676. Jangan Remehkan Negara Yang Dipenuhi Keterbatasan, Belanda Buktinya!

Penulis : Desi Permatasari
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Belanda terletak pada muara sungai yang rata dan rendah, seperempat tanahnya berada di bawah permukaan tanah. Karena lokasi tersebut, Belanda mampu memiliki pengetahuan lebih dalam pengelolaan air. Meskipun air adalah sumber kehidupan, tetapi bangsa Belanda berjuang menaklukan air hingga mampu menempati daratan Belanda. Sebuah pepatah yang disebutkan oleh Rene Descartes “God created the world, but Dutch created Holland” yang artinya Tuhan menciptakan bumi, tetapi orang Belanda lah yang menciptakan daratan Belanda. Hal itu menggambarkan bagaimana bangsa Belanda mampu bertahan hidup di lingkungan yang ekstrim. Berjuang mengeringkan daratan yang tergenang air sehingga menjadi pemukiman yang layak di tempati bangsa Belanda untuk menjalani kehidupan. Secara geografis, Belanda memiliki luas wilayah 41.528 km2 , sepertiga terletak dibawah tinggi permukaan laut. Ketinggian terendah yang dimiliki sebesar 6,76 meter dibawah permukaan air laut. Jika dilihat Belanda hanya Negara kecil dibandingkan Indonesia. Apa yang bisa dibanggakan dari Belanda? Negara yang tak jarang digenangi air? Negara yang berjuang untuk bisa hidup di daratan Belanda tanpa tergenang air? Atau kondisi alam yang tidak menguntungkan yang bisa dibanggakan?

Belanda pernah dilanda banjir yang sangat parah di masa lalu, yang membuat banyak korban jiwa berjatuhan akibat kejadian buruk tersebut. Masih terlintas dipikiran rakyat Belanda tentang pengalaman buruk yang menimpa Negara nya. Sehingga membuat mereka memahami pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan berusaha hidup berdampingan dengan alam untuk melindungi diri dan meneruskan kehidupannya. Kondisi alam yang tidak menguntungkan menjadikan rakyat belanda berjuang menaklukan air agar tetap dapat bertahan di daratan. Lalu, Apa yang membuat Belanda mampu menjadi Negara maju? Apa yang dilakukan Belanda sehingga dipandang unggul di mata dunia?

image002
Kincir Angin di Belanda

http://antsbigprojects.blogspot.com/2013/04/kincir-angin-adalah-simbol-kepemimpinan.html

Sejak dulu sampai sekarang Belanda menjadi salah satu Negara unggul dalam bidang inovasi-inovasi pengelolaan air dan lingkungan. Belanda juga terdapat banyak bendungan yang dibuat untuk memproteksi daratan dari luapan air laut dan sungai. Inovasi yang dilakukan Belanda dengan menerapkan sistem reklamasi lahan melalui sistem polder untuk mempertahankan Belanda dari ancaman banjir dan pasang surut. Sistem polder dikembangkan Belanda pada abad ke-11 dengan adanya yang bertugas untuk menjaga level ketinggian air serta melindungi daerah dari banjir. Kemudian sistem polder dikombinasi dengan penggunaan kincir angin untuk memompa air keluar dari bawah permukaan air laut. Meningkatnya pembangunan sistem hidrolik inovatif di Belanda menjadikan polder dan kincir angin semakin identik dengan Negeri Belanda.

image004
Sistem Polder di Rotterdam, Belanda

http://www.kaskus.co.id/thread/5305a96c118b4658338b4629/pengelolaan-sistem-polder-untuk-penanganan-banjir-rob-di-semarang/

