705. Inovasi Karya Arsitektur Koen Olthuis : The Netherland Water Architecture (FINALIST)

Penulis : Muhammad Mukhlas
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image001
Gambar 1 Tulip dan Kincir Angin, Belanda.

Siapa yang tak kenal dengan negri kincir angin yang satu ini, Netherland. Warni warni indah bunga tulip terpancar indah menghiasi negri ini. Persis menggambarkan suasana hati setiap orang yang berada disana. Putaran kincir angin yang meliuk – liuk menghadirkan filosofi hidup yang terus berputar silih berganti bak roda kehidupan yang tak pernah padam kecuali jika waktu terhenti. Kehidupan yang tak pernah orang pahami selain percaya pada kodrat ilahi. entah senang atau sedih, entah pada derajat yang tinggi, tapi mungkin sewaktu-waktu akan berada di bawah, begitulah hidup. Begitulah negri ini bercerita. Cerita yang harus kau pelajari agar kau bisa seindah tulip di padang yang hijau, agar kau terus berusaha di setiap putaran waktu.

Kau bisa saja terkagum-kagum melihat kota ini berdiri tegap nan menawan. Menarik hati agar sesekali melihat keharmonisan negri koloni ini. Kau bisa saja melihat lihat bangunan indah khas ala Eropa berderet rapi, berjejer bagai pasukan pembela negri yang siap dikagumi. Pernahkah terlintas dalam benak bagaimana negri ini berjuang keras ?.

Tak terasa sudah tahun demi tahun telah berganati. Detik yang menjadi menit, menit yang menjadi jam, jam yang menjadi hari, begitu seterusnya hingga berganti abad. Dalam hitungan waktu, sejarah mencatat setiap usaha bagaimana negri ini berjuang mencari solusi dari ancaman bencana laut hingga menjadi negara pelopor penaklukan laut. Tanah Koninkrijk der Nederlanden ini berhasil menjadi sumber insiprasi seluruh penjuru negri. Keberhasilan yang memberikan kontribusi pada kemajuan peradaban dunia. Here is Netherland.

Kreatifitas tanpa batas. Begitulah kata yang cocok untuk negri yang satu ini. Setelah berhasil menciptakan kemajuan di bergagai macam teknologi, Belanda tak bernah berhenti menicptakan inovasi dalam pembangunan negri.

Negeri asal bunga tulip ini hanya memiliki wilayah seluas 42.679 Km2, tak lebih luas daripada provinsi Jawa Timur yang mencapai 47.922 Km2. Semaki bertambah populasi penduduk di negri tulip ini, semakin banyak pula lahan-lahan yang digarap untuk pemukiman. Singkatnya adalah lahan semakin sempit. Lantas apa yang akan diperbuat Belanda?. Sang arsitektur kece ini yang akan menjawabnya.

image003
Gambar 2 Koen Olthuis Sang Inovator : The Netherland Water Architecture

Koen Olthuis (1971) studi di bidang desain industri dan arsitekutr di The Delft University of Technology. Pada tahun 2007, ia terpilih di urutan 122 di majalah “TIME” sebagai orang paling berpengaruh di duinia yang menyita banyak perhatian masyakrakat dunia dalam bidang water development. Pada tahun 2011, ia terpilih oleh “The French Magazine” sebagai 100 orang yang paling berpengaruh terhadap perubahan dunia.

Idenya tentang Floating Urban menjadi fokusnya dalam bidang arsitektur air yang kini diakui dunia. Sebut saja beberapa negara sebagai hasil dari projeknya adalah Uni Emirate Arab, Cina, dan negara-negara Eropa. Inilah hasil dari ide arsitektur asal Belanda ini.

Dia mengambil ide ini sebagai salah satu pemanfaatan air sebagai inovasi terbaru dalam bidang arsitektur. Berikut adalah projek-projek Koen Olthuis :
Projek 1 : Floating House Utrecth Holland.

image005
Gambar 3 Design pembangunan awal Floating House

image007
Gambar 4 Fondasi pembangunan Floaating House

image009
Gambar 4 design posisi floating house dari sisi atas

image011
Gambar 5 projek desain floating house

Ini adalah contoh satu dari karya inovasi Koen Olthuis dalam projek pembangunan floating house. Disamping pemanfaatan lahan air, inovasi ini juga membantu menghemat lahan tanah yang sudah hampir padat dipenuhi bangunan-bangunan
Projek 2 : Sea tree

image013
Gambar 6 Sea Tree

image015
Gambar 7 Posisi dasar Sea Tree

Projek ini adalah inovasi arsitektur air yang dicanagkan akan direalisasikan pada january 2016 mendatang. Inovasi ini adalah bentuk gagasan dari nature life in city. Desain ini adalah gagasan bukan untuk dihuni oleh manusia, melainkan untuk tumbuhan dan hewan. Inovasi bangunan ini akan memberi ruang demi pelestarian hewan dan tumbuhan.

Sudah banyak sekali karya-karya arsitektur inovasi dari Koen Olthuis. Disamping menciptakan karya inovasi terbaru, inovasi ini juga dapat membantu negara-negara berkembang dalam pewujudan kebutuhan. Misal di beberapa negara yang masih menggunakan toilet (seperti jamban) yang pembuangan kotoranya dibuang langsung ke sungai. Inovasi desain dari Olthuis ini juga dapat bermanfaat seperti pembuatan toilet apung (Floating Toilet) yang didesain agar lebih lebih bersih dari segi pemanfaatan kebersihan dan kesehatan. Inovasi ini juga dapat digunakan di daerah yang padat akan lahan untuk ruang penting seperti pembuangan sampah. Seperti yang ditargetkan dalam projek olthuis, ia menargetkan pembuatan pembuangan sampah apung. Hal ini mampu memberikan kontribsi terhadap perkembangan suatu wilayah, baik dari segi tata kota, inovasi permanfaatan lahan air, serta sampai pada inovasi pemecahan masalah kesehatan dan kebersihan.

Berbagai projek Floating building sudah tercapai bahkan menjadi sorotan desain arsitektur dunia. Beberapa karya inovasi arsitekturnya adalah Sea Tree, Krystall hostel di Norway, Villa new water di westland, Floating mosque, UEA, floating restaurant, Paris dan masih banyak karya inovastifnya.

Referensi Gambar
Sumber gambar 1(Sumber :http://www.bayubuanatravel.com/Media/Default/Artikel%20-%20Picture/Belanda/Kincir-Angin-Belanda.jpg )
Sumber gambar 2 (Sumber : http://vorige.nrc.nl/multimedia/dynamic/00264/ENG_Koen_Olthuis_264875a.jpg )
Sumber gambar 3 (Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=NOyyr9jDsUQ)
Sumber gambar 4 (Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=NOyyr9jDsUQ)
Sumber gambar 5 (sumber : waterstudio.nl)
Sumber gambar 6 (sumber : waterstudio.nl)

Referensi tulisan

http://www.hollandtrade.com/sector-information/water/water-technologies/?bstnum=4931

http://www.waterstudio.nl/projects/60

http://market-insight.blogspot.com/2010/04/dibalik-bendungan-belanda.html

http://fpmipa.upi.edu/berita/Belanda-Negeri-Kincir-Air-dan-Horizon/0000134.html

https://kompetiblog2013.wordpress.com/2013/04/18/038-belanda-tanah-rendah-dengan-peradaban-tinggi/