715. Negeri Kincir Inovasi

Penulis : ABDUL HAKIM
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Holland, Netherlands, kalau di Indonesia terkenal dengan nama “Belanda”. Pernah dengar nama Negara ini bukan? Salah satu Negara maju di benua biru ini, apa sih yang kalian tahu tentang Negara ini?.

Hmm, Belanda kalau zaman sekarang terkenal dengan sepak bolanya. Siapa sih yang gak kenal tim oranye Belanda di Piala Dunia maupun Piala Eropa? Pasti Negara ini jadi salah satu yang difavoritkan, termasuk penggemar bola di Indonesia. Kalau Ajax amsterdarm? Klub ini sangat terkenal loh di kalangan penggemar bola, siapa yang gak tau klub bola ini.

Negeri kincir angin salah satu julukan Negara ini bukan? Bener, Negara ini sangat terkenal dengan seribu kincir anginnya. Sebutan lain untuk Negara ini yaitu negeri tulip, teman-teman pernah tahu kan? Banyak sekali julukan-julukan negeri ini.

Negeri ini juga sangat melekat pada sejarah negeri kita loh. Kalian yang suka sama pelajaran sejarah pasti tau tentang sejarah yang melibatkan negeri ini. Pernah tau kerja romusha? Van der mosque dan van van yang lain. Bahasa kita juga banyak dipengaruhi bahasa belanda. Negeri kita sangat banyak hubungannya dengan belanda. 350 tahun atau 3.5 abad menjajah negeri kita coba? Banyak peninggalan-peninggalan sejarah dari negeri penjajah dari eropa ini seperti gedung, seni, bahasa dan banyak lagi.

Kenapa harus belanda? Kenapa judulnya Negeri kincir inovasi?

Yah belanda salah satu Negara yang memiliki segudang inovasi yang menarik untuk dijadikan artikel. Semua elemen yang dimiliki negeri ini dari air, api, udara dan tanah sangat difungsikan dengan baik. Empat elemen seperti film kartun ajah yah. Iyah benar, kalau bisa diumpamakan negeri ini seperti tokoh kartun Aang dan korra yang menguasai keempat elemen dengan baik. Belanda juga seperti avatar bisa menguasai empat elemen dengan baik. Begitu banya inovasi yang memanfaatkan empat elemen ini, salah satu elemen yang dimanfaatkan yaitu tanah.

Temen-temen pasti bertanya-tanya negeri belanda bisa memanfaatkan tanah? Kan emang buat pertanian kan? Memanfaatkan tanah seperti apa yah?

Salah satu inovasinya yaitu memanfaatkan jalan rayanya. Negeri ini memanfaatkan tanah jalan jalur sepeda untuk mendapatkan energi, Sudah tau gak? Selama ini panel-panel surya ini hanya berada di atap rumah, kendaraan, atau lampu-lampu. Kini panel surya bisa diinjak-injak, menjadi jalur sepeda, atau bisa ditapak oleh kaki. Adanya panel ini tepatnya di kota Krommenie dan Wormerveer.

image002
mashable.com

Jalan penyerap tenaga surya ini merupakan yang pertama kali di belanda dan dunia. Ini juga merupakan jalan pertama yang bisa menyerap tenaga matahari.
Inovasi jalanan canggih ini dibuat menjadi jalur sepeda sepanjang 230 kaki(70 meter) yang dikembangkan oleh perusahaan SolaRoad. SolaRoad adalah perusahaan pertama di dunia yang bisa membawa Belanda menjadi yang terdepan dalam inovasi ramah lingkungan

image003

http://mahavienergy.com/me/author/admin/page/35/

Jalanan yang canggih dibuat dari campuran batuan keras dan solar cell (penyerap tenaga surya) yang dibungkus dalam kaca tempered.

Energi matahari yang diserap jalan ini akan digunakan oleh banyak alat elektronik kota, mulai dari lampu jalanan dan lampu lalu lintas hingga kebutuhan rumah tangga warganya. Jalur tersebut bekerja 16 hari dan mampu menghasilkan listrik 140 kilowatts.

Sten de Wit, seorang ahli fisika yang membantu pengembangan proyek tersebut, menjelaskan, dengan teknologi ini, sepeda dan mobil listrik akan dapat mengisi bahan bakar menggunakan charger yang ada di jalan atau jalur sepeda.

De wit juga berharap bisa segera merealisasikan proyek ini tidak hanya di jalur jalan sepeda tapi juga di jalan raya.

