679. Solaroad: Jalan Bersinar ke Masa Depan

Penulis : Laila Rahmawati
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

image002
Sumber: iflscience

Berjalan di bawah sinar matahari adalah hal biasa. Bagaimana dengan berjalan di atas sinar matahari? Tidak, mungkin lebih tepatnya bersepeda di atas sinar matahari. Bagaimana rasanya? Tanyakan itu pada penduduk Krommenie dan Wormerveer. Bagi mereka, itu bukan lagi khayalan atau bualan sejak lima bulan lalu.

Permulaan November 2014, sepenggal jalan khusus pesepeda sepanjang 70 meter yang membentang menghubungkan Krommenie dan Wormerveer, dua daerah suburban di Belanda, diresmikan oleh pemerintah setempat. Jalan itu bukan jalan biasa. Bukan aspal atau beton yang menjadi material pembentuk jalan itu, melainkan panel surya berbahan silikon yang dilapisi kaca bening setebal 1 cm. Solaroad, begitu namanya, menjadi jalan umum bertenaga surya pertama di dunia. Ya, selain menjadi tempat lalu lalang pesepeda, jalan tersebut juga menyerap energi matahari yang kemudian bisa digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan.

Setidaknya, sekitar dua ribu pesepeda melintasi Solaroad dalam sehari, mulai dari anak sekolah hingga pekerja penglaju. Awal Februari lalu, berdasarkan akun twitter resmi Solaroad, @SolaRoadNL, jalan bertenaga surya tersebut telah dilewati lebih dari 100.000 pesepeda.

Ketika Indonesia masih dihadapkan dengan masalah perbaikan jalan dan peningkatan jumlah kendaraan bermotor, Belanda sudah nyaman dengan budaya bersepedanya berikut jalur khusus pesepeda. Ketika kita masih disibukkan dengan tambal aspal di sana-sini, Belanda sudah mencoba menerapkan Solaroad. Ketika jalanan kita menyumbangkan emisi karbon ke udara, Solaroad Belanda memberikan 350 kWh energi listrik untuk kebutuhan negara. Ketika aspal memberikan dampak pencemaran pada tanah yang ada di bawahnya, Solaroad tidak demikian dan itulah yang dimaui Belanda.

Proyek kolaborasi antara organisasi riset TNO dan pemerintah Provinsi Belanda bagian utara tersebut diperkirakan akan selesai seutuhnya pada 2016. Pada saat itu, panjang Solaroad akan bertambah 30 meter. Dengan panjang 100 meter, Solaroad digadang-gadang dapat memenuhi kebutuhan energi tiga rumah tangga selama setahun atau setara dengan energi sebesar 50 kWh/m2 per tahun. Sebagai jalan, panel surya Solaroad dipasang sejajar dengan tanah, tidak mengikuti posisi matahari, seperti panel surya pada umumnya yang dipasang di atap rumah. Hal itu menyebabkan kemampuan Solaroad dalam menyerap energi 30 persen lebih rendah daripada panel surya biasa.

Setelah Solaroad Krommenie-Wormerveer ini selesai, Belanda tidak akan berhenti sampai di situ. Menurut Sten de Wit, salah seorang penemu Solaroad, seperti dilansir dalam laman The Guardian, 20 persen dari 140.000 km jalan yang ada di Belanda berpotensial untuk menjadi jalan bertenaga surya. Mereka juga telah menguji bahwa panel surya mampu menahan beban kendaraan berat semacam traktor. Jalan bertenaga surya nantinya diharapkan mampu memproduksi energi untuk keperluan transportasi, mulai dari operasional lampu lalu lintas, lampu jalan, hingga mobil elektrik.

Ide mengenai proyek senilai 3,5 juta Euro itu mulai muncul pada 2009 saat sesi brainstorming di kalangan TNO. Proyek ini kemudian diklaim sebagai salah satu contoh sukses dari perkawinan antara bisnis komersil, kebutuhan publik, dan institusi riset. TNO sebenarnya bukan yang pertama dalam hal Solaroad ini. Sebelumnya, dua insinyur Amerika telah menemukan gagasan jalan bertenaga surya. Melalui perusahaan mereka, Solar Roadways, mereka mendapat kontrak dari Federasi Administrasi Jalan Amerika Serikat untuk membuat prototipe jalan bertenaga surya pada 2009 silam.

Referensi

http://www.theguardian.com/environment/2014/nov/05/worlds-first-solar-cycle-lane-opening-in-the-netherlands

http://totalworldenergy.net/solar-power-in-the-solaroad/

http://www.npr.org/blogs/thetwo-way/2014/11/10/363023227/solar-bike-path-opens-this-week-in-the-netherlands

http://inhabitat.com/the-netherlands-to-pave-roads-with-solaroad-solar-panels/amsterdam-solar-lane-5/

http://www.iflscience.com/technology/worlds-first-solar-cycle-path-installed-amsterdam

http://www.twitter.com/SolaRoadNL

http://m.hufftpost.com/ca/entry/6147094