712. Enam Langkah Inovasi Cerdas Untuk Peningkatan Kualitas Udara di Belanda

Penulis : TITIS ANUGRAHENI
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Tidak hanya di Indonesia, masalah polusi menjadi ‘pekerjaan rumah’ yang tiada habisnya bagi banyak negara lain di seluruh dunia. Tahukah kamu bahwa di Belanda, mobil-mobil didesain agar ramah lingkungan? Tapi tetap saja, pencemaran udara tetap terjadi. Duh padahal, kita butuh bernapas dengan oksigen yang segar dan tidak tercampur dengan zat berbahaya bukan?

Pemerintah Belanda tidak tinggal diam dalam mengatasi hal ini. Udara dan lingkungan yang bersih adalah hal yang mutlak dan investasi jangka panjang. Salah satu langkah nyata yang telah diambil adalah penerapan standar partikel konsentrasi atmosfer.

image002

Negara-negara Eropa memang terikat hukum tentang standard partikel konsentrasi atmosfer yang ditetapkan pada Juni 2011 dan standard nitrogen oksida yang ditetapkan pada 1 Januari 2015. Demi memenuhi standard tersebut, Belanda membentuk Silabus Kualitas udara Kooperatif Nasional, yang dilaksanakan oleh Rijkswaterstaat (Direktorat Jenderal Pekerjaan Umum dan Pengelolaan Air Belanda). Selain agar program ini berjalan dengan baik juga agar mudah dievaluasi. Salah satu contoh bagus untuk Indonesia, yaitu merencanakan sebuah program dengan detil dan rapi.
Selama lima tahun, Rijkswaterstaat telah mengembangkan teknologi peningkatan kualitas udara di negara tersebut, yang diberi nama know-how. Tahun 2005, Silabus Inovasi Kualitas Udara (SIKU) dibentuk, dan diharapkan dapat bekerja dengan maksimal. Ada enam langkah inovasi yang kreatif dan cerdas untuk peningkatan kualitas udara ini. Apa saja itu?

1. Modifikasi Pembatas Jalan untuk Mengurangi Kebisingan
Lho, apa hubungannya? Nah, bagi orang awam cara ini mungkin terkesan tidak ada gunanya untuk program peningkatan kualitas udara. Ternyata, menurut berbagai penelitian, pembatas ini bisa mengurangi konsentrasi asam nitrat yang ada di sepanjang jalan tol. Keren banget ya? Sebuah langkah dasar yang penerapannya bisa dilakukan secepat mungkin.

For your information, penelitian tentang hal ini telah dilakukan selama dua tahun oleh para ahli, dan terbukti memberikan hasil yang positif dalam pengujian dengan skala besar. Bayangkan jika kebisingan suara lalu lintas kendaraan bermotor bisa diredam hingga separuhnya, polusi udara dan juga ketenangan jalan akan lebih terjaga.

Nah, seperti apa bentuknya? Pembatas jalan yang dimaksud memang tidak sembarangan, melainkan terbuat dari kaca khusus, yang dibuat dalam beberapa lapis. Dalam proses penelitian, para ahli menggunakan delapan macam pembatas jalan, yang kemudian diuji efektivitasnya. Hasilnya, polusi udara bisa berkurang hingga hampir setengahnya.

Solusi yang sangat brilian dan hasilnya begitu besar. Jadi berandai-andai jika hal ini diterapkan di Indonesia, mungkin kita tidak perlu menggunakan masker penutup hidung dan mulut saat naik motor atau jalan kaki ya.

2. Membersihkan Permukaan Jalan
Polusi udara tidak hanya berasal dari asap knalpot kendaraan bermotor dan juga asap dari pabrik saja lho. Pernah tidak Anda terpikir bahwa kotornya kondisi jalan aspal juga membawa dampak buruk bagi kualitas udara?

image004

Rupanya, hal ini sangat disadari oleh pemerintah Belanda, yang akhirnya sepakat membersihkan permukaan jalan secara berkala. Tidak hanya menyapu sampah yang ada, dinas kebersihan juga menyemprotkan larutan kalsium klorida yang terbukti berhasil mengurangi zat-zat kurang bersabahat yang muncul dari kendaraan bermotor. Tentu saja, metode ini telah melalui proses pengujian yang klinis dan dilakukan para ahli.

