665. Bahtera Kehidupan Belanda

Penulis : SYAFRHIZAL WIDYA PUTRANTO
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Apa komposisi terbesar penyusun permukaan bumi kita, apa zat terbesar di dalam tubuh kita, apa yang membuat Belanda begitu mengagumkan pada hari ini. Hanya ada satu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, AIR ! 70% permukaan bumi kita adalah air, 55%-70% tubuh kita adalah air, dan Belanda tampak mengagumkan pada hari ini karena strugle of life mereka terhadap air. Bahkan lebih dari 40% tulisan yang telah terkumpul pada Holland Writing Competition 2015 berelemen air. Tidak dapat dipungkiri air merupakan elemen dasar kehidupan.
Air dan Belanda, bagaikan api dengan asapnya. Mungkin dalam benak kita, Belanda hanyalah negara yang permukaan tanahnya banyak berada di bawah permukaan air. Pada kenyataanya kondisi tanah rendah tersebut membuat semuanya tidak sesederhana presepsi kita akannya. Hingga pada suatu ketika kondisi ini membuat salah satu pria Belanda yang bernama Johan Huiber bermimpi bahwa banjir besar akan menenggelamkan negaranya.

Ia sadar bahwa negaranya rentan akan banjir besar. Dari mimpi dan pikiran tentang banjir tersebut, Johan Huiber memulai proyek besarnya untuk membuat perahu Nuh pada beberapa tahun silam. Namun motif pembuatan perahu Nuh bukan sekadar obsesi mimpi atau misi penyelamatan semata melainkan ia ingin membuat lainnya berpikir tentang eksistensi manusia di bumi.
Buah karya Johan Huiber itu dapat dilihat di salah sudut kota Dodrecht (sebelah selatan Rotterdam). Demi membangun perahu Nuh itu banyak rintangan yang harus dilaluinya. Dari maslaah biaya hingga tantangan lingkungan sekitar. Johan Huiber mengeluarkan biaya yang sepadan dengan ukuran dan bobot perahunya, sekitar 13 miliar rupiah dan uang sebesar itu berasal dari tabungannya sendiri. Cukup gila, bukan?! Pantas saja istrinya sendiri tidak mendukung proyek perahu Nuh miliknya. Belum lagi komentar pedas dari masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar perahu itu berada. Akan tetapi Johan Hubier maju tak gentar menghadapi segalanya untuk mewujudkan proyek besarnya.

image002
perahu Nuh karya Johan Huiber. Sumber : http://inhabitat.com/dutchman-johan-huibers-opens-his-life-size-noahs-ark-to-the-public/

Kini Johan Huiber membuka perahu raksasanya itu kepada khlayak umum. Disana pengunjung bisa melihat hewan berpasang-pasang seperti pada kisah perahu Nuh, meskipun ada beberapa yang hanya dalam bentuk replikanya saja dan jumlahnya yang tidak sama persis dengan kisahnya. Di dalam perahu Nuh tersebut, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lainnya yang ada, seperti bioskop berkapasitas 50 orang dan restoran.

image003
salah satu sudut perahu Nuh. Sumber: http://inhabitat.com/dutchman-johan-huibers-opens-his-life-size-noahs-ark-to-the-public/

Memang saat ini perahu karya Johan Hubiber yang lebih dikenal dengan nama ‘Ark Van Noach’ menjadi objek wisata (untuk informasi lebih lanjut www.arkvannoarch.com – dalam bahasa Belanda). Namun jika dikaji secara fungsional, perahu tersebut mengajarkan bahwa aktivitas manusia dapat dilakukan diatas permukaan air dengan tidak terhalangi oleh jumlah dataran yang ada. Bukankah hal ini yang menjadi ide dasar terciptanya arsitektur terapung (floating architecture) di Belanda, seperti rumah terapung (floating house)-sekolah terapung (floating school)-apartemen terapung (floating apartement) dan lain sebagainya.

Apakah suatu waktu-saat terjadi banjir besar- perahu ini akan menyelamatkan mahluk hidup? Entahlah, setidaknya perahu tersebut telah menginspirasi floating architecture serta menjadi landmark Belanda selain kincir angin dan tulip. Hal penting lainnya yang dapat kita petik dari Johan Huiber adalah selama kita memiliki keyakinan, tidak ada yang tidak mungkin.
Apakaha ada diantara kita akan membuat karya se-fenomenal Johan Huiber? Pesan saya, jangan malas untuk tidur, dengan tidur kita akan bermimpi, namun jangan lupa bangun dari tidur untuk mewujudkan mimpimu.

Referensi :
inhabitat.com/dutchman-johan-huibers-opens-his-life-size-noahs-ark-to-the-public/

http://www.arkvannoach.com/

www.dailymail.co.uk/news/article-2246247/Dutchman-Johan-Huibers-launches-life-sized-Noahs-Ark-replica-Dordrecht.html

http://creation.com/one-man-and-a-vision-johan-huibers-ark-builder-in-netherlands