732. Musuh yang kini telah menjadi salah satu teman terbaik bagi Negara Belanda adalah Air!

Penulis : Dewi Kesuma Handayani
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image001

Bermula dari Zeeland, provinsi di ujung selatan Belanda, 1 Februari 1953. Laut Utara mengamuk dan mengirim badai ke daerah itu. Gelombang setinggi 30 meter mengempas pantai, menghancurkan tanggul-tanggul. Air menerjang kota, menewaskan 1.835 orang dan memaksa 110.000 warga mengungsi. Setelah kejadian itu, para pionie Belanda berpikir keras untuk menciptakan sesuatu yang dapat mencegah terjadinya hal yang sama dimasa depan. Maka munculnya proyek Delta Work, bendungan yang diklaim mampu menahan badai besar yang hanya muncul sekali dalam 10.000 tahun, dengan tinggi 13 meter diatas permukaan laut.

image002

image003

Teknologi yang mereka gunakan telah teruji bertahun tahun dan kini bahkan diadaptasi hampir diseantero dunia. Terbukti, hingga saat ini, proyek rumit yang diselesaikan dalam kurun waktu 44 tahun tersebut, berhasil “mengamankan” Belanda dari bahaya banjir bahkan membuat sistem pengelolaan air di Belanda menjadi yang terbaik di dunia. Dapat dikatakan bahwa Delta Works berhasil “menciptakan” Belanda itu sendiri. Delta Works secara tidak langsung memberikan arahan terhadap tata kota Belanda: kanal-kanal yang indah, jalur air yang sangat berguna bagi transportasi, dan lain sebagainya. Proyek mega power ini merupakan bukti nyata kesungguhan dan kreatifitas Belanda dalam memperbaiki diri. Belanda belajar dari pengalaman dan menjadikannya sebagai landasan awal berkreasi demi masa depan yang lebih baik. Dengan proyek Delta work ini, hingga saat ini Belanda terhindar dari ancaman banjir, bahkan amukan laut. Keberhasilan tersebut tak membuat Belanda puas, merka terus berinovasi delam mengembangkan proyek tersebut. Mengingat isu global, pemanasan global maka belanda terus melakukan riset untuk mencegah datangnya ancaman global tersebut.

Selain itu, masih membahas tentang air, tahukah kalian bahwa Kincir Angin yang merupakan symbol dari Negara Belanda tersebut merupakan penggabungan dari ketiga elemen yang ada dibumi ini ?
Awalnya sih saya tidak terlalu memperhatikannya, namun ketika saya sibuk mencari tema yang tepat untuk membuat artikel ini, saya pun terpikirkan tentang kincir angin. Yap, coba kalian pikirkan sejenak, bahwa para pionir Belanda yang sangat jenius itu sebenarnya sudah membuat inovasi yang mencakup ketiga elemen yang telah Tuhan berikan untuk kelangsungan hidup bumi ini. Dan mari kita lihat, hubungan antara ketiga elemen tersebut adalah udara, tanah, dan air dalam pengelolaan kincir angin!

Kincir Angin (terhadap inovasi Elemen Udara)
Banyaknya kincir angin di Belanda tak lepas dari kondisi geografis Negara tersebut. Belanda terletak antara 500 LU-530 LU dan 30 BT-70 BT. Dari luas wilayah 41.160 KM2, kebanyakan wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Sehingga, demi kelangsungan kehidupan bagi Negara ini agar tidak punah adalah memunculkan inovasi yang dapat membantu proses pengalihan dan pengeringan air lebih cepat. Daerah yang tingginya berada di bawah permukaan air laut pasang ini, dapat ditempati karena berkat adanya tanggul dan pompa yang memanfaatkan kincir angin untuk mengeringkan lahan, cara kerjanya air tanah itu di pompa keluar lahan yang di namakan dengan polder. Adanya angin secara teratur menjamin pompa itu dapat berfungsi dengan baik. Angin memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran aktifitas sang kincir, karena angin merupakan salah satu bentuk energi yang tersedia secara melimpah di alam. Keberadaannya yang tidak terbatas membuatnya dapat dimanfaatkan dalam skala besar dan terus – menerus.

image004

Kincir Angin (inovasi terhadap Elemen Tanah)
Sudah tahukan bahwa sekitar abad ke-17 kincir angin digunakan juga sebagai sarana pembantu di bidang pertanian dan industry ? Seperti halnya memproduksi kertas, mengasah kayu, mengeluarkan minyak dari biji, dan menggiling jagung. Dan bukan hanya itu saja, akibat dari lahan yang dikeringkan, ternyata tanah tersebut menjadi subur dan dapat ditanami oleh berbagai bunga tulip yang kini juga menjadi salah satu symbol dari Negara Belanda tersebut.

image005

Kincir Angin (inovasi terhadap Elemen Air)
Belanda juga melakukan inovasi terhadap produksi air bersih yang menjamin mutu dan kualitas kesehatan dari pemanfaat air tersebut. Salah satunya adalah dutch rainmaker, Sebuah sistem Rainmaker Belanda, secara harfiah, membuat air tawar dari udara!

Sistem turbin angin tidak mendorong generator untuk menghasilkan listrik, seperti yang biasa terjadi. Sebaliknya ia mengendarai pompa panas yang langsung didukung oleh pisau turbin angin. Dengan panas memompa uap air di udara terkondensasi dan dikumpulkan untuk keperluan rumah tangga atau irigasi.

Prinsip operasinya, tergantung pada suhu lingkungan lokal dan kondisi kelembaban udara selalu mengandung sejumlah air. Hal ini memungkinkan untuk membuat air dari udara hampir di mana saja di dunia. Sebagai contoh, udara pada 20 0C dan 50% RH (kelembaban relatif) mengandung sekitar 7 gram air per kilogram udara sedangkan udara 30 0C dan 50% RH mengandung hampir 14 gram air / 1 kg udara. (1 m3 udara beratnya sekitar. 1,3 kg).

Karena kekuatan turbin udara melalui penukar panas dimana udara didinginkan, kondensasi pun berlangsung. Ketika suhu turun di bawah titik embun, tetesan air akan membentuk dan akan dikumpulkan dalam kompartemen penyimpanan air.

Udara ambien hangat, khususnya, mungkin berisi sejumlah besar air. Menurunkan suhu udara membutuhkan energi yang relatif sedikit. Dengan melakukan volume begitu besar air menjadi tersedia dengan kondensasi dan dapat dimanfaatkan sebagai air minum atau air irigasi.

image006

image008

image007

Sunber :

http://www.anneahira.com/kincir-angin.htm

http://ekasarihandayani.blogspot.com/2011/06/belanda-sang-negeri-kincir-angin.html

http://www.bayubuanatravel.com/

http://www.bimbingan.org/wp-content/uploads/2013/08/Kincir-Angin-Belanda.jpg

http://dutchrainmaker.nl/products/air-to-water/

http://enosrudy-enru.blogspot.com/