718. JUDUL :NEGERI DIATAS AIR

Penulis : DWI RAHMAWATI
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Nature is the master of talents. Genius is the master of nature’ (JR. Holland)

Mungkin kiasan diatas sangat yang tepat untuk menggambarkan Para Jenius negeri Belanda pada pertengahan abad lalu. Bagaimana tidak? Dengan limited condition, para jenius mampu move on dari keadaan pada saat itu. Para inovator yang jenius selalu berusaha untuk memecahkan masalah dengan membuat inovasi-inovasi yang tidak biasa (out of the box), sebut saja Deltaworks, Afsluitdijk (Penutup Tanggul), Kincir Kinderdijk dan yang lainnya. Secara geografi, Belanda merupakan Negara yang unik. Bayangkan saja, 21% populasinya berada dibawah permukaan laut dan 50% tanahnya berada kurang 1 meter dari permukaan laut. Hal ini menuntut pemerintah Belanda untuk memutar otak supaya bangsanya dapat bertahan hidup walaupun diatas air, maka hal inilah yang menjadi inspirasi judul artikel ini.

Mimpi buruk Belanda terjadi pada tahun 1953, pada saat itu terjadi terjangan banjir yang luar biasa. Malam itu tanggal 31 Januari badai besar melanda sebagian daerah Belanda, air laut mengalami pasang tinggidan tumpah kedaratan Zeeland, Brabant dan Selatan Belanda yang menyebabkan 1800 orang meninggal dunia.

image002

image004

When it comes to smart solutions for water issues. The Netherlands has a reputation to uphold (Hein Molenkamp, Director Water Alliance)

Sampai detik ini Belanda masih menjadi ‘Trendsetter’ atau ‘Kiblat’ dari Water Management didunia, bukan hanya dalam hal menanggulani banjir, tetapi juga dalam hal Pemeliharaan Sumber Air dan Water Treatment untuk mendapatkan air bersih.

We Cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them
(Albert Einstein)

Mungkin telah banyak dari pemikiran atau inovasi yang dilakukan oleh Bangsa Belanda dalam bidang perairan. Kali ini saya akan coba mengulik hanya beberapa inovasi yang muncul dari masa lalu, saat ini dan inovasi yang akan datang dari ide-ide briliant para inovator. Lets Check it Out

Inovasi Tempo Dulu
- Delta Works Project
Setelah terjangan banjir tahun 1953, tiga minggu kemudian Pemerintah segera membentuk Delta Commision untuk membangun sebuah pertahanan untuk menanggulagi bencana. Pembangunan Deltawork ini membutuhkan waktu 44 tahun dan menelan biaya 8 Miliar Dollar. Selain untuk mengatasi air laut Deltaworks ini juga dinobatkan sebagai Seven Wonders of the Modern World oleh American Society of
Civil Engineers.

image006

- Zuiderzee Works (Afsluidijk)
Projek bendungan Afsluidijk sepanjang 32 km ini dilakukan lagi-lagi untuk menanggulangi banjir dengan cara reklamasi tanah dan membangun polder (tanggul) diperairan Ijseelmeer dan Laut Walden. Dan bertambah lagi penghargaan untuk Negeri ini karena Afsluidijk masuk dalam Seven Wonders of the Modern World oleh American Society of Civil Engineers dan hal ini menambah kredibilitas Belanda sebagai ahli dalam hal Water Mangement.

image008

image010

- Stavoren Pumping Station
Belanda memiliki lebih dari 3000 Pumping Station diseluruh negaranya. Pumping station dibangun untuk melindung kota dari masalah yang kerap mengintai yaitu banjir yaitu dengan cara memompa air ke laut. Salah satu Pumping Station yang terkenal aalah Stavoren Pumping Station di Friesland yang dikelola oleh perusahhan JL Hoogland dan didesain oleh arsitek Belanda yaitu Piet de Vries.

