703. Pertama di Dunia : Jalur Sepeda yang Menghasilkan Tenaga Surya

Penulis : Mochamad Fazar
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Pada episode ke 12 dari seri Cosmos : A Cosmos Space Time Oddysey, Astrophysicist Neil deGrasse Tyson menerangkan berbagai fakta menarik tentang energi di muka bumi. Pada tahun 1878 seorang ilmuwan bernama Augustin Mouchot memamerkan penemuannya yang berupa sebuah pemusat tenaga surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi gerakan mekanis. Energi yang ditangkap oleh pemusat tenaga surya ini dapat menjalankan mesin cetak atau menjalankan mesin pembuat es. Sayangnya setahun kemudian manusia mulai menemukan cara menghasilkan energi yang didapat melalui batubara. Pemanfaatan energi melalui batubara ini berharga sangat murah sehingga penemuan yang dilakukan oleh Augustin Mouchot akhirnya harus terhenti. Alasan lain yang membuat penemuan itu terhenti adalah manusia belum menyadari dampak yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil. Selain itu teknologi pemanfaatan tenaga surya ini merupakan sebuah teknologi baru sehingga belum terlalu banyak orang yang menguasainya.

35 Tahun kemudian di Mesir, tepatnya di tepi sungai Nil, Frank Shuman yang berasal dari Philadelphia membentuk sebuah tim untuk merancang dan membangun serangkaian pemusat tenaga surya. Dia telah menemukan cara praktis untuk memanfaatkan energi matahari pada skala industri sehingga membuat tenaga surya menjadi lebih murah dari tenaga batu bara. Sayangnya setahun kemudian usahanya gagal karena pada saat itu manusia mulai menemukan energi yang lebih murah dari batu bara dan jumlahnya juga sangat berlimpah yaitu minyak. Minyak juga lebih mudah dikeluarkan dari tanah dan diproses daripada batubara. Butuh 100 orang dalam waktu seminggu untuk mengisi kapal dengan batubara tetapi hanya dibutuhkan 1 orang dalam satu hari untuk mengisi kapal dengan minyak. Satu tahun kemudian perang dunia 1 pecah dan menyebabkan pemusat energi surya Frank Shuman didaur ulang menjadi senjata.

Apabila manusia dapat menyerap 1 jam energi matahari yang jatuh ke bumi maka energinya akan cukup untuk dikonsumsi oleh peradaban bumi selama satu tahun. Saat ini konsumsi energi dunia sangat timpang antara satu benua dengan benua lain. Pada tahun 2008 konsumsi energi benua Afrika hanya satu perempat dari konsumsi negeri Amerika Serikat. Maka tak heran apabila benua Afrika masih terpuruk dalam kemiskinan karena mereka tak punya cukup energi untuk mendukung peradaban mereka. Manusia harus memanfaatkan energi matahari semaksimal mungkin karena penyerapan energi matahari tidak mempunyai dampak seperti efek rumah kaca yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil.

Belanda menyadari hal ini, baru-baru ini pemerintah lokal Amsterdam menanamkan panel surya di sepanjang jalan Krommenie. Proyek ini dinamai dengan nama SolaRoad. Jalur Krommenie menuju Wormerveer ini sangat populer bagi anak-anak sekolah dan para pengguna jalan. Diperkirakan sekitar 2000 pengguna sepeda menggunakan dua jalur pulang pergi ini setiap harinya. Pada 12 November 2014 lalu jalur sepanjang 70 meter ini akan menjadi jalan umum pertama di dunia yang ditanamkan panel surya. Jalur ini terbuat dari barisan kristal sel-sel surya yang dibungkus oleh beton dan ditutupi oleh lapisan temper glass. Lapisan anti-selip khusus juga dipasangkan di permukaannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan bagi para pengguna sepeda.

image001
(sumber : http://www.theguardian.com/environment/2014/nov/05/worlds-first-solar-cycle-lane-opening-in-the-netherlands)

Penanaman panel surya di jalur sepeda ini merupakan bentuk inovasi dari panel-panel surya yang biasa disimpan di atap-atap rumah. Hanya jumlah jalan di Belanda jauh lebih besar daripada jumlah atap rumah. Menurut Sten de Wit, seorang ahli fisika yang membantu mengembangkan proyek SolaRoad, di Belanda terdapat 140.000 kilometer jalan dan 25.000 kilometer jalur sepeda di Belanda. Jumlah ini jauh lebih besar dari semua atap rumah jika disatukan. Satu jalur kecil di SolaRoad ini berpotensi memberikan energi listrik terhadap 3 rumah di Belanda. Bayangkan apabila semua jalan di Belanda dapat ditanamkan panel surya ini maka penggunaan energi bahan bakar fosil bisa berkurang dan manusia dapat mengurangi efek rumah kaca terhadap atmosfir bumi.

image002
(sumber : http://www.theguardian.com/environment/2014/nov/05/worlds-first-solar-cycle-lane-opening-in-the-netherlands)

Betapa kita berharap bahwa kita bisa memanfaatkan energi yang bersih ini agar kelak bumi kita dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Saat ini dengan tingkat polusi yang sedemikian tingginya banyak perusahaan yang sudah mulai memikirkan penggunaan energi alternatif yang tidak menghasilkan polusi dan ramah lingkungan. Semoga dengan inovasi yang dilakukan oleh Belanda ini negara-negara lainnya di dunia bisa mengikutinya.

References :

http://www.theguardian.com/environment/2014/nov/05/worlds-first-solar-cycle-lane-opening-in-the-netherlands

http://en.wikipedia.org/wiki/The_World_Set_Free_(Cosmos:_A_Spacetime_Odyssey)

http://internasional.rimanews.com/eropa/read/20141114/182687/Pertama-di-Dunia-Belanda-Perkenalkan-Jalur-Sepeda-Tenaga-Surya

http://en.wikipedia.org/wiki/World_energy_consumption#cite_note-energil.C3.A4get2010-19