707. Belanda, Ilmu untuk Pengabdian

Penulis : Stella Octa Anju
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Potensi Belanda dalam menciptakan teknologi dibidang kesehatan perlu diacungkan 10 jempol. Belanda melahirkan ilmuwan-ilmuwan yang hebat dengan menciptakan teknologi yang berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia. Mari kita simak ilmuwan Belanda dengan penemuan yang luar biasa.
1. Mesin Ginjal

GINJAL buatan atau mesin cuci darah (dialysis machine-red) yang menolong jutaan penderita gangguan dan gagal ginjal, ditemukan oleh pria Belanda Willem Kolf (1911) semasa Perang Dunia II dengan uji coba pertama dilakukan tahun 1943. Penemuannya tidak pernah dipatenkan, karena dia ingin memberikan penemuannya sebagai tanda rasa kemanusiaannya.

Cara kerja mesin ini, dimana darah yang tidak murni dilewatkan melalui suatu tabung selofan yang disusun secara seri yang dikelilingi oleh air. Bahan bahan beracun seperti urea dan asam urat berdifusi melalui dinding tabung menuju ke air yang bersih dan darah yang telah murni dikembalikan ke pasien

Atas temuannya tersebut pada 1946, dia mendapat gelar PhD dengan predikat summa cum laude dari Universitas Groningen. Ini menandai dimulainya pengobatan yang dapat menyelamatkan jutaan pasien gagal ginjal akut atau kronis.

image002

Tidak hanya mesin Ginjal, ilmuwan asal Belanda ini juga mengembangkan Mesin Jantung Manusia Buatan di Cleveland Clinic Foundation. Di klinik Cleveland Clinic, Kolff terlibat dalam pembuatan mesin jantung-paru, yang berfungsi mempertahankan fungsi paru-paru dan jantung selama operasi jantung. Dia juga memperbaiki mesin dialysis ciptaannya. Produksi ginjal buatan pertamanya “Kolff Brigham Artificial Kidney” dan disusul “Travenol Twin-Coil Artificial Kidney” yang dikembangkan bersama Edward A. Olson Co, di Brigham and Women’s Hospital, Boston Masachusetts. Kolff dianggap sebagai “Bapak Organ Buatan” dan menjadi dokter paling penting abad 20. Kolff mendapatkan lebih dari 12 gelar kehormatan dari universitas di dunia, dan lebih dari 120 penghargaan internasional. Diantaranya adalah Harvey Prize pada 1972, AMA Scientific Achievement Award pada 1982, Japan Prize pada tahun 1986, Albert Laker Award untuk riset medis klinis pada 2002, dan Russ Prize pada 2003.

image004

2. Elektrokardiografi
Penemuan mesin ini ditemukan oleh ilmuwan bernama Willem Einthoven. Pria kelahiran Belanda ini mengalami hambatan namun dengan kegigihannya, pada pertengahan 1890-an beliau menemukan rumus yang tepat untuk teknik EKG dan pada tahun 1902 beliau sukses mengembangkan senar galvanometer dan menciptakan instrument medis yang mampu merekam irama detak jantung dengan akurat. Willem Einthoven memperoleh penghargaan atas prestasinya berupa hadiah nobel pada tahun 1924 didalam bidang kedokteran.

image006

image007

Belanda telah menjadi pelopor teknologi dibidang kesehatan yang ditemukan oleh ilmuwan yang mengimplementasikan penemuannya sebagai bentuk rasa kemanusiaan untuk seluruh dunia, hal itu pula yang membawa Negara Kincir Angin ini menjadi Negara maju dan patut untuk dicontoh serta memberikan motivasi besar untuk Negara lain diseluruh dunia.
Bentuk pengabdian yang menciptakan inovasi bagi Belanda yang semakin mengharumkan nama Belanda dimancanegara dan selalu menjadi inspirasi bagi banyak Negara, selalu mengalir seperti air.

Referensi sumber dan foto:
Nasional.kompas.com.http://nasional.kompas.com/read/2008/10/15/08404082/asal.mula.cuci.darah.dan.cangk.ginjal, 25 April 2015
Blogspot.com.http://herusupanji.blogspot.com/2012/09/willem-johan-kolff.html, 25 April 2015
ineartamerica.com/featured/willem-einthoven-dutch-physiologist-science-source.html diakses 26 April 2015
https://denovracieler.wordpress.com/2012/06/27/mesin-ginjal-buatan/ diakses 26 April 2015
https://www.google.co.id/search?q=willem+kolff diakses 27 April 2015