749. Di Belanda, Jalanan Juga Bisa Pintar! (FINALIST)

Penulis : SITI KHAERUNNISA
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Kalian yang bisa mengemudi pasti pernah mengalami permasalahan, misalnya…

Lupa mengisi bensin?

Perjalanan terganggu karena lampu jalan padam?

Atau, perjalanan terganggu karena jalanan licin?

Tenang saja! Semua itu tidak akan terjadi lagi berkat inovasi serta kreativitas orang Belanda pada salah satu elemen penting dalam kehidupan kita, yaitu tanah! Karena sekarang ada teknologi jalanan pintar sebagai solusi untuk permasalahan di atas, yaitu Smart Highways.

image002

Smart highway yang menciptakan jalan raya dengan berbagai kemampuan seperti “Glow-in-the-dark Lining”, “Dynamic Paint”, “Interactive Light”, “Wind Light”, serta “Induction Priority Lanes”.
Sebenarnya, ide Smart Highway dengan konsep “Glow-in-the-dark” ini sudah ada sejak tahun 2012 lalu namun seniman interaktif, Daan Roosegaarde bekerja sama dengan perusahaan teknik sipil Belanda, Heijmans baru berhasil merealisasikannya pada bulan April tahun 2014 kemarin.

Proyek ini merupakan yang pertama di dunia dan dapat dilihat di salah satu jalan tol disana, tepatnya di N329 highway yang berada di daerah Oss sekitar 100 kilometer sebelah tenggara Amsterdam. Disana, kamu akan melihat sebuah jalan sepanjang 500 meter yang “menyala” dalam kegelapan.

Mengapa hal itu bisa terjadi?
Karena, cat yang digunakan untuk markah jalan itu mengandung bubuk photo luminescent. Bubuk photo luminescent ini bisa menyerap cahaya di siang hari, dan perlahan-lahan mengeluarkan garis cahaya atau “Glow-in-the-dark Lining” yang berwarna hijau selama delapan jam dalam gelap. Cahaya ini dapat memberikan penerangan seperti lampu-lampu jalan yang konvensional.
“Pemerintah memadamkan lampu jalan di malam hari untuk menghemat biaya,” kata Roosegaarde dalam sebuah wawancara dengan BBC News. “Energi menjadi sangat penting dibandingkan dari yang pernah kita bayangkan 50 tahun lalu. Proyek ini adalah untuk keselamatan di jalan dan menciptakan dunia yang lebih mandiri dan interaktif,” ujar Roosegaarde, saat merencanakan proyek tahun lalu.
Nah, kan bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang bisa dihemat dengan adanya jalan “menyala di kegelapan”.

image004
Menteri Belanda untuk Infrastruktur, Melanie Schultz Haegen sedang mengunjungi proyek.

Selain markah jalan, pada lajur jalan tol ini juga diaplikasikan cat dinamis atau “Dynamic Paint” yang sensitif terhadap suhu atau temperatur sekitar. Misalnya, jika cuaca sangat dingin, maka lajur jalan tol tersebut akan menampakkan pola kristal es yang dapat dilihat secara kasat mata. Munculnya pola kristal es merupakan peringatan bagi pengemudi untuk menurunkan kecepatan dan juga berhati-hati. Karena ketika cuaca dingin, memungkinkan lajur jalan tol menjadi licin. Namun, ketika cuacanya sudah tidak dingin pola kristal es itu perlahan-lahan menghilang.

image006

Kemudian, Smart Highway ini memiliki kemampuan memancarkan cahaya hanya pada saat kendaraan melintas di dekatnya. “Interactive Light” atau cahaya interaktif dikendalikan oleh sensor yang berusaha mendeteksi dimana mobil berada. Saat mobil mendekat, barulah cahayanya menyala. Hal ini merupakan alternatif untuk menghemat biaya penggunaan listrik pada lampu jalan.

image008

Dengan teknologi Smart Highway, jalan tol juga mampu memancarkan cahaya karena adanya hembusan angin. Kemampuan seperti ini dinamakan “Wind Light”. Jadi, di sisi jalan terdapat turbin yang menghasilkan listrik untuk penerangan jalan. Turbin ini bekerja dengan mengandalkan tenaga angin yang dihasilkan oleh kendaraan yang melintas.

image010

Salah satu ide yang paling menarik dari proyek ini adalah “Induction Priority Lanes”. Kemampuan ini memungkinkan mobil listrik diisi daya (walaupun sedang di kendarai) apabila memasuki sebuah jalur tertentu. Di bawah jalur tersebut, terdapat teknologi medan magnet yang berfungsi untuk mengisi daya kendaraan.

image012

Nah, lagi-lagi Belanda menjadi pionir karena inovasinya terhadap elemen tanah, yaitu proyek dalam sebuah jalan tol. Dengan proyek ini, para pengendara yang melintas pada saat gelap dibantu untuk tetap fokus pada jalanan dan juga ruas jalan yang disertai lajur untuk pengisian daya kendaraan listrik. Wah, wah tak dapat dipungkiri bahwa Belanda memang negara yang hebat!
Jadi, sekarang pengguna jalan raya terutama jalan tol tidak perlu khawatir lagi ya saat berkendara dalam kegelapan.

Referensi
Tulisan:

http://www.smarthighway.net/

http://www.fastcodesign.com/3037527/slicker-city/glow-in-the-dark-highways-open-in-the-netherlands

http://www.gizmag.com/smart-highway-glowing-lines/34363/

http://blogs.discovermagazine.com/d-brief/2014/04/14/glow-in-the-dark-highway-opened-in-the-netherlands/

http://www.pikiran-rakyat.com/horison/2014/04/15/277853/markah-jalan-tol-di-belanda-bisa-menyala

http://www.otakku.com/2014/04/16/jalan-tol-di-belanda-yang-bisa-menyala-di-dalam-kegelapan-glow-in-the-dark-roads/

http://wow-otomotif.blogspot.com/2014/11/hanya-di-belanda-jalan-tol-glow-in-dark.html

http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2014/04/140414_iptek_jalan_bersinar

https://kompetiblog2013.wordpress.com/2013/05/11/303-smart-idea-smart-highway/

Gambar:

http://www.gizmag.com/smart-highway-glowing-lines/34363/pictures#12

http://image.slidesharecdn.com/smart-highways-140103183954-phpapp01/95/smart-highways-1-638.jpg?cb=1388796435