidup mereka yang suka bersepada dan inovasi-inovasi kreatifnya. Salah satunya adalah jalan yang bisa ‘memakan’ polusi udara loh!

Yup, bahkan jalan aja bisa makan polusi ya hihihi. Inovasi ini ditemukan oleh para peneliti dari Eindhoven University of Technology yang hasil penelitiannya dipublikasikan dalam sebuah jurnal tahun 2013. Penelitian ini dilakukan di daerah Hengelo, Belanda, dimana jalan raya dalam salah satu blok disemprotkan suatu zat yang mengandung titanium oksida. Titanium oksida disini dapat menyaring partikel-partikel polutan di udara terutama nitrogen oksida dan merubahnya menjadi partikel yang aman untuk dihirup manusia. Seperti yang kita ketahui, nitrogen oksida merupakan salah satu zat polutan berbahaya yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan dapat menyebabkan keracunan jika terpapar dengan kadar yang tinggi. Melalui penelitian ini didapatkan bahwa ‘jalan si pemakan polusi’ dapat mengurangi kadar nitrogen oksida di udara sampai 45% dalam kondisi cuaca ideal dan 19% setiap harinya.

image001
Hengelo, Netherlands. Siapa sangka jalan dalam suatu blok ini bisa mengurangi polusi udara?

Nah kalau sebelumnya kita bicara tentang jalan, kali ini kita bicara vacuum cleaner. Yup, berkat kreativitas orang Belanda, vacuum cleaner kini fungsinya bukan hanya sebagai penyedot debu, namun juga polusi udara. Ialah Daan Roosegaarde, seorang desainer berkebangsaan Belanda ini sedang mengembangkan sebuah vacuum cleaner yang dapat menyedot polusi di udara. Kuran lebih sama dengan prinsip kerja vacuum cleaner biasa, alat penyedot polusi ini juga didasari oleh prinsip dasar fisika, dimana suatu kumparan tembaga ditanamkan pada dasar vacuum cleaner dan diberikan aliran listrik tenaga rendah sehingga secara mekanik partikel-partikel polusi akan menempel pada dasar dan tadaaaaa.. maka udara akan bebas dari polusi.

image004

Ckckckck, kalau bicara ide kreatif Belanda ini emang ga ada habisnya ya. Sebagai negara yang maju dan disegani, mereka terus saja berusaha untuk menemukan ide-ide briliant baru yang tidak hanya dapat membantu negerinya sendiri, namun juga dunia. Salut!

REFERENSI

http://sehatsatu.com/pengertian-dan-dampak-polusi-udara/

http://www.foxnews.com/health/2015/04/27/air-pollution-may-shrink-brain-study-suggests/

http://www.livescience.com/50614-happiest-countries-list.html

http://www.nationsencyclopedia.com/Europe/Netherlands-ENVIRONMENT.html

http://www.greenoptimistic.com/smog-eating-pavement-purifies-dutch-air-20130711/#.VT5C4SGqqko

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23731840

http://www.theverge.com/2013/10/30/5042534/daan-roosegaarde-vacuum-looks-to-sweep-away-china-smog-in-beijing