3. Memberikan Lapisan Khusus Pada Jalan
Sebelumnya, sudah dibahas bahwa jalan raya adalah tempat bersarangnya kotoran dan zat-zat sisa buangan. Oleh karena itu, selain memberikan semprotan untuk mengurangi kadar zat buang, pemerintah juga perlu menggunakan lapisan khusus pada jalan, agar kotoran yang mendarat di jalan tidak bertebaran di udara.

image006

Lapisan ini bisa mengikat zat, sebelum dihancurkan dengan spray khusus. Teknologi ini mungkin memakan biaya dan juga waktu mengingat melapisi seluruh jalan bukanlah pekerjaan ringan. Tapi jika mengingat hasilnya adalah kualitas udara yang baik, Pemerintah Belanda berkomitmen untuk melakukannya secara berkala.

4. Melengkapi Kanopi Jalan Tol dengan Treatment Udara
Mengatur kualitas udara tentunya hanya bisa dilakukan jika kita melakukan treatment khusus pada udara di sekitar kita. Hal itu juga yang dilakukan pemerintah Belanda, saat memasang instalasi pengaturan udara di sepanjang jalan.

Instalasi ini bersifat permanen dan juga otomatis. Diharapkan, teknologi ini akan memberikan kenyamanan pada pengguna jalan dan mengurangi polusi untuk jangka panjang. Jadi warga Belanda ataupun siapapun yang melintas di jalan raya tidak perlu khawatir untuk membuka jendela dan menikmati udara yang bersih tanpa tercemar polusi.

5. Vegetasi Pinggiran Jalan
Secara teori, pepohonan dan tanaman memang memberikan dampak yang sangat baik untuk lingkungan. Seperti pepatah bilang ‘we breath, we need oxygen, not wifi.’ Kesadaran untuk menanam pohon dan melakukan penghijauan memang cenderung menurun.

image008

Hal itu juga yang rupanya juga jadi perhatian pemerintah Belanda saat mengembangkan metode peningkatan kualitas udara. Mereka percaya bahwa pepohonam yang cukup tak hanya akan memberikan asri, namun juga akan menyeimbangkan kondisi lingkungan.

Kini, kebanyakan jalan raya telah dilengkapi dengan tanaman hijau di sekitarnya, yang diharapkan akan mengurangi konsentrasi polusi di udara, akibat lalu lalang kendaraan bermotor. Tidak hanya inovasi yang keren, nuansa hijau di kanan kiri jalan juga berhasil memberikan kesan indah dan asri yang luar biasa bukan?

6. Manajemen Dinamika Lalu Lintas
Manajemen Lalu Lintas Dinamis (MLLD) adalah salah satu metode andalan yang dilakukan Belanda untuk mengurangi masalah polusi di negara mereka. Para ahli percaya bahwa lalu lintas yang dinamis akan memberikan keseimbangan antara aktivitas manusia dan keseimbangan alam.

Lalu lintas yang terlalu padat akan memberikan dampak kurang baik karena tingkat polusi semakin meningkat. Investasi yang dilakukan oleh Pemerintah Belanda untuk menjaga kualitas udara di
negaranya memang tidak main-main. Mereka begitu total melakukan segala hal agar segalanya tetap berjalan seimbang.

Tidak hanya itu, Pemerintah juga bertindak tegas terhadap pengendara motor yang melewati batas kecepatan maksimum. Kendaraan yang berjalan terlalu kencang akan menyisakan lebih banyak polusi, serta mengganggu dinamika kendaraan lain yang melintas di area tersebut.

Wah bagus banget nih jika diterapkan di Indonesia. Biasanya nih di jalan tol ataupun jalan raya kan banyak tuh pengendara motor atau mobil yang suka ngebut. Selain ditilang, harusnya ditindak tegas juga ya karena ternyata tindakan mereka ‘menyumbangkan’ polusi udara yang cukup berat.

Komitmen Pemerintah Belanda untuk menjaga kualitas udara patut diacungi jempol dan dihormati. Inovasi tiada henti memang membuat negara ini sangat nyaman untuk ditinggali. Apakah Anda juga ingin mengunjungi negeri kincir angin ini?

Sumber artikel: www.ipluchtkwaliteit.nl www.verkeerenwaterstaat.nl https://docs.google.com/viewer?url=http%3A%2F%2Flaqm.defra.gov.uk%2Fdocuments%2FDutch_Air_Quality_Innovation_Programme.pdf sumber gambar: jalan di Belanda terjaga kebersihannya: http://pps.org/wp-content/uploads/2009/07/dscf3656.jpg suasana jalanan di kota rotterdam: http://www.holland.com/upload_mm/e/0/2/2955_fullimage_rotterdam%20maastunnel%20maastunnel%20traverse_560x350.jpg vegetasi jalan di belanda: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c4/Netherlands.jpg jalan di Belanda diberi lapisan khusus : https://bicycledutch.files.wordpress.com/2014/02/junction-design04.jpg