667. Belanda, Sepeda, dan Elemen Kehidupan

Penulis : Tia Yusnita
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Beberapa waktu lalu saya sempat melakukan survei sederhana dengan mengajukan sebuah pertanyaan kepada orang-orang disekitar saya, yakni ‘Apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata bersepeda?’ Dengan spontan mereka menjawab, olahraga! Meskipun ada juga yang menjawab kesehatan, kendaraan, dan jawaban lainnya.

Begitupun dengan saya, kalau ditanya apa yang pertama kali terlintas ketika mendengar kata sepeda, jawabannya ya olahraga. Tapi lain cerita ketika Belanda yang menjawab. Bagi Negeri Kincir Angin ini bersepeda bukan hanya sekedar tentang olahraga atau kesehatan, tapi lebih dari itu, melibatkan elemen-elemen kehidupan. Bagaimana bisa?

Kini Belanda telah menjadi yang terdepan dalam mengembangkan modal transportasi sepeda. Dari seluruh negara di dunia, Belanda memiliki tingkat penggunaan sepeda tertinggi yaitu hingga 27% dari total perjalanan yang ada. Jauh unggul di atas Denmark dan Jerman. Bahkan uniknya, jumlah sepeda di Belanda sebesar 18.000.000 bahkan melebihi jumlah penduduknya yang hanya 16.400.000 jiwa. Hal ini juga membantu pengurangan polusi udara. Luar biasa bukan? Darisini lah Belanda mengoptimalisasikan fungsi jalur sepeda untuk kemudian ‘disulap’ menjadi salah satu sumber energi listrik.

Pembangkit listrik ini dibuat dengan melekatkan kristal silikon sel surya pada beton dan dilapisi kaca anti pecah setebal 1 cm dengan posisi sedikit miring kesetiap sisi yang akan membuat permukaan jalur sepeda tetap bersih jika terkena air hujan. Jalan sepanjang 230 kaki yang terbentang di sebuah kota bernama Krommenie ini nantinya akan menyerap energi matahari, untuk kemudian dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan tenaga listrik warga kota sekitar, dari mulai lampu jalanan dan lampu lalu lintas hingga kebutuhan rumah tangga warganya. Jalur sel surya ini akan diperpanjang menjadi 100 m pada 2016, sehingga akan menambah daya listrik yang dihasilkan.

image001
Sumber Gambar : http://bikestreak.com/belanda-membangun-jalur-sepeda-berteknologi-sel-surya/

image002
Sumber gambar : http://pewartaekbis.com/wow-belanda-punya-jalan-penyerap-energi-matahari/10490/

Bersepeda mendatangkan banyak keuntungan bagi Belanda. Selain menyehatkan dan mengurangi polusi, juga membantu dalam optimalisasi elemen kehidupan khususnya energi matahari. Dan satu poin plus lagi menurut saya, dengan begitu seluruh masyarakat diajak untuk turut berperan aktif dalam optimalisasi elemen penting kehidupan. Semakin banyak masyarakat yang bersepeda dan menggunakan jalur tersebut, akan semakin banyak pula daya listrik yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga mereka.

Inovasi demi inovasi akan terus dilakukan oleh Belanda demi mempersembahkan karya terbaik untuk bumi yang mereka pijak. Dan bersepeda bukanlah sesuatu hal yang luar biasa sebenarnya, tapi ditangan orang-orang kreatif lah yang membuatnya menjadi sangat luar biasa. Buktinya di Belanda ini. Do simple step for a great life, for a big change!

Referensi :

http://bikestreak.com/belanda-membangun-jalur-sepeda-berteknologi-sel-surya/

http://pewartaekbis.com/wow-belanda-punya-jalan-penyerap-energi-matahari/10490/

https://www.facebook.com/ForumHijauIndonesia/posts/468510769906692