735. Bercocok Tanam Vertikal Bukan Khayal

Penulis : SYAFRHIZAL WIDYA PUTRANTO
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Inovasi merupakan hasil karya dari pikir manusia akan keterbatasan yang dimilikinya, baik secara fisik maupun lingkungan.
Ini berlaku pada Belanda, negara yang memiliki luas selebar daun kelor jika dibandingkan dengan Indonesia. Namun dengan keadaan demikian, Belanda hadir dengan segala pembaharuan miliknya. Melihat luas daratan, rasanya Belanda tidak mungkin menemukan lahan bercocok tanam yang memuaskan. Eits ! tunggu dulu… mari kita telaah secara perlahan.
Bagaimana jika melihat cara bercocok tanam di tanah datar ? tentu biasa saja, atau dengan cara terasiring? Bisa ditemukan di pulau Bali. Semua cara bercocok tanam itu dengan mediasi tanah yang masih menempel dengan bumi, bukan?! Lahan yang sempit dan tuntutan kehidupan berbasis lingkungan membuat orang Belanda menemukan cara baru dalam bercocok tanam. Ide baru itu mereka ekspresikan lewat sebuah gedung.

image001
Sumber : http://except.nl/en/projects/241-hortus-celestia

Hortus Celestia, sebuah nama gedung yang menjadi cara bercocok tanam baru dengan mediasi tanah yang disusun secara vertikal. Cukup hemat lahan, bertani pun tetap berjalan. Gedung yang didesain khusus untuk kegiatan tanam-menanam ini memiliki sistem irigasinya sendiri yang cukup unik. Air hujan yang turun di tampung lewat tower gedung. Di gedung tersebut pula dapat ditemukan berbagai fasilitas seperti restoran, area pameran, dan auditorium.

image003
Sumber : http://except.nl/en/projects/241-hortus-celestia

Jadi, Hortus Celestia bukanlah gedung kegiatan tanam-menanam membosankan yang dihuni oleh petani kusam. Gedung ini juga dapat menjadi tempat berkumpulnya penduduk sekitar. Meskipun Hortus Celestia masih sebatas ide, desain gedung ini mampu memuaskan kegiatan bercocok tanam dengan keterbatasan lahan yang ada.

Referensi :

http://except.nl/en/projects/241-hortus-celestia