image012

- Amsterdam Canal
Bukti kejayaan masa lalu Bangsa Belanda dibidang air adalah Amsterdam Canal, dimana bangunan-bangunan bergaya klasik berjajar disepanjang Canal dan hal ini menjadi salah satu magnet untuk para wisatawan untuk menikmati nuansa klasik. Amsterdam Canal juga telah membawa Belanda mendapatkan penghargaan World Heritage Site oleh UNESCO pada tahun 2010.

image014

Inovasi Sekarang
- Water City
Sesuai dengan namanya, terdapat kota di Belanda yang letaknya diatas air. Steigereiland (Jetty Island) di Amsterdam adalah water city pertama dengan 110 rumah di atas air. Sementara itu, Blauwestad di provinsi Groningen dikenal ‘Blue Water’ yaitu kota diatas air dengan hampir 1500 rumah. Directly, Belanda memang benar-benar Negeri di atas air

image016

- Dutch rain Maker
Satu lagi yang tidak kalah menarik hasil kreativitas Bangsa Belanda adalah Dutch Rain Maker. Alat ini memiliki prinsip dapat membuat air bersih dari udara dengan menggunakan turbin.

image018

- Mobile Flood
Sebuah perusahaan swata Belanda Mobiele Dijken menwarkan suatu solusi untuk banjir. Yaitu mobile flood yang dapat mencegah air meluap dan masuk kedalam suatu daerah hingga tinggi air 2,6 m. Prinsipnya adalah seperti tanggul yang dibuat dari pasir (sandbag) tetapi mobile flood lebih mudah dalam hal penanganan.

image022

image020

Inovasi Yang Akan Datang
- Inovasi untuk Indonesia
Tahun 2050 diprediksi bahwa jumlah penduduk akanbertambah hingga 70% dari sekarang. Lahan untuk warga juga akan terbatas oleh karena itu Grontmij salah satu perusahaan multinasional Belanda menawarkan satu solusi. Permasalahan yang dihadapi Indonesia, Jakarta khususnya adalah terjadinya penurunan permukaan tanah/pendangkalan sekitar 7,5 cm setiap tahunnya. Solusi yang coba ditawarkan Grontmij adalah suatu kota modern yang dibentuk diatas laut yang terintegrasi dengan tanggul (polder) yang berfungsi untuk melidungi kota dari banjir atau pasang air laut. Dapat dilihat pada gambar bahwa bentuk dari New Watercity adalah bentuk burung garuda yang merupakan simbol negara Indonesia. Dan diharapkan master plan ini dapat mengatasi permasalahan terbatasnya lahan karena jumlah penduduk dan masalah banjir yang menjadi langganan setiap tahunnya.

image024
Jakarta Urban Design, Indonesia

- Amsterdam International Water Week
Tidak dipungkiri Belanda memang pioner dari Water Management. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya Amsterdam International Water week secara rutin. Lebih dari 25000 profesioanal dibidang Perairan yang akan berkumpul di Amsterdam untuk International Water Week dan mengikuti konferensi mengenai water management selama 3 hari. Pada event ini akan ada banyak ditemukan research dan inovasi yang termutakhir dari belanda maupun dari seluruh dunia. So Belanda memang Negeri diatas air yang selalu memberikan inspirasi bukan hanya bisa hidup diatas tanah tetapi juga dapat hidup ‘diatas air’………………

Reference
• www.rvo.nl
• www.nwp.nl
• www.minbuza.nl
• www.wateralliance.nl
• Id.wikipedia.org/wiki/Belanda\
• www.rijkswaterstaat.nl
• www.unmuseum.org

Gambar :
• www.holland.com
• www.beenen.com/about-us/project/renovation-j-l-hooglandgemaal-stavoren/
• www.bbc.co.uk/news/uk-england-essex-21258217
• www.nwp.nl
• www.rvo.nl
• www.wateralliance.nl