761. Berbagi Kebahagiaan Air dari Belanda

Penulis : Shelly Fatimah Nurfarida
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air? Apa yang terlintas di benak kalian saat mendengar kata air?

Laut? Sungai? Mandi? Atau.. Minum?

Ya, air memang penting dalam kehidupan. Air adalah salah satu faktor utama adanya kehidupan di bumi ini. Kebayang kan kalau ga ada air? Bakalan dijauhin teman-teman karena ga mandi (bau hehe). Habis makan bakal seret banget karena ga minum.

Bicara soal minum, suka sebel ga sih kalau air galon di rumah habis? Atau mau masak air tiba-tiba gas nya habis? Padahal tenggorokan udah seperti gurun sahara.
Well..

Ternyata di Belanda air minum ga usah ada di dalam galon atau harus dimasak dulu sampai mateng. Berkat kreatifitas orang-orang belanda, bukan sulap bukan sihir air keran bisa langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Sounds cool, right?

image003

http://www.goverment.nl/issuesdrinking-water

Sudah bukan rahasia lagi kalau Belanda terkenal dengan orang-orang kreatif dan inovatif. Termasuk dalam hal air yang notabennya adalah musuh bebuyutan Belanda sejak jaman nenek moyang dulu.

Do you know??

Belanda mempunyai luas air 2/3 di bawah tanah yang tersebar di Utara, Timur dan Selatan Belanda serta 1/3 sisanya air permukaan yang berada di sebelah Barat Belanda. Tak hanya itu, Belanda juga mempunyai 10 perusahaan pengolahan air bersih yang selanjutnya didistribusikan ke seluruh negeri, dibawah naungan VEWIN (Vereniging van waterbedrijven) yaitu Asosiasi Perusahaan Air di Belanda.

image006

http://www.hydrology.nl/images/docs/ihp/nl/Leiduin_29_March_2009/Leiduin_Water_Treatment.pdf

Adalah Jacob Van Lennep pada tahun 1846, sang penggagas pertama yang mempunyai ide yang cukup unpredictable. Yaitu ingin membawa air dari bukit ke Amsterdam. Setelah usahanya yang cukup gigih, akhirnya pada bulan Januari tahun 2006, perusahaan itu dikukuhkan dengan nama Waternet.

image008

http://www.hydrology.nl/images/docs/ihp/nl/Leiduin_29_March_2009/Leiduin_Water_Treatment.pdf

Waternet adalah satu-satunya perusahaan air di Belanda yang mencakup seluruh siklus air. Dari pengolahan air limbah dan penyediaan air minum, untuk membersihkan dan menjaga tingkat air permukaan.

image011

Lalu, bagaimana ceritanya air limbah bisa menjadi air siap minum? Apakah dengan cara penyaringan air yang kita pelajari sewaktu belajar IPA saat masih di Sekolah Dasar (menyusun genting, sapu ijuk dan tawas)? Atau menggunakan alat penyaring yang sering kita lihat iklannya di televisi? Kalau seperti itu, kapan selesainya?

Waternet mempunyai serentetan proses pengolahan air sama seperti yang lain. Namun ada proses tambahan berbeda yang lain dari yang lain. Yaitu dengan menambahkan proses Ozonation, Pellet Softening, Activated Carbon Filter dan Slow Sand Filter.

Empat tahap tambahan itu adalah tahap-tahap tambahan yang dikembangkan oleh Waternet dimana bakteri dan sejenis mikroba-mikroba lainnya dibunuh (disinfeksi) sehingga air siap untuk didistribusikan ke seluruh megeri Belanda.

Berikut adalah serangkaian proses pengolahan air di Waternet. Mulai dari air limbah hingga air siap minum.

image014

http://www.hydrology.nl/images/docs/ihp/nl/Leiduin_29_March_2009/Leiduin_Water_Treatment.pdf

Mari kita lihat dengan seksama gambar air ini. Apakah terdapat perbedaan?

image019
image016

http://www.hydrology.nl/images/docs/ihp/nl/Leiduin_29_March_2009/Leiduin_Water_Treatment.pdf

Sekilas memang tak ada bedanya sama sekali. Tetapi apabila dicermati lagi, air yang berada di sebelah kanan terlihat lebih jernih dan menggiurkan untuk diminum.
Air yang berkualitas dan layak minum itu mempunyai ciri-ciri seperti:
1. Tidak ada metal berat yang terkandung di air tersebut,
2. Tidak mengandung zat besi dan mangan yang berbahaya bagi kesehatan,
3. Tidak mengandung klorin (zat ini biasanya kita temukan pada pemutih pakaian), dan
4. Telah melewati proses disinfeksi, agar air yang dikonsumsi benar-benar tidak membahayakan tubuh konsumen (bebas bakteri).
Karena inovasinya ini, Waternet banyak diperbincangkan di berbagai media cetak maupun online karena telah berhasil membawa “angin segar” di tengah problematika belanda dengan air.

image021

http://www.hydrology.nl/images/docs/ihp/nl/Leiduin_29_March_2009/Leiduin_Water_Treatment.pdf

Selain mengolah air dan mendistribusikannya di negeri sendiri, Waternet juga mempunyai projects di luar Belanda. Waternet bekerjasama dengan beberapa negara yang kesulitan mendapatkan air bersih dan sanitasi yang buruk seperti Mozambik, Ghana, dan Ethiopia untuk mengkampanyekan konsumsi air bersih. Selain negara-negara tersebut, Waternet juga bekerjasama dengan Indonesia dan Mesir dalam hal pengolahan air limbah, banjir dan langkah-langkah keamanan air.

Begitu takjub melihat bangsa Belanda yang selalu berinovasi dengan segala sesuatu yang kenyatanya tidak pernah jauh dari kehidupan kita sehari-hari dan membuat kita bisa bilang: “ooh, ternyata…”.

Belanda, suatu negeri kecil yang bisa berdampak besar bagi dunia. Kalau dipikir-pikir, Belanda saja bisa, kenapa Indonesia ga bisa?

REFERENSI:

http://en.wikipedia.org/wiki/Water_supply_and_sanitation_in_the_Netherlands

http://www.government.nl/issues/drinking-water/guaranteeing-drinking-water-availability

http://www.hydrology.nl/images/docs/ihp/nl/Leiduin_29_March_2009/Leiduin_Water_Treatment.pdf

http://idwp.nl/page/about

http://www.vewin.nl/english/dutch-water-sector

https://www.waternet.nl/about-waternet/

http://www.worldwaternet.com/projecten/