681. Amfibus : Cara Lain Menjelajahi Negeri Tulip

Penulis : ACHMAD FATHONI WIBOWO
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image002
Sumber: www.splashtours.nl

Menjelajahi Negeri Tulip memang tak ada habisnya. Keindahan gedung – gedung tua yang bersanding dengan kemegahan gedung – gedung modern pencakar langit, dan dihiasi kanal – kanal membuat siapa saja ingin mengeksplor lebih jauh negeri ini. Letaknya yang berada di bawah permukaan laut membuat negeri ini
terasa sangat spesial. Tak mengherankan banyak inovasi – inovasi baru yang berasal dari negeri ini.

Banyak bendungan (dam) yang dibangun untuk mengatasi letak Belanda yang berada di bawah permukaan laut sejak abad ke 13. Seiring pesatnya pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi, daerah dam yang dulunya padat penduduk pun kini berubah menjadi kota besar. Sebut saja dam di Sungai Amstel (Amsterdam) atau dam di Rotte (Rotterdam). Dua kota menawan yang memiliki 1001 keindahan, membuat siapa saja yang mengunjunginya betah berlama – lama berada di sana.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menikmati keindahan Kota Amsterdam dan Rotterdam. Bersepeda santai, berjalan sambil menikmati udara yang sejuk, atau merasakan romantika menyusuri kanal dan sungai dengan berperahu.

Banyaknya kanal dan sungai yang terletak di Kota Amsterdam dan Rotterdam tak menyulitkan masyarakat untuk berinovasi. Mereka justru jeli melihat potensi yang dimiliki Amsterdam dan Rotterdam. Sejak tahun 2010, di Kota Rotterdam, terdapat kendaraan jenis baru pertama di dunia yang disebut Amfibus. Amfibus atau juga dikenal dengan Amphibious Bus atau bus amfibi.

image004
Sumber: www.floatingdutchman.nl

Bak kendaraan amfibi militer, kendaraan ini bisa berjalan di darat maupun di air. Pihak pengelola, Splashtour, membandrol paket perjalanan wisata mengelilingi kota Rotterdam melalui Sungai Maar ini seharga € 24,50 – € 37,80 untuk dewasa, dan € 16,50 – € 26,10 untuk anak – anak. Seakan tak mau kalah dengan Rotterdam, di tahun 2011, Amsterdam juga memiliki Amfibus yang dikelola oleh Floating Dutchman. Menyusuri sungai Amstel, melewati jembatan “Magere Burg”, melihat keindahan Royal Theatre Carre, dan menengok kemegahan City Hall dapat diperoleh dengan merogoh kocek sebesar € 22,00 untuk dewasa, dan € 17,00 untuk anak – anak.

Aman? Tentu. Nyaman? Sudah pasti. Didesain serupa dengan bus umumnya yang memiliki 40 hingga 50 kursi, sehingga tak perlu khawatir berdesak – desakan. Air sungai yang bersih, udara yang sejuk, ditambah dengan kehangatan mentari musim panas akan menyempurnakan perjalanan wisata di Gerbang Eropa ini. Pemerintah pun tak mau ketinggalan menyikapi ‘fenomena’ kendaraan amfibi ini. Dinilai potensial, kedepannya Amfibus akan dijadikan transportasi umum yang unik.

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Amfibus

http://en.wikipedia.org/wiki/Flood_control_in_the_Netherlands

http://www.floatingdutchman.nl

http://www.splashtours.nl