695. ‘Glow in the Dark’ Di Jalan Tol.

Penulis : Ilmiyatin Nurmalichatin
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

image002

Di saat orang Indonesia ataupun penduduk bumi lainnya memanfaatkan glow in the dark sebagai penghias kamar, tongkat konser, atau bahkan penerang sekadarnya, para innovator teknologi di Belanda sudah menggunakannya untuk menerangi jalan tol. Fungsinya? Agar para pengguna jalan raya dapat melihat jalan dengan lebih jelas ketika tak ada lampu jalan.
Sebut saja ‘Glow in the Dark di jalan tol’

Perkembangan Glow in the Dark terbilang cepat, ada tiga inovasi yang ditangakan dari glow in the dark.
Ide pertama: penunjuk arus laju pada jalan tol.

image004

Apa itu?
Glow in the dark adalah penanda jalan yang dapat mengeluarkan sepercik sinar pada malam hari. Ketika kendaraan sedang melintasi jalan raya, maka glow in the dark akan menyala dengan otomatis, sebaliknya akan redup kembali ketika tak ada kendaraan yang lewat. Penemuan ini akan menjadi alternative inovasi karena sangat berguna diterapkan di daerah yang minim cahaya dan sentuhan elektronik untuk memasang lampu jalan.

image006

Glow in the dark di jalan raya ini mulanya digagas oleh seorang innovator kondang dan juga seorang seniman sohor dari Belanda, tujuan mereka awalnya hanya sebuah projek kecil yang membantu pengendara agar tak bingung dengan jalan yang mereka lalui pada malam hari.

Hal unik tersembunyi?
Glow in the dark dibuat dari cat pencerah (enlightening paint) yang dapat bercahaya hanya pada malam hari. Cat tersebut dikembangkan kembali menjadi cat yang dapat menyerap cahaya di siang hari dan mengeluarkannya pada malam hari, singkat kata, seperti di charge di siang hari sebelum digunakan di malam ini. Bahkan meskipun saat mendung pun, cat ini masih dapat mengambil cahaya matahari yang hanya keluar sedikit saja. Tak hanya sangat konvensional, gagasan glow in the dark yang akhirnya terealisasi ini juga sangat artistik.

Ide kedua: wind light

image008

Apa itu?
Wind light adalah sekumpulan baling-baling mungil yang dipasang di jalan raya. Ketika sebuah kendaraan melewati jalan raya yang dipasang wind light, baling-balingnya akan bergerak karena hembusan angin kencang yang dihasilkan kendaraan saat bergerak. Akibatnya, cahaya pun dapat dimunculkan karena energi tersebut ketika kendaraan itu menghembuskan udara kencang mereka pada baling-baling itu. Kemudian ketika kendaraan tersebut sudah lewat, maka wind light akan otomatis menyimpan energi udara yang disimpan melalui pergerakan baling-baling mungil itu.

Ide ketiga: ‘glow in the dark’ snow

image010

Apa itu?
Glow in the dark snow bercahaya hanya ketika jalan sedang licin. Tentu saja fungsinya sebagai pengingat untuk para tetangga agar lebih berhati-hati ketika jalan raya tergenang air.
Ide yang ketiga tentang pemasangan glow in the dark adalah dengan mengaplikasikan sebuah cat khusus yang dapat menyala dalam gelap, namun memiliki fungsi yang berbeda. Jika cat yang digunakan untuk ide pertama, glow in the dark yang ini hanya dapat memunculkan ‘lampu’nya ketika jalan raya sedang basah dan hilang lagi setelah kering. Cat dinamis adalah jenis cat yang dipilih agar fungsinya lebih dinamis dari ide pertama dan ketiga.

Penemuan glow in the dark ini dimaksudkan agar bermanfaat untuk perkembangan teknologi modern yang memanfaatkan energi alam, yaitu udara dan matahari..

Sumber:
www.youtube.com. Smart, Glowing (and Artistic) in Netherlands
www.euronews.com/hi-tech