Belanda menjadi Negara yang terbukti dapat survive dengan segala keterbatasannya, rakyat Belanda hidup di bawah permukaan laut tetapi mereka mampu membuktikan bahwa Negara nya unggul dalam tata kelola air. Tanpa sumber daya yang berlimpah seperti Indonesia, namun Indonesia harus belajar dari Belanda dalam pengelolaan air. Keunggulan Belanda tidak hanya dibuktikan dengan sistem pertahanan airnya. Keunggulan tersebut terletak pada sumber daya manusia yang menciptakan inovasi-inovasi untuk menjaga kesejahteraan bangsanya agar tetap dapat hidup di daratan Belanda. Bangsa yang maju dan unggul adalah bangsa yang terlahir dari sumber daya manusia yang menyadari keutamaan kesejahteraan rakyat demi keberlangsungan hidup dan kehidupannya, tak lupa juga membagi ilmu dengan bangsa lain agar dapat bersama-sama menjadi Negara yang unggul dimata dunia.

Negara yang tak pernah berhenti melahirkan inovasi-inovasi baru dan perjuangannya melawan banjir yang terus menerus melanda Belanda. Lebih dari ratusan kali air ancaman banjir tersebut menghampiri Negara dengan ciri khas bunga tulipnya. Pemerintah Belanda membuat Proyek Delta (Delta Works/ Deltawerken), yang dimaksud dengan pembangunan infrastruktur polder strategis untuk menguatkan pertahanan dari serangan banjir. Proyek Delta ini akan mengurangi resiko banjir di South Holland dan Zeeland untuk sekali per 10.000 tahun. Meskipun Proyek Delta telah selesai dibangun, ancaman banjir dan kenaikan muka air laut akibat perubahan iklim masih ada, hal tersebut mendorong Belanda untuk lebih menyempurnakan sistem poldernya. Perjuangan Belanda dalam menaklukan air tak pernah berakhir, kondisi demikian yang membuat rakyat makin bersemangat membangun inovasi-inovasi, inovasi tersebut yang juga memotivasi Negara lain. Belanda seperti Negara yang tak pernah kehabisan ide untuk berinovasi.

image005
Proyek Delta (Delta Works/ Deltawerken)

http://raisamelia.blogspot.com/2013/05/belanda-berhasil-taklukkan-banjir.html

Proyek Delta dikonstruksi hampir selama 5 dekade dan menjadi salah satu upaya pembangunan terbesar dalam sejarah peradaban manusia. American Society of Civil Engineers pun menetapkannya sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern. Pencapaian tersebut dirasakan bahwa semangat berinovasi bangsa Belanda sangat tinggi. Alternatif dalam pengelolaan air dengan mempertimbangkan dan menyeimbangkan kepentingan rakyat, juga untuk mencegah banjir dan melindungi area ekologis berharga. Perlunya pemerintah mengoptimalkan sistem polder dengan memasang tanggul pengaman untuk kawasan rendah dan mengembangkan drainase di perkotaan yang masih memiliki gravitasi, guna mengurangi kawasan banjir akibat genangan. Sistem polder mampu mengendalikan banjir dan akibat dari hulu, hujan setempat dan naiknya muka air laut. Sampai saat ini Belanda masih terus mengembangkan inovasi dalam berbagai bidang, hal tersebut menjadi prioritas pemerintah Belanda. Dengan ciri khas bangsa Belanda yang dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan optimal dan mereka mampu memanfaatkan kondisi kurang beruntung itu dengan baik melalui reklamasi tanah melalui air. Keberhasilannya dalam keterbatasan itu telah terbukti di dunia internasional. Perlunya berguru dengan Negara kecil tersebut yang berhasil dalam pengelolaan air.

Referensi :

http://www.nesoindonesia.or.id/tinggal-di-belanda/tentang-belanda

http://miramarsellia.com/2010/04/28/belanda-di-mata-dunia-inovasi-dari-masa-ke-masa/

http://anggunsugiarti.blogspot.com/2012/02/belajar-dari-sistem-polder-negera.html

http://edukasi.kompas.com/read/2015/03/05/02461531/Perlu.Belajar.dari.Belanda.Negara.yang.Tak.Ada.Apa-apanya.