748. Inovasi Belanda Untuk Hidup

Penulis : Teguh Imam Ariyanto
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Hoi Sobat Neso & Sobat NVO, apa yang ada dalam benak kamu ketika mendengar kata Holland? Bunga Tulip, Kincir Angin, Sepeda, Total Football, atau?

Sepertinya satu hal lagi yang harus ditambahkan ketika Sobat Neso & Sobat NVO mendengar kata Holland yaitu “Inovasi”

Kenapa Inovasi?

“Think Holland, Think Innovation”

image002
Sumber Photo: http://phys.org/news/2011-03-world-dutch.html#nRlv

Negara Belanda memiliki luas 41.500 km2, yang dimana 7.700 km2 adalah air. Seperempat dari negara Belanda berada di bawah permukaan laut.

Pastinya Sobat Neso & Sobat NVO juga tahu bandara Schipol Amsterdam yang merupakan salah satu bandara terbaik dan terbesar didunia ini letaknya itu berada di bawah permukaan laut (-4 NAP) Normaal Amsterdams Peil (normal Amsterdam Level) atau NAP dimana (0 meter NAP = rata permukaan air laut) dan titik terendah di negara itu adalah 6.74 meter (22,2 kaki) di bawah permukaan laut.
Selama berabad-abad, Belanda telah berjuang bertempur melawan air. Belanda dilanda banjir terakhir di tahun 1953, 8% dari Belanda terkena dampak banjir dan sekitar 1838 orang tewas. Sejak saat itu, mereka bekerja keras membangun penghambat banjir, bendungan dan tanggul untuk menjaga agar air laut tidak meluap ke daratan.

Pada abad terakhir, permukaan laut telah meningkat sebesar 17 cm dan diperkirakan akan meningkat hingga 59 cm pada abad mendatang.

Tahukah Sobat Neso & Sobat NVO bahwa motto dari provinsi Zeeland adalah ‘Luctor et Emergo’ (‘Aku berjuang dan mengatasi’).

image004
Sumber Photo: http://phys.org/news/2014-08-netherlandspast-future.html

Bagaimana Belanda Dapat Mengatasi Air ?
Jawabannya adalah Inovasi!

Belanda memiliki kisah bagaimana mereka dapat menyesuaikan dengan air. Air telah menjadi kan orang Belanda cara hidup. Tradisi ini dikombinasikan dengan keadaan teknologi seni dan solusi.

Inovasi Air di Belanda
Belanda selalu berjuang melawan musuh alami yaitu – air. Berkat perjuangan mereka kini musuh alami Belanda (air) dapat diatasi.
“God made the sea, but the Hollander made the land.” – Old Dutch Proverb.

Tantangan Global, Belanda Solusinya
Pemanasan global dan naiknya permukaan air laut menjadi tantangan global saat ini dalam menghadapi banjir di berbagai negara. Pengelolaan air tetap menjadi titik fokus bagi Belanda karena perubahan iklim dan pemanasan global yang terkait dan naiknya permukaan air laut. Garis terbaru dari pemikiran tersebut adalah untuk memberikan lebih banyak ruang untuk air, karena ketika banjir terjadi air dapat terkontrol.

Dunia kini berubah. Kita perlu solusi baru untuk memenuhi kebutuhan penduduk dunia yang terus berkembang dan pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat. Dunia perlu solusi inovatif untuk mengatasi tantangan global yang kompleks dari seluruh dunia.

Belanda secara internasional dihargai sebagai ahli di bidang pengelolaan air. Di seluruh dunia, perusahaan pengerukan Belanda (Royal Boskalis, Van Oord) dan insinyur hidrolik (konsultan air DHV, Witteveen + Bos, Arcadis dan Royal Haskoning) berpartisipasi dalam proyek-proyek hidrolik; pasar yang belum mencapai kejenuhan karena perubahan iklim dan kenaikan permukaan air laut.
Ahli Belanda juga memberikan saran berkaitan dengan fasilitas air (air minum).

Sektor air juga terlibat dengan inovasi dalam pemanfaatan air. Contohnya adalah Tulip Island, sebuah taman turbin angin di Utara Laut untuk pembangkit listrik atau Waterfactory di Dierenpark Emmen Zoo, yang digunakan untuk mendaur ulang air.

Saat ini, perusahaan-perusahaan Belanda yang memfokuskan usaha pada proyek-proyek di daerah delta di lima negara: Mozambik, Mesir, Indonesia, Bangladesh dan Vietnam.
Belanda juga mempunyai rencana untuk menjadi tuan rumah dalam perhelatan olah raga terbesar di dunia yaitu Olimpiade pada tahun 2028, dimana sebuah desa terapung Ijmer menjadi tempat untuk dilaksanakannya Olimpiade tersebut.

Kini sudah saatnya kita lebih serius untuk belajar dari Belanda dalam urusan mengelola air. Banjir di beberapa wilayah di Indonesia yang diakibatkan naiknya air laut dan permasalahan air lainnya dapat teratasi dengan baik. Semoga :Inovasi” air dari Belanda dapat memunculkan Inovasi-Inovasi luar biasa di tanah air tercinta kita ini, Indonesia.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Flood_control_in_the_Netherlands

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_luas_wilayah

http://www.heritage history.com/?c=read&author=synge&book=awakening&story=netherlands

http://phys.org

http://phys.org/news/2014-08-netherlandspast-future.html

http://phys.org/news/2011-03-world-dutch.html#nRlv

https://www.tno.nl/en/

http://www.holland.com/