Untuk mewujudkan proyek ini membutuhkan biaya yang fantastis, proyek ini menelan dana sekitar US$ 3,7 juta. Tapi sebagian besarnya untuk riset.

Negara kecil berpenduduk 18 juta tersebut berharap penggunaan energi terbarukan mencapai tiga kali lipat pada 2020. Dan Belanda diharapkan menjadi negara ramah energi pada 2050.

SolaRoad akan diuji selama dua tahun yang diperkirakan akan dipakai sekitar 2000 pengguna setiap hari. Jalan dengan tenaga surya akan tersedia secara komersial di Belanda dalam waktu 5 tahun ke depan seiring dengan bertumbuhnya sepeda dan mobil listrik.

Jalanan ini masih dalam tahap percobaan 3 tahun kedepan. Jika percobaan ini berhasil, aka nada banyak panel-panel listrik di seluruh jalan raya Belanda, Fantastis bukan?

Pemanfaatan jalan raya sebagai penghasil tenaga listrik ini merupakan inovasi terbaru di dunia. Inovasi ini sangat ramah lingkungan dan sangat memanfaatkan lahan yang sempit. Cocok sekali untuk
Negara belanda yang tak terlalu luas.

Selain pemanfaatan tanah jalan yang menghasilkan energi listrik. Belanda juga sangat memanfaatkan tanahnya dengan pertanian. Pemanfaatan teknologi dalam sektor pertanian di Negara ini sangat pesat. Banyak inovasi-inovasi baru yang dikeluarkan para petani belanda untuk hama yang menyerang hingga hasil yang baik.

image004

http://muridkehidupan.blogdetik.com/tag/teknik-pertanian/

Dulu wilayah belanda yang seharusnya laut, sekarang belanda memiliki tanah-tanah laut yang subur yang bisa ditanami oleh pertanian disana.

Pada belanda lah seharunya kita belajar bertani. Salah satu keunggulannya juga, belanda mengintegrasikan pertaniannya dengan sistem IT yang baik. Sistem lahan di belanda yang menggunakan system kluster terpadu juga sangat berpengaruh. Salah satu kluster yang ada di belanda yaitu di kawasan Westland, Zuid-Holland. Di kluster ini selain ratusan hektar rumah kaca berteknologi tinggi, mereka mengintegrasikannnya dengan pelabuhan (Rotterdam) dan bandara (Schiphol).

image005

http://blog.ub.ac.id/annisaarahmawati/category/pertanian/

sektor pertanian dan pangan memiliki jejaring dunia dengan sistem global value chain. Para petani Belanda membeli bibit terbaik, misalnya dari negara di Afrika, lalu dibawa ke rumah kaca milik mereka dan dikembangkan hingga menghasilkan produk terbaik kemudian dijual kembali ke negara yang membutuhkan.

Kunci utama dari majunya negeri ini yaitu riset. Riset dari tiap universitas yang ada di belanda sangat berpengaruh bagi Negara ini. Banyak universitas di belanda yang dipersiapkan untuk riset-riset.

Belajar dari pengalaman-pengalaman belanda pada yang lalu akan menghasilkan inovasi-inovasi yang baru dan sangat baik untuknya. Dengan riset ini kita bisa belajar mana yang harus diperbaiki dan yang harus dipertahankan.

Yang menjadi peran penting juga yaitu pemerintah. Pemerintah di belanda sangat memperhatikan pada pertanian di Belanda serta pemanfaatan lahan di sana. Pemerintah juga yang membiayai riset-riset pada universitas yang ada di sana. Tanpa dukungan pemerintah yang kuat, mungkin belanda bukan siapa-siapa.

Jadi disini kepemerintahan belanda serta masyarakat belanda sangat sadar dengan dunia yang sangat tua ini, sangat sadar untuk menyelamatkan bumi ini. Mereka sangat peduli dengan anak cucu kita kelak sehingga menciptakan inovasi seperti ini.

Semoga Negara kita bisa memiliki segudang inovasi pada semua sector seperti negeri kincir inovasi tema yang saya sebut diatas. Dan menjadi Negara yang peduli pada lingkungan, peduli pada pemanfaatan tanah dan lahan. Belanda adalah negeri yang penuh inspirasi dan akan berputar seperti kincir airnya inovasinya, akan selalu terbarukan.

Sumber:

http://internasional.kompas.com/read/2010/08/30/05303243/Pertanian.Hidupi.Belanda.

http://pewartaekbis.com/wow-belanda-punya-jalan-penyerap-energi-matahari/10490/

http://mahavienergy.com/me/author/admin/page/35/