670. Peerby, Mendekatkan Diri dengan Tetangga

Penulis : Ana Falesthein Tahta Alfina
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Salah satu permasalahan hidup tinggal di kota ialah tidak kenal tetangga! Mereka adalah sekumpulan orang-orang sibuk dengan jadwal padat merayap. Sehingga tetangga kanan-kiri seringkali diacuhkan tanpa sadar. Mau memulai menyapa, eh sudah kepalang canggung.

Mereka menjadi asing satu sama lain. Bertemu nyaris setiap hari namun tidak tahu nama. Dekat namun jauh. Akhirnya mereka memutuskan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di kontak list ponsel pintar mereka.

Berikutnya, permasalahan sebenarnya datang. Ketika mereka membutuhkan sesuatu untuk suatu acara ataupun suatu kegiatan atau gandengan untuk jalan-jalan namun tak ada satupun teman atau sahabat
yang bisa mewujudkan. Nah, loh! Galau melanda.

Mau mengetuk pintu tetangga, tentu tidak nyaman. Jangankan meminjam barang atau mengajak bepergian ke suatu tempat. Tahu namanya saja tidak.

Beruntung terdapat bangsa Belanda yang peduli dengan keadaan seperti itu. Daan Weddepohl tidak tinggal diam dan langsung mengeksekusinya menjadi sebuah aplikasi. Maka lahirlah, Peerby!

image002

Peerby merupakan sebuah aplikasi ponsel dan website yang memudahkan masyarakat urban untuk saling meminjamkan barang dan berkomunikasi dengan tetangga sekitar mereka. Dengan Peerby, tidak ada
lagi muncul alasan canggung untuk menyapa tetangga kanan-kiri. Jaringan Peerby membantu mengudarakan berbagai kebutuhan antar tetangga.

Selain itu, Peerby juga membuat pengeluaran menjadi jauh lebih hemat. Tidak perlu keluar ongkos membeli barang baru. Tidak perlu menambah polusi udara demi meminjam barang ke rumah saudara atau teman di daerah nuh jauh di sana. Dan yang paling penting ialah, galau karena tidak punya teman bisa disingkirkan dengan mudah.

image004

Peerby secara tidak langsung membuat masyarakat urban menjadi berkomunikasi. Tidak melulu menjadi generasi penunduk yang kerap memelototi layar. Peerby mendekatkan orang-orang yang sebelumnya memang berada dekat di sekitar mereka. Namun mereka abaikan karena tuntutan gaya hidup dan lingkungan.

Sejak websitenya diluncurkan pada tahun 2012. Peerby dengan cepat bisa menjangkau 100.000 anggota aktif dan lebih dari 4000 objek yang bisa dipinjam dalam kurun waktu di bawah 30 menit. Pada tahun 2014, Peerby juga memenangkan penghargaan sebagai ‘best new urban app’. Mengalahkan para pesaingnya yang berasal dari negara-negara di seluruh penjuru dunia. Peerby memiliki komunitas
yang tersebar di Belanda, Belgia, London, Berlin, dan beberapa kota di US.

Nah, lalu bagaimana cara mengakses dan menggunakannya? Caranya cukup mudah. Siapapun kalian, khususnya yang tinggal di kota, bisa mendatar langsung di website atau mengunduhnya terlebih dulu di Playstore. Setelah terdaftar dan memasukkan alamat, maka Peerby akan membuka jaringan dengan tetangga sekitar kalian. Permasalah selesai.

Ketika membutuhkan barang atau teman bermain, tinggal menuliskannya di Peerby. Maka tetangga yang letaknya tidak jauh dari jaringan tempat tinggal kalian, akan merespon dan memberikan solusi.

image006

Cukup mudah bukan?

Konon, kata pepatah populer di antara orang Belanda. ‘better a good neighbour than a far friend.’

Permasalahan ini terlihat sepele. Cenderung diabaikan. Namun bangsa Belanda kerap menemukan celahnya untuk berinovasi dan melakukan perbaikan terhadap lingkungan di sekitarnya.
Secara tidak langsung, Peerby mengajarkan kita tentang dua hal. Pertama, bahwa hidup bertetangga menjadi sangat penting. Terlebih di zaman ketika bertatap muka dan berkomunikasi menjadi peristiwa yang semakin langka. Kedua mengenai inovasi, bahwa banyak sekali permasalahan di sekitar kita yang sebenarnya bisa dijadikan inspirasi untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Referensi Tulisan dan Gambar

http://www.iamsterdam.com/en/business/invest/who-is-here/peerby

https://www.youtube.com/watch?v=ysBLrBahcI0

http://techcrunch.com/2013/09/29/peerbys-local-lending-app-is-ready-to-help-neighbours-participate-in-the-sharing-economy/

http:///cities/2014/jun/19/appmycity-winner-peerby-brings-small-town-sharing-to-big-city-life

http://www.theguardian.com/cities/2014/may/21/best-city-app-competition-appmycity-final-three

startupjuncture.com
blog.peerby.com