698. Stella Sang Penyelamat Udara

Penulis : Yosefin Retno Anggraeni
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Apakah yang terlintas di benakmu saat mendengar kata Stella? Apakah langsung terbayang wajah rupawan seorang teman perempuan dengan nama tersebut atau malah sebuah mobil bertenaga surya? Saya rasa sebagian besar orang akan langsung menjawab hal yang pertamalah yang muncul di pikiran mereka. Tenang saja itu wajar kok, saya pun sebelumnya tidak tahu menahu mengenai keberadaan mobil ini, hingga suatu hari saya tidak sengaja menemukan artikel yang dipost teman di Facebook mengenai mobil tersebut. Setelah selesai melahap artikel tersebut saya membayangkan semua mobil berbahan bakar fosil digantikan dengan mobil yang bertenaga energi terbarukan. Tentu akan nyaman sekali udara untuk bernapas jika polusi karena asap kendaraan motor dapat menurun drastis! Kualitas udara dapat membaik dan timbulnya penyakit akibat ISPA pun dapat ditekan. Selain itu, ongkos untuk bahan bakar kendaraan pun tidak akan membuat sakit kepala karena matahari bersedia memberi tenaganya dengan gratis tanpa biaya terselubung.

Mobil Stella dikatakan sebagai mobil keluarga bertenaga surya pertama di dunia dan telah menyabet berbagai penghargaan, yang terbaru adalah Annual Crunchies Award yang disebut-sebut sebagai piala oscarnya bidang teknologi. Penghargaan ini dianugerahi oleh dua situs teknologi terkemuka yaitu Venture Beat dan TechCrunch. Stella berhasil memenangkan kategori Pengembangan Teknologi Terbaik padahal pesaingnya di kategori tersebut cukup kuat di antaranya perusahan-perusahaan besar seperti European Space Agency (ESA), Apple, SpaceX, dan lainnya.

image004

image002
Gambar 1. Mobil Stella (kiri), Interior dalam mobil (kanan)
(sumber: Todd Woody)

Sangat luar biasa bukan? Tentunya Anda akan lebih kagum lagi jika tahu bahwa mobil tersebut bukanlah hasil produksi sebuah pabrik mobil yang mewah dan terkenal seperti BMW ataupun Mercedes-Benz melainkan merupakan buah karya mahasiswa dari Universitas Teknologi Eindhoven Belanda! Mereka tergabung dalam sebuah tim yang bernama Solar Team Eindhoven. Tim tersebut terdiri atas 22 mahasiswa yang berasal dari berbagai disipin ilmu. Pada tahun 2013 silam, mereka bekerjasama untuk membangun mobil impian mereka. Visi mereka adalah ingin menciptakan mobil masa depan dan mengubah paradigma berkendara yang lama. Mereka yakin bahwa pemanfaatan tenaga listrik memiliki masa depan yang cerah. Selain itu, mereka ingin membuat mobil bertenaga surya yang bukan hanya dapat dinaiki lebih dari satu orang saja seperti mobil-mobil tenaga surya pada umumnya. Alhasil, mereka mendesain Stella sebagai mobil keluarga berkursi empat. Di bulan Oktober tahun ini tim Stella akan kembali bersaing dalam Bridgestone World Solar Challenge 2015. Mari kita doakan semoga mereka bisa menang!

Adapun mobil Stella ini memiliki berat 402 kg, lebar 1,5 meter, tinggi 4,6 meter, menggunakan baterai lithion-ion 15-kWh dan desain yang sangat aerodinamis. Namun, mobil ini bukanlah untuk balapan karena kecepatan maksimumnya hanya 120 km/jam. Yang membuat mobil ini unik selain menjadi mobil keluarga pertama yang bertenaga surya ia juga dapat menjadi sumber energi karena panel surya di atapnya dapat menghasilkan energi dua kali lipat yang dibutuhkannya untuk berjalan sehingga kelebihan energi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik nantinya. Kemampuan ini berasal dari sistem energi photovoltaicnya. Mobil ini mampu berjalan sejauh 805 km dengan hanya satu kali isi ulang.

image006
Gambar 2. sel photovoltaic
(sumber: getty images)

Lalu bagaimana halnya dengan generasi muda Indonesia? Tentu kita tidak mau kalah dong dengan para anak muda Belanda yang mampu berinovasi dan membantu menyelesaikan masalah polusi udara dan krisis energi. Menurut saya, kita semua pasti memiliki bakat, minat dan kemampuan yang unik sehingga kontribusi kita mungkin tak akan sama satu sama lainnya. Oleh karena itu, mari terus bersemangat menuntut ilmu dan membangun Indonesia bersama-sama. Tidak usah khawatir masih banyak kok nama-nama cantik lainnya yang bisa kita gunakan untuk menamai inovasi kita nantinya seperti Rosa, Olivia, Gwen, #ehsalahfokus hehe.

Sumber:
http://www.technologist.eu/solar-powered-family-car-stella-wins-oscar-for-technology/ (diakses pada 26 April 2015)
http://www.solarteameindhoven.nl/project/vision/ (diakses pada 26 April 2015)
http://www.takepart.com/article/2014/09/22/take-ride-solar-powered-electric-car-goes-500-miles-charge (diakses pada 26 April 2015)
http://techcrunch.com/2015/02/05/stellas-solar-car-wins-the-crunchie-for-best-technology-achievement/ (diakses pada 26 April 2015)
http://cleantechnica.com/2014/09/17/solar-powered-car-netherlands-us/(diakses pada 26 April 2015)