701. AIR SEBAGAI PENGKOKOH NEGARA BELANDA

Penulis : Andias kiki giovanny
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image001
gambar: elemen air
Sumber: https://www.ceriwis.com/lounge/25799-4-elemen-penting-di-bumi-bagi-makhluk-hidup/

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini dibumi, tetapi tidak diplanet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil) tersedia di bumi. Penempatan Air sebagian besar terdapat di laut / air asin dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air dan lautan es, Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, muara, sungai) menuju laut.

Air yang bersih sangat penting bagi kehidupan manusia dan alam sekitar, Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Tetapi tidak dengan Belanda, negara yang disebut-sebut sebagai wilayah yang letak geografis nya sebagian besar berada dibawah permukaan air laut. Hal itulah yang digunakan oleh Belanda untuk mengkokohkan negaranya.

Belanda termasuk salah satu negara tua, karena secara resmi lahir pada 1581. Bentuk negara nya bukan republik melainkan monarki konstitusional, dengan kepala negara seorang raja dan ratu.
Orang belanda termasuk kelompok manusia yang sangat rajin, pintar,ulet dan terbuka. Sedangkan, kepala pemerintahan dipegang oleh seorang perdana menteri.

Belanda terletak di wilayah Eropa Barat. Di sebelah timur berbatasan dengan Jerman, Selatan dengan Belgia dan untuk bagian utara dan barat dibatasi oleh Laut Utara. Sejak pertama kali warganya tinggal di wilayah tersebut, mereka sadar sedang mendiami daerah yang tidak normal. Hampir seluruh wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Rata-rata sekitar 1 meter di bawah laut. Bahkan, salah satu wilayahnya lebih rendah 7 meter dibanding laut. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan penduduk Belanda menjadi bermusuhan dengan air, terutama ketika musim penghujan tiba. Air yang melimpah dan didukung kondisi topografis yang berada di bawah permukaan laut menyebabkan Belanda berlangganan banjir hampir setiap tahunnya.

Orang Belanda sangat terbiasa berinteraksi dan bekerja sama dengan orang-orang dari negara lain dari seluruh dunia. Beragamnya budaya menyebabkan Belanda menjadi negara pertemuan ilmu pengetahuan, ide-ide, dan budaya dari seluruh dunia. Walaupun Belanda adalah bahasa utamanya, tetapi mayoritas masyarakatnya dapat berbicara denga bahasa Inggris dan mampu berbahasa asing lainnya, seperti Jerman atau Perancis.

Belanda adalah negara ‘self-service country’. Ini berarti bahwa masyarakat Belanda berusaha untuk mengatur semuanya sendiri, yang membuat mereka sangat mandiri dan teratur. Satu hal lain yang membedakan masyarakat Belanda adalah mereka terbuka dan berterus terang dalam sikap dan bicara.
Dalam hal inovasi, Belanda berada di atas rata-rata 27 anggota Uni Eropa. Ini menunjukkan bahwa Belanda merupakan negara papan atas di Uni Eropa, bahkan di dunia baik dari segi inovasi maupun ekonomi.

Berbicara tentang inovasi, sebetulnya sangat banyak inovasi yang telah dibawakan Belanda, salah satunya adalah inovasi belanda dengan air. Karena air adalah masalah akar yang memacu kreatifitas dan inovasi bangsa Belanda untuk melindungi dan mempertahankan negaranya.

image003
gambar: Delta work
Sumber: https://kompetiblog2013.wordpress.com/2013/05/07/198

Delta Works dapat dikatakan sebagai awal mula lahirnya teknologi pengelolaan air di Belanda yang dikenal hebat. Proyek tersebut merupakan proyek raksasa pembangunan tanggul penahan gelombang laut. Proyek yang berlangsung hingga berpuluh tahun ini dimaksudkan untuk melindungi area yang luas di barat daya Belanda dari hempasan air laut di sebelah utara sehingga air yang akan memasuki Belanda menjadi tertahan di bendungan yang dibangun di mulut-mulut sungai.

Setelah beberapa tahun pematang raksasa yang merupakan bukit-bukit pasir itu ditumbuhi oleh rerumputan dan belukar, juga berbagai pohon. Sehingga bukit-bukit tersebut kuat dan kokoh dari terjangan ombak, banjir oleh air laut dan tidak terjadi longsor. Sedangkan pada danau dan rawa-rawa yang dikeringkan, lahan yang sudah kering oleh adanya air, diolah untuk lahan pertanian mereka, jalan-jalan dibangun dan parit dan jaringan digali, serta peternakan dibangun. Pada beberapa dekade berikutnya, pekerjaan selanjutnya pada memanajemen air.

Raja Willem-Alexander adalah seorang pakar manajemen air. Kepakaran dalam bidang manajemen air itu ditunjukkan Willem-Alexander dengan keterlibatannya secara aktif dalam manajemen air baik di tingkatan Belanda hingga dunia. Pada 2000, dia ditunjuk sebagai kepala Komisi Manajemen Air Terintegrasi Belanda. Salah satu kontribusi nyata Willem-Alexander adalah Program Delta yang sukses menyelamatkan Belanda dari dampak perubahan iklim.

image004
Gambar: delta proyek.
sumber: https://mozaicnyaella.wordpress.com/2012/05/15

The Netherlands adalah kerajaan. Nama resmi dari Kingdom of the Netherlands (Kerajaan Belanda). Yang terdiri dari Belanda itu sendiri dan enam pulau Aruba dan the Netherlands Antilles di laut Karibia. Nama resmi dari negara Belanda adalah ‘Nederland’, yang berarti negara berdataran rendah. ‘Rendah’ karena kebanyakan dataran terletak di bawah permukaan laut.
Keterbatasan daratan itu tidak membuat Belanda tinggal diam, Belanda mengeringkan sebagian perairan untuk pemukiman penduduk. Pengeringan Danau Beemster tahun 1612 adalah contoh mengagumkan bagaimana bangsa Belanda “menciptakan” sebagian besar daratan di bagian utara, barat dan barat daya.

image006
gambar : Kincir angin Belanda
Sumber: https://kompetiblog2013.wordpress.com/2013/05/07/198

Belanda membangun banyak kincir selama berabad-abad. Mereka membangun kincir angin untuk menjaga agar drainase tanah ( kecepatan meresapnya air dari tanah) tidak dapat terjadi. Oleh karena itu Belanda yang juga memiliki iklim berangin menggunakan angin melalui kincir-kincir itu untuk melawan air. Pada zaman dahulu kincir itu juga banyak didirikan untuk berbagai keperluan lain yang berkaitan dengan industri. Inilah alasannya mengapa Belanda disebut Negeri Kincir Angin.

image008
gambar: Bunga Tulip
Sumber: sumber: https://mozaicnyaella.wordpress.com/2012/05/15/

Lagi-lagi soal air, seusai banjir besar, campuran lumpur dan pasir mengakibatkan tanah menjadi subur. Hal ini dimanfaatkan orang-orang Belanda untuk membudidayakan bunga tulip. Ratusan ribu turis dari penjuru dunia datang ke flower exhibition di Keukenhof untuk menikmati keindahan tulip, dan bulb flowers lainnya yang terhampar bak permadani.

image010
Gambar: Kota Amsterdam
Sumber: http://log.viva.co.id/news/read/349034–i-amsterdam—slogan-promosi-pariwisata-belanda

image012
Gambar: kanal amsterdam
Sumber: http://gezipgordum.com/amsterdam-kanallari/

Amsterdam, ibu kota sekaligus kota terbesar di Belanda. Pada abad ke-17, meningkatnya imigran, menimbulkan permasalahan karena terbatasnya lahan. Berkat kecerdasan dan kreativitas Bangsa Belanda, dibangunlah tata kota Amsterdam yang memadukan elemen fungsional dan artistik. Jika dilihat dari udara, kanal-kanal Amsterdam membentuk setengah lingkaran terdiri dari kanal Herengracht, Keizergracht dan Prinsengracht di tengah kota. Kanal-kanal ini dimanfaatkan untuk memanjakan turis menyusuri keindahan kota menggunakan water-bus. Pada tahun 2010, prestasi Belanda bertambah dengan terdaftarnya kanal-kanal Amsterdam sebagai World Heritage UNE

Referensi :

https://mozaicnyaella.wordpress.com/2012/05/15/musuh-bebuyutan-yang-membuat-bangsa-belanda-kreatif/

https://www.ceriwis.com/lounge/25799-4-elemen-penting-di-bumi-bagi-makhluk-hidup/

http://angelaolivia.weebly.com/sejarah-negara-belanda.html

http://andikahendramustaqim.blogspot.com/2010/04/belajar-inovasi-dari-di-belanda.html

https://lenidisini.wordpress.com/2010/04/07/belanda-banjir-dan-delta-works/

http://nyongandikahendra.blogspot.com/2015/04/raja-belanda-rajanya